RADARBANDUNG.id, BANDUNG– Bank Mandiri memperkuat komitmen untuk terus mengakselerasi inklusi keuangan masyarakat melalui berbagai inisiatif digital.
Guna memperluas jangkauan transaksi non tunai pada ekosistem pendidikan, Bank Mandiri bersinergi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan Gerai Kantin Multikampus ITB.
Berlokasi di basement perpustakaan ITB kampus Ganesa, gerai kantin ini mengusung prinsip sustainability yang sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals khususnya dalam hal penyediaan makanan yang bergizi, bersih, terjangkau, dan ramah lingkungan.
Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa 1 Nila Dwi Rihandjani menyatakan seluruh transaksi yang dilakukan dilakukan secara non tunai seperti QRIS yang diamanatkan oleh Bank Indonesia.
“Implementasi digitalisasi ini diharapkan mampu memperluas akseptasi pembayaran digital salah satunya lewat penggunaan QRIS Livin’ Merchant untuk seluruh kantin ITB yang berada di 3 lokasi kampus yang berbeda, yakni di Ganesa, Jatinangor dan Cirebon. Sehingga memberikan dampak positif berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan, termasuk mendorong pelaku UMKM agar naik kelas secara berkelanjutan,” ujar Nila dalam keterangan resmi, Jumat (9/5).
Lanjutnya, Bank Mandiri juga menghadirkan Livin’ KIOSK di 5 Kantin ITB. Kios digital ini memungkinkan mahasiswa maupun pengunjung dapat merasakan pengalaman berbeda dengan melihat daftar tenant yang beroperasi di kantin ITB.
Selain itu, pengguna Livin’ KIOSK bisa melakukan pemesanan sesuai daftar menu, serta dapat langsung melakukan pembayaran melalui QRIS yang ditampilkan di layar Livin’ KIOSK. Selanjutnya, pembeli dapat melihat status pesanan secara real time.
Bagi pelaku UMKM, Livin’ KIOSK ini terintegrasi dengan Livin’ Merchant yang merupakan aplikasi POS kasir untuk memudahkan pedagang mengelola transaksi penjualan.
Juga dapat memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki POS lain seperti bebas biaya berlangganan, pendaftaran hanya 15 menit & langsung dapat menerima pembayaran QRIS.
Bahkan pemilik usaha dapat melakukan pencairan dana ke rekening otomatis tiga kali dalam sehari. Livin’ Merchant mudah didapatkan hanya dengan mengunduh di Google Play Store dan pedagang tidak perlu datang ke Cabang Bank Mandiri.
“Kami berharap dengan adanya digitalisasi di lingkungan kampus ini, transaksi non tunai dapat meningkat sehingga dapat secara langsung mempermudah kebutuhan pembayaran di ekosistem kampus. Kami berkomitmen untuk terus memberikan solusi transaksi terbaik kepada nasabah,” tutur Nila.
Live Update
- Bank Mandiri Awali 2025 dengan Pertumbuhan Sehat dan Berkelanjutan 2 bulan yang lalu
- Dorong Ekonomi Kerakyatan, Bank Mandiri Kembangkan Ekosistem Ekspor Jabar 4 bulan yang lalu
- Bank Mandiri Kembangkan Layanan Transaksional UIN Sunan Gunung Djati Bandung 5 bulan yang lalu