RADARBANDUNG.id, BANDUNG- PT Blue Bird Tbk optimistis bisa melanjutkan tren positif kinerja bisnis pada tahun 2025, melampaui yang berhasil dibukukan sepanjang tahun 2024. Mereka berencana fokus menambah layanan dengan tujuan memberikan pengalaman lebih kepada konsumen.
General Manager Bluebird Bandung, Urfan Ridha mengatakan sepanjang tahun 2024, jumlah pemesanan Bluebird meningkat sebesar 40% dibanding tahun sebelumnya. Salah satu faktornya adalah dorongan peningkatan penggunaan aplikasi MyBluebird yang kini menyumbang 45% dari total pemesanan. Adopsi teknologi ini juga tercermin dari peningkatan jumlah pelanggan MyBluebird sebesar 88%.
Mereka memiliki beberapa layanan transportasi, di antaranya Bluebird untuk transportasi harian, Goldenbird untuk sewa mobil, Bigbird untuk perjalanan kelompok menggunakan bus, Bluebird Kirim untuk layanan pengiriman, serta Cititrans untuk perjalanan antar kota antar provinsi
“Penopang bisnis masih dari bluebird. Tapi semua layanan mengalami peningkatan. Kami tentu optimistis menatap tahun 2025 ini,” jelas dia.
Menurut dia, sejak tahun 2005, Bluebird hadir sebagai solusi perjalanan bagi penduduk lokal dan wisatawan. Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas transportasi, layanan sudah tersedia berbagai titik pangkalan, termasuk kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pusat perbelanjaan, lifestyle hub, kawasan bisnis, hingga stasiun dan bandara.
“Melalui sinergi ini, kami dapat menjangkau lebih banyak segmen pelanggan, dari anak muda, pekerja profesional, hingga wisatawan,” terang dia.
Selain melakukan pemesanan melalui call center atau menaiki taksi langsung di jalan, pengalaman perjalanan kini semakin praktis dengan aplikasi MyBluebird. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur inovatif, seperti Advance Booking, Tarif Pasti (Fixed Price), serta EZPay yang memungkinkan pelanggan naik dari mana saja dan tetap bertransaksi secara cashless. Beragam metode pembayaran non-tunai juga tersedia, mulai dari QRIS, e-wallet, hingga kartu debit/kredit.
Pengguna MyBluebird juga dapat menikmati berbagai keuntungan, seperti fitur loyalti EZPoint, yang bisa ditukar dengan hadiah menarik, serta MySubscription, yang membuat perjalanan lebih hemat hingga jutaan rupiah. Dalam beberapa tahun terakhir, Bluebird mengalami pertumbuhan yang signifikan di Bandung.
Untuk meningkatkan pengalaman mobilitas di Bandung, masyarakat dapat menikmati kode promo TRUEBLUEBDG yang memberikan potongan harga Rp10.000 untuk empat kali pemakaian. Promo ini berlaku di aplikasi MyBluebird. Selain mendapatkan potongan harga, Bluebird juga memberikan tambahan 1.000 EZPoint pada setiap transaksi.
Chief Marketing Officer Blue Bird, Mediko Azwar mengungkapkan Bandung merupakan kota yang dinamis dengan gaya hidup yang menarik. Pihaknya pun menyiapkan kampanye #TrueBlue di Bandung bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih mengenal Bluebird sebagai rekan mobilitas yang relevan dengan aktivitas harian.
“Sebagai brand ikonik di Indonesia, kami berkomitmen menjadi solusi mobilitas warga Bandung yang dapat diandalkan dengan berbagai inovasi dan layanan yang kami hadirkan,” jelas dia.
Ketua Tim Promosi Pariwisata Disbudpar Kota Bandung, Andika Indra turut mendukung hadirnya #TrueBlue. “Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung selalu mendukung inisiatif yang memperkuat aksesibilitas dan mobilitas masyarakat. Kami berharap inisiatif ini dapat terus berkembang untuk mendukung Bandung sebagai kota yang semakin ramah mobilitas dan turut meningkatkan pariwisata Bandung,” ucap dia. (dbs)