News

Penyebab Kontras Indeks Menabung dan Indeks Kepercayaan dalam Kelompok Rumah Tangga Berpenghasilan Tertentu

Radar Bandung - 13/08/2025, 21:04 WIB
Diwan Sapta
Diwan Sapta
Tim Redaksi
Penyebab Kontras Indeks Menabung dan Indeks Kepercayaan dalam Kelompok Rumah Tangga Berpenghasilan Tertentu
Ilustrasi mata uang rupiah. (Dok. JawaPos)

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNG – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merilis data perkembangan Indeks Menabung Konsumen (IMK) dan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) periode Juli 2025. Berdasarkan laporan yang dirilis resmi pada laman LPS, Jumat (8/8/2025), terdapat pergerakan kenaikan ke level optimis (di atas 100) IKK pada rumah tangga (RT) berpenghasilan sampai dengan Rp1,5 juta per bulan.

Berbeda dengan IKK rumah tangga berpenghasilan hingga Rp1,5 juta per bulan, IKK pada kelompok rumah tangga dengan pendapatan antara Rp1,5 juta hingga Rp3 juta per bulan serta kelompok dengan pendapatan antara Rp3 juta hingga Rp7 juta per bulan mengalami penurunan masing-masing sebesar 4,2 poin dan 1,7 poin. Sementara itu, IKK rumah tangga dengan pendapatan di atas Rp7 juta per bulan tetap berada di atas level 100 dan mengalami sedikit peningkatan sebesar 0,1 poin.

Di sisi lain, pergerakan IMK juga menunjukkan tren yang bervariasi. Peningkatan terbesar IMK terlihat pada kelompok RT berpendapatan hingga Rp1,5 juta per bulan yang naik 9,1 poin secara bulanan (MoM), diikuti oleh RT berpendapatan di atas Rp1,5 juta hingga Rp3 juta per bulan yang naik 3,1 poin. Sebaliknya, pelemahan justru terjadi pada kelompok RT dengan pendapatan di atas Rp3 juta hingga Rp7 juta, di mana IMK tercatat melemah 3,2 poin. Adapun kelompok RT dengan pendapatan di atas Rp7 juta per bulan, IMK-nya masih konsisten berada di atas level 100 meski terkontraksi 8,8 poin.

Menanggapi perbedaan tersebut, Pakar Ekonomi dari Universitas Katolik Parahyangan, Aknolt Kristian Pakpahan, memberikan analisisnya. Menurutnya, perbedaan cara pandang dan tingkat literasi keuangan menjadi faktor utama di balik data IKK yang kontras antar kelompok pendapatan.

Tian menjelaskan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah cenderung memiliki pengetahuan ekonomi yang lebih sederhana dan terfokus pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari. “Untuk orang yang pendapatannya rendah, mereka melihat dalam kehidupan sehari-hari. Selama mereka bisa memenuhi kebutuhan, selama barang masih tersedia, mereka tahu harga-harga naik, tapi selama itu masih bisa dibeli, mereka melihatnya ya oke-oke saja,” ujar Tian saat dihubungi, Rabu (13/8/2025).

Sebaliknya, kelompok masyarakat dengan pendapatan menengah ke atas (di atas Rp1,5 juta) umumnya memiliki literasi keuangan yang lebih baik. Mereka lebih peka terhadap berita dan isu ekonomi makro, seperti gejolak ekonomi global, perang, hingga tarif internasional yang dapat mengganggu stabilitas ekonomi.

“Karena literasi keuangan dan gaya hidup, mereka melihat ‘waduh, perekonomian dunia lagi enggak baik-baik nih’. Kekhawatiran ini timbul karena mereka perlu menjaga standar hidup mereka,” jelasnya. Kecemasan untuk mempertahankan gaya hidup di tengah ketidakpastian inilah yang kemudian menurunkan tingkat kepercayaan mereka terhadap situasi ekonomi saat ini.

Lebih lanjut, Tian menyoroti mengapa IMK di kalangan masyarakat, terutama kelompok bawah, cenderung menurun. Faktor utamanya adalah laju inflasi yang tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan.

