News

BPJS Kesehatan Gelar Sertifikasi Kompetensi untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Petugas PIPP Faskes

Radar Bandung - 30/12/2024, 20:08 WIB
Ardyan
Ardyan
Tim Redaksi
BPJS Kesehatan Gelar Sertifikasi Kompetensi untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Petugas PIPP Faskes

RADARBANDUNG.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan kompetensi petugas fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan menyelenggarakan kegiatan d Service Quality dan Sertifikasi Kompetensi bagi Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) fasilitas kesehatan mitranya. Acara ini berlangsung selama dua hari yang diikuti lebih dari 60 fasilitas kesehatan dari wilayah Kantor Cabang Cimahi, Bandung, Soreang, Sumedang, dan Banjar Jumat (27/12).

Manager Sertifikasi LSP BPJS Kesehatan, Andri Nurcahyanto menjelaskan bahwa acara ini penting untuk memastikan seluruh petugas kesehatan, baik di internal BPJS Kesehatan maupun mitra fasilitas kesehatan, memiliki kompetensi yang standar di bidangnya masing-masing. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan dalam mendukung program pemerintah menuju Indonesia Kompeten 2030.

“Kegiatan sertifikasi ini memastikan bahwa PIPP dan frontliner fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan dapat memberikan layanan yang terstandarisasi secara nasional. Dengan adanya standar yang sama, petugas di setiap fasilitas kesehatan akan memiliki panduan yang jelas dalam melayani peserta. Harapannya, ini bisa mengurangi ketidaksesuaian layanan dan mencegah kesalahpahaman yang dapat menimbulkan keluhan,” ujar Andri.

Andri menekankan bahwa petugas fasilitas kesehatan harus memahami alur layanan sekaligus menguasai dasar regulasi dan kebijakan terkini terkait BPJS Kesehatan. Dengan demikian, Petugas BPJS Satu diharapkan dapat memberikan penjelasan yang akurat dan membantu menyampaikan pemahaman yang tepat mengenai regulasi tersebut kepada petugas rumah sakit.

“Berdasarkan hasil dari wawancara asesor menunjukkan bahwa sebagian besar petugas rumah sakit sudah memahami prosedur layanan, namun masih kurang mendalami dasar regulasinya. Melalui sertifikasi ini, kami berharap pemahaman mereka terhadap dasar regulasi dapat diperdalam, sehingga mampu menyampaikan aturan dengan lebih jelas dan akurat,” imbuhnya.

Andri menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran service quality dan sertifikasi kompetensi berlangsung dengan baik. Ia menuturkan bahwa seluruh sesi berjalan sesuai rencana dan mendapat respons positif dari peserta.

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan peserta dari berbagai fasilitas kesehatan mengikuti setiap sesi dengan serius. Selama dua hari, mereka menunjukkan antusiasme tinggi dan mempersiapkan diri dengan baik untuk memenuhi standar kompetensi. Kami berharap hasil dari sertifikasi ini dapat meningkatkan kualitas layanan fasilitas kesehatan mitra secara keseluruhan,” harapnya.

Selama dua hari, para peserta menunjukkan antusiasme dan keseriusan dalam mengikuti proses pembelajaran dan sertifikasi. Salah satu peserta yang bertugas sebagai petugas informasi dan penanganan pengaduan di RSGM Unjani, Elsa Desti Rahwani mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini.

“Sertifikasi ini memberikan banyak manfaat. Dari yang sebelumnya tidak tahu, sekarang jadi paham bagaimana melakukan public speaking yang efektif. Sebagai petugas layanan di rumah sakit, kami sering berhadapan dengan pasien dalam berbagai kondisi emosional. Sekarang, kami bisa lebih baik dalam menenangkan pasien dan mengelola konflik,” ujar Elsa sapaan akrabnya.

Ia menambahkan bahwa pelatihan ini membuatnya semakin percaya diri dalam menjalankan tugas sehari-hari. Ia merasa lebih siap menghadapi berbagai situasi di lapangan dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik.

