RADARBANDUNG.id- Dinas Komunikasi Informatka, dan Statistik (Diskominfotik) KBB menerapkan inovasi service desk untuk memperkuat layanan SPBE di lingkungan Pemkab Bandung Barat.
Kepala Diskominfotik KBB, Yoppie Indrawan menjelaskan, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas layanan teknologi informasi internal di lingkungan pemerintah daerah.
“Pembangunan sistem Service Desk merupakan langkah progresif yang mendukung pelaksanaan Sistem Pererintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan transformasi digital birokrasi,” katanya, Kamis (24/7/2025).
Ia menambahkan, Sistem Service Desk adalah jawaban atas kebutuhan akan layanan teknis yang lebih tertib, terdokumentasi, dan dapat dimonitor secara real time.
“Ini adalah bentuk nyata dari komitmen kami terhadap pelayanan yang lebih profesional dan transparan,” katanya.
Sementara itu, Kabid Aptika Diskominfotik KBB, Timmy Sampurna Irawan mengatakan, fitur utama dan alur kerja dari sistem Service Desk yang mencakup pelaporan gangguan, permintaan akses layanan, klasifkasi aduan, dan monitoring penyelesaian layanan.
“Sistem ini dirancang untuk menjadi pusat layanan terpadu (single entry point) bagi seluruh kebutuhan teknis perangkat daerah,” katanya.
“Sehingga mempercepat proses pelayanan, mengurangi miskomunikasi, serta menyediakan data yang akurat untuk validasi dan pengambilan kebijakan,” imbuhnya.
Ia berharap, perubahan ini menjadi langkah awal menuju pengelolaan layanan SPBE yang lebih modern, efektif, dan terukur.
“Ini juga sekaligus memberikan dampak berkelanjutan bagi kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bandung Barat,” tandasnya. (KRO)
Live Update
- Expo Perikanan dan Peternakan di Bandung Barat Meriah 2 hari yang lalu