News

Kekecewaan Konsumen, Paket Baju Muslim Mewah Hilang, Janji Ganti Tak Terpenuhi

Radar Bandung - 22/04/2025, 18:43 WIB
Diwan Sapta
Diwan Sapta
Tim Redaksi
Kekecewaan Konsumen, Paket Baju Muslim Mewah Hilang, Janji Ganti Tak Terpenuhi
ILUSTRASI

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Kekecewaan mendalam dirasakan oleh seorang penerima paket kiriman, Eca dari layanan ekspedisi Wahana Express. Eca mengungkapkan kepada kami paket berisi baju muslim mewah senilai Rp2.000.000 yang seharusnya Eca terima tak kunjung tiba di tangannya, meskipun telah dijanjikan akan sampai Jumat, 21 Maret 2025.

Bukan hanya keterlambatan yang terjadi, lebih dari itu, paket tersebut justru hilang tanpa jejak. Eca mengaku sudah berupaya melakukan pelacakan secara mandiri karena pihak ekspedisi tidak memberikan penjelasan yang memadai.

“Saya mendatangi lima agen Wahana terdekat, namun tak satu pun dari mereka bisa memberikan informasi mengenai kurir yang membawa paket tersebut. Bahkan, nomor WhatsApp kurir yang sebelumnya sempat aktif, kini tidak bisa dihubungi lagi,” ujar Eca menceritakan, Selasa (22/4/2025).

Tak menyerah, Eca akhirnya melakukan investigasi sendiri hingga menemukan kantor pusat Wahana Center berada di wilayah Katapang. Senin, 24 Maret 2025, Eca bersama suaminya langsung mendatangi kantor tersebut untuk meminta kejelasan.

Menurut Eca, hasil pertemuan itu cukup mengejutkan pihak Wahana menyatakan paketnya telah hilang, diambil oleh seseorang tanpa bukti yang jelas. Mereka hanya menyampaikan kurir telah mengaku kehilangan barang dan berjanji akan bertanggung jawab, termasuk dengan penggantian dari potongan gajinya.

Eca mengungkapkan sayangnya, janji tinggal janji. Kurir yang sempat datang langsung ke rumah Eca dan menyatakan siap mengganti kerugian, hingga kini tidak menunjukkan itikad baik yang nyata.

“Komunikasi terputus dan tidak ada tindak lanjut, sementara pihak Wahana Center juga tak lagi merespons pesan yang dikirim melalui WhatsApp,” ungkapnya.

Eca menambahkan pihak Wahana Express, dalam pesan resminya kepada Eca, menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut. Mereka menyatakan berdasarkan pengecekan internal, paket dengan nomor resi yhtpkpzg dinyatakan hilang dan belum ditemukan hingga saat ini.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban, Wahana menyarankan untuk melakukan proses klaim guna mendapatkan penggantian penuh atas kerugian,” jelas Eca.

Eca menjelaskan proses pengajuan klaim pun tidak sederhana. Menurut ketentuan dari Wahana Express, hanya pihak pengirim yang dapat melakukan klaim dengan menyertakan dokumen lengkap berupa, Fotokopi KTP pengirim, Bukti resi pengiriman, Foto halaman pertama buku tabungan atau tangkapan layar aplikasi perbankan yang menampilkan nomor rekening, Formulir pengajuan klaim yang diisi melalui link yang disediakan.

“Seluruh dokumen tersebut kemudian harus dikirim ke email claimcs@wahana.com dengan subjek email berupa nomor resi pengiriman. Batas waktu pengajuan klaim ditetapkan maksimal satu bulan sejak paket dinyatakan hilang,” tambahnya.

Meski telah ada jalur klaim resmi, kasus ini menyisakan pertanyaan besar mengenai tanggung jawab perusahaan jasa pengiriman terhadap pelanggan.

“Kejadian ini bukan sekadar soal kehilangan barang, melainkan soal kepastian dan kepercayaan yang telah dirusak. Saya berharap ada tindak lanjut yang lebih tegas dan transparan, bukan hanya janji manis tanpa realisasi,” pungkasnya.(dsn)


Terkait Kota Bandung
Sekolah Jadi Target Sengketa, Takar Ulang Perlindungan Aset Pendidikan
Kota Bandung
Sekolah Jadi Target Sengketa, Takar Ulang Perlindungan Aset Pendidikan

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Polemik hukum terkait kepemilikan lahan SMA Negeri 1 (Smansa) Bandung kini menyeruak ke ruang publik dan memicu keprihatinan dari berbagai kalangan. Tak terkecuali dari Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi yang menilai sengketa ini bukanlah sekadar perdebatan administratif, melainkan cerminan konflik kepentingan atas ruang strategis yang menyimpan nilai tinggi. “Ini bukan gugatan […]

Pemkot Bandung Gencarkan Bazar Murah Triwulanan, Stabilkan Harga dan Dorong UMKM Lokal
Kota Bandung
Pemkot Bandung Gencarkan Bazar Murah Triwulanan, Stabilkan Harga dan Dorong UMKM Lokal

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) menggulirkan program strategis Bazar Murah yang akan digelar secara rutin setiap triwulan sepanjang tahun 2025. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap fluktuasi harga kebutuhan pokok sekaligus untuk menggerakkan roda perekonomian pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tingkat kecamatan. Pelaksana Tugas […]

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Mulai Stabil, Beberapa Komoditas Mengalami Penurunan
Kota Bandung
Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Mulai Stabil, Beberapa Komoditas Mengalami Penurunan

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat. Salah satu langkah konkret yang dilakukan adalah dengan melakukan pemantauan langsung di sejumlah pasar tradisional. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin, mengunjungi Pasar Sederhana di kawasan Sukajadi, Kota Bandung, untuk […]

Peringatan Konferensi Asia-Afrika sebagai Asa dan Harapan (Bagian 2)
Kota Bandung
Peringatan Konferensi Asia-Afrika sebagai Asa dan Harapan (Bagian 2)

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – 70 tahun yang lalu, di kota kecil yang dijuluki sebagai Paris Van Java yang sekarang menjadi kota Bandung, tepatnya pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955 telah terjadi peristiwa yang sangat bersejarah, yakni terselenggaranya Konferensi Asia-Afrika. Hal ini menjadi harapan baru, pada saat itu akan terbebasnya negara-negara Asia-Afrika ( yang […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.