RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, A Koswara mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkungan Pemerintah Kota Bandung terus mempertahankan, meningkatkan kinerja terbaik, memberikan pelayanan kepada masyarakat. ASN memegang peran sentral menjalankan roda pemerintahan, orientasi setiap langkah yang diambil pada kemajuan dan kesejahteraan warga Kota Bandung.
A Koswara menyampaikan ajakan menjelang akhir masa jabatannya, di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (17/2/2025). Peran setiap birokrat sangat penting pastikan pelayanan publik berjalan secara optimal, ASN bukan hanya sekadar pelaksana kebijakan, ASN garda terdepan wujudkan tata kelola pemerintahan lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
A Koswara menegaskan setiap birokrat memiliki tanggung jawab besar memastikan pelayanan publik dapat berjalan maksimal. Peran ASN bukan hanya sebatas menjalankan tugas administratif, ASN harus mampu menciptakan inovasi mempercepat dan mempermudah akses layanan bagi masyarakat, pentingnya kerja sama dan koordinasi antarinstansi guna menciptakan sistem pemerintahan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan warga, setiap keputusan yang diambil harus berdampak positif dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
“Birokrat memiliki tanggung jawab besar kepada masyarakat, maksimalkan setiap potensi yang di miliki untuk memberikan pelayanan terbaik, tidak ada alasan berhenti berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar A Koswara.
A Koswara menambahkan ASN harus memiliki semangat kerja tinggi dan kesadaran, tugas ASN tidak hanya berkutat pada regulasi, berorientasi pada solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi warga Kota Bandung. Selama lima bulan menjalankan tugasnya, A Koswara mengaku bersyukur atas pengalaman yang diperoleh, masa tugas yang singkat memberikan banyak hikmah dan pelajaran berharga turut memperkuat kapasitasnya dalam mengelola birokrasi dan mempercepat layanan kepada masyarakat.
Baca juga: Perkuat Strategi untuk Sukseskan Program Makan Bergizi Gratis (MBG), Ini Komitmen Pemkot Bandung
“Tantangan yang dihadapi dalam waktu yang relatif singkat justru menjadi momentum bagi ASN untuk semakin meningkatkan efektivitas dalam bekerja dan terus mencari cara terbaik dalam menghadirkan layanan publik yang berkualitas,” tambahnya.
A Koswara menekankan setiap birokrat Kota Bandung harus mampu membuka, optimalkan seluruh potensi yang dimiliki, tugas ASN lebih dari sekadar urusan administratif, melainkan panggilan memberikan yang terbaik bagi warga kota. ASN harus mampu menjawab tuntutan zaman, cara kerja yang lebih modern, efisien, dan berorientasi pada hasil nyata hingga masyarakat dapat merasakan manfaat langsung keberadaan pemerintahan yang melayani dengan sepenuh hati.
“Keputusan yang di buat berfokus pada kemajuan pelayanan publik, pastikan setiap warga dapat merasakan manfaatnya, kebijakan yang diambil tidak boleh hanya menjadi wacana atau retorika semata, diwujudkan dalam bentuk nyata memberikan dampak bagi masyarakat. ASN dituntut memiliki integritas, komitmen, serta profesionalisme dalam menjalankan tugasnya,” tegasnya.
A Koswara mendorong ASN terus berinovasi dalam pelayanan publik guna menciptakan sistem pemerintahan yang lebih baik dan efisien, optimalisasi potensi yang ada, birokrasi Kota Bandung dapat menjadi lebih tangguh menghadapi berbagai tantangan. Inovasi bukan hanya sebatas penggunaan teknologi pelayanan publik, mencakup cara-cara baru menyederhanakan prosedur, meningkatkan transparansi, serta memastikan setiap layanan bisa diakses masyarakat.
“Pastikan pelayanan yang diberikan semakin baik dan lebih efisien, masyarakat bisa merasakan manfaatnya secara nyata, ASN memiliki sikap proaktif merespons setiap permasalahan yang muncul, serta terus melakukan evaluasi dan pembenahan sistem pelayanan yang ada, Kota Bandung bisa menjadi kota yang lebih maju dengan pelayanan publik yang prima,” jelasnya.
A Koswara berharap seluruh ASN berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Kota Bandung dapat terus berkembang dengan birokrasi yang lebih profesional dan responsif terhadap kebutuhan warganya.
“Kemajuan kesejahteraan sebuah kota sangat bergantung pada kualitas birokrasi yang dimilikinya. ASN harus menjadi teladan dalam etos kerja, kedisiplinan, dan semangat melayani tanpa pamrih demi kesejahteraan masyarakat Kota Bandung,” pungkas A Koswara.(dsn)