“Sertifikasi ini sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan saya dalam menangani pasien dan situasi sulit. Selain itu, saya juga belajar cara mengelola konflik dengan lebih baik dan berkomunikasi secara efektif. Dengan kompetensi yang telah diperoleh, saya merasa lebih siap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN,” imbuhnya.

Selain itu, Elsa berbagi pengalamannya dalam menangani pengaduan peserta JKN. Ia menjelaskan bahwa ia selalu berusaha menangani setiap pengaduan secara langsung untuk memastikan solusi diberikan dengan cepat dan tepat. Menurutnya, selama prosedur yang dijalankan sesuai dengan aturan BPJS Kesehatan, tidak ada kendala berarti dalam penanganannya.

“Saya selalu berusaha menangani pengaduan secara langsung. Selama prosedur yang saya lakukan benar dan sesuai dengan aturan BPJS Kesehatan, biasanya tidak ada kendala. Meskipun pekerjaan ini tidak mengenal batas waktu dan terkadang harus ditangani hingga 24 jam, yang terpenting bagi saya adalah kepuasan peserta,” pungkasnya. (*)


Terkait Cimahi
Pemkot Cimahi Targetkan Ribuan Pelaku UMKM Naik Kelas dalam Lima Tahun
Cimahi
Pemkot Cimahi Targetkan Ribuan Pelaku UMKM Naik Kelas dalam Lima Tahun

RADARBANDUNG.id- Pemerintah Kota Cimahi berupaya maksimal meningkatkan eningkatkan daya saing dan kapasitas pelaku UMKM serta mencetak wirausaha baru yang tangguh di wilayahnya. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 dari 4.000 UMKM yang terdata dapat naik kelas dalam lima tahun mendatang. “Target tersebut selaras dengan prioritas pembangunan daerah yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan […]

Pemkot Cimahi Bakal Tata Jalan Inpeksi Sungai
Cimahi
Pemkot Cimahi Bakal Tata Jalan Inpeksi Sungai

RADARBANDUNG.id- Pemkot Cimahi berencana bakal melakukan penataan jalan inspeksi sungai di wilayahnya.Hal tersebut dilakukan guna memetakan potensi yang ada. Wakil Wali Kota Cimahi Adhitia Yudisthira menjelaskan, pihaknya bersama jajaran Pemkot Cimahi melakukan peninjauan jalan inspeksi Sungai Cimahi untuk memetakan potensi penataan di kawasan tersebut. “Kami menyusuri sepanjang Sungai Cimahj. Selain melakukan pemantauan sepanjang jalur jalan […]

Dorong Edukasi Gaming Positif untuk Generasi Muda, Garena Selenggarakan Program “Good Game di Sekolah”
Cimahi
Dorong Edukasi Gaming Positif untuk Generasi Muda, Garena Selenggarakan Program “Good Game di Sekolah”

RADARBANDUNG.id. CIMAHI – Untuk menciptakan ekosistem bermain game yang aman, positif, dan bertanggung jawab, khususnya bagi generasi muda Indonesia, Garena, developer dan publisher game global terkemuka, resmi meluncurkan program edukasi dan sosialisasi “Garena Good Game di Sekolah” melalui kegiatan perdana yang diselenggarakan di SMK Pusdikhubad Cimahi, Jawa Barat, Selasa (17/6/2025). Program ini juga merupakan bagian […]

Wali Kota Cimahi Memberikan Santunan Rp42 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan kepada 2 Ahli Waris Asisten Rumah Tangga
Cimahi
Wali Kota Cimahi Memberikan Santunan Rp42 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan kepada 2 Ahli Waris Asisten Rumah Tangga

RADARBANDUNG.id- Wali Kota Cimahi Ngatiyana bersama BPJS Ketenagakerjaan Cimahi secara simbolis memberikan santunan kepada 2 ahli waris Asisten Rumah Tangga yang meninggal karena sakit, Selasa (17/06/2025). Wali Kota Cimahi, Ngatiyana didampingi Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cimahi, Boby Foriawan menyerahkan santunan kepada 2 ahli waris yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari program SERTAKAN ASN Kota […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.