“Pendapatan masyarakat sekarang kenaikannya itu tidak sebanding dengan kenaikan tingkat inflasi. Misalnya, inflasi naik 2 persen, tapi kenaikan pendapatan kita cuma 1 persen,” paparnya.

Kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) yang tidak signifikan membuat kenaikan gaji terasa sia-sia karena harga barang di pasar naik lebih tinggi. Akibatnya, daya beli masyarakat tergerus. Bagi kelompok berpenghasilan rendah yang hidup dengan basis harian (on a daily basis), seluruh pendapatan mereka habis untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Mereka kan hidup harian saja. Jadi mereka ya tidak memikirkan pentingnya menabung, pentingnya investasi untuk masa depan, karena untuk memenuhi kebutuhan harian saja sudah susah,” katanya.

Situasi ini diperburuk oleh faktor psikologis akibat berita mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) massal atau antrean panjang di bursa kerja. Hal ini, menurut Tian, secara umum menurunkan kepercayaan konsumen dan mendorong masyarakat untuk lebih suka memegang uang tunai (cash) karena khawatir akan masa depan dan stabilitas perbankan.(dsn/mg3)


Terkait Ekonomi Bisnis
OJK dan Pemprov Jabar Luncurkan Program Tabungan Kurban ASN ‘Berehan’
Ekonomi Bisnis
OJK dan Pemprov Jabar Luncurkan Program Tabungan Kurban ASN ‘Berehan’

OJK Jabar dan Pemprov Jabar berkolaborasi meluncurkan program.tabungan kurban untuk ASN bernama Berehan.

BRI Finance & BRINS Oto Hadir di BRI Consumer Expo 2025 Bandung
Ekonomi Bisnis
BRI Finance & BRINS Oto Hadir di BRI Consumer Expo 2025 Bandung

RADARBANDUNG.id- Bandung kembali bersiap menjadi pusat perhatian pada bulan Agustus mendatang dengan hadirnya BRI Consumer Expo 2025. Acara ini akan berlangsung di Mall 23 Paskal, 15-17 Agustus 2025, dan menjadi ajang pameran gaya hidup tyang diselenggarakan BRI Group.  Selain menghadirkan hunian, otomotif, emas, hingga produk elektronik, acara ini juga menyoroti peran pentingnya mendukung kenyamanan finansial […]

Dapat Sentuhan Pemberdayaan BRI, Pengusaha Muda Ini Sukses Bawa ‘Gulalibooks’ Jangkau Pasar Literasi Anak di Malaysia dan Singapura
Ekonomi Bisnis
Dapat Sentuhan Pemberdayaan BRI, Pengusaha Muda Ini Sukses Bawa ‘Gulalibooks’ Jangkau Pasar Literasi Anak di Malaysia dan Singapura

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Di tengah melimpahnya pilihan soundbook di luar negeri guna mendukung proses belajar si kecil, pasar buku anak di Indonesia justru nyaris belum mengenal sebuah format bacaan interaktif yang dapat mengeluarkan suara atau musik ketika salah satu bagian buku ditekan. Kekosongan inilah yang memantik ide Fauzia P. Lestari untuk menghadirkan sound book berbahasa Indonesia. […]

Digiplus Perkuat Portofolio Smartphone, Hadirkan Motorola ke Pasar Indonesia
Ekonomi Bisnis
Digiplus Perkuat Portofolio Smartphone, Hadirkan Motorola ke Pasar Indonesia

RADARBANDUNG.id – Motorola akhirnya kembali meramaikan persaingan pasar smartphone Indonesia melalui kolaborasi strategis bersama Digiplus, ritel teknologi modern milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Kehadiran brand legendaris ini menjadi angin segar bagi konsumen tanah air yang mendambakan inovasi, desain ikonik, dan performa tangguh dari produk-produk Motorola. Sebagai modern channel pertama Motorola di Indonesia, Digiplus menghadirkan […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.