Sekda KBB Tinggal Tunggu SK Kemendagri

oleh -
Foto: M Habibie/Radar Bandung

RADARBANDUNG.ID, NGAMPRAH – Pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif Kabupaten Bandung Barat hanya tinggal menunggu satu langkah lagi.

Saat ini Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna hanya tinggal menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena pengajuannya sudah dilakukan belum lama ini.

“Ya mudah-mudahan bulan ini bisa segera ditentukan siapa Sekdanya, karena proses dari gubernur sudah sampai ke komisi aparatur sipil negara (KASN),” katanya di Pemda, Rabu (23/1/2019).

Seperti diketahui Penjabat (Pj) Sekda KBB saat ini yang dirangkap oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembungan Asep Ilyas masa jabatannya akan berakhir pada 24 Januari 2018.

Oleh karena itu, saat ini Bupati Aa Umbara sudah memperpanjang Pj Sekda Asep Ilyas selama 15 hari kedepan untuk menunggu SK dari Kemendagri turun.

Hingga kini dirinya telah melakukan langkah secara prosedural yakni mengajukan nama sekda definitif ke gubernur dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kini, satu nama yang diusulkan tersebut sudah diajukan ke Kemendagri dan tinggal menunggu surat keputusan tersebut turun. Jika surat keputusan (SK) sudah keluar dari Kemendagri, Aa pun menegaskan akan segera mengumumkannya segera.

“Jika SK turun, proses pelantikan Sekda definitif akan langsung lakukan.Ya kalau bukan bulan ini bisa juga bulan depan,” ujarnya.

Disinggung siapa satu nama yang telah diusulkan ke gubernur dan Kemendagri, dirinya masih menutup rapat-rapat nama yang bersangkutan.

Pastinya, sekda definitif harus bisa langsung bekerja sesuai dengan jargon ‘KBB Lumpaaat’ agar program kerja yang telah dicanangkannya bisa cepat terealisasi.

“Kalau SK turun langsung (sekda) saya dilantik. Tapi karena ini belum makanya sambil menunggu turun (SK), jabatan Pj Sekda diperpanjang. Kalau inisial nama orangnya adalah ‘A’,” ucapnya sambil tersenyum.

Seperti diketahui, saat ini proses panjang open bidding pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda KBB tinggal hitungan hari. Pansel yang diketuai oleh Muhammad Solihin dalam surat pengumuman Nomor 07/PANSEL/2018 telah menetapkan tiga peserta dengan nilai terbaik.

Mereka adalah Asisten Daerah (Asda) III Pemda KBB Agustina Piryanti, Kepala BPKAD KBB Asep Sodikin, dan Kepala Dinas PPKBP3A KBB Asep Wahyu FS. Salah satu dari ketiganya akan ditetapkan menjadi sekda definitif.

(bie)