SPBU Lembang Didesak Untuk Ditertibkan

oleh -
NET

RADARBANDUNG.ID, NGAMPRAH – Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Bandung Utara (Forbat) menggelar aksi unjuk rasa Di Pemkab Bandung Barat untuk menuntut penutupan SPBU di Jalan Raya Lembang, Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, KBB

Menurut Ketua Forbat Suherman, pembangunan SPBU itu dinilai telah melanggar Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pemanfaatan Ruang di Kawasan Bandung Utara (KBU) dan meminta agar Pemkab Bandung Barat bisa melaksanakan dan menegakan Perda tersebut sesuai aturan.

“Tuntutan inti kami adalah minta agar Pertamina menutup SPBU itu, karena beroperasi tanpa izin dan telah merusak lingkungan di KBU,” tegas Ketua Forbat Suherman kepada wartawan di sela-sela aksi.

Apalagi, menindaklanjuti rapat sebelumnya antara SKPD dengan DPRD yang kesimpulannya bahwa SPBU itu beroperasi melabrak aturan. Karena itu, DPRD akan memberikan nota komisi kepada bupati terkait persoalan ini, mengingat Kantor Lingkungan Hidup juga telah memberikan rekomendasi yang sama.

“Pelanggaranny itu seperti rekomendasi gubernur yang seharusnya untuk renovasi, tapi malah dijadikan dasar untuk pembangunan SPBU baru,” ujarnya.

Dia menambahkan, site plan dan IMB nya sendiri sejak awal sudah bermasalah, pengelola berani mengubahnya serta menghilangkan ruang terbuka hijau (RTH) yang telah ditetapkan pemerintah melalui rekomendasi gubernur.
Bahkan, pengelola juga mengabaikan izin tetangga dan tidak pernah menyosialisasikan pembangunan kepada warga sekitar.

“SPBU itu sekarang sudah beroperasi sekitar satu bulan. Artinya wibawa pemda tidak ada (hancur) karena pengusaha berani beroperasi meskipun izinnya tidak ada,” ujarnya.

Aksi ini juga diisi oleh atraksi kesenian tradisional pencak silat dari sejumlah massa pengunjuk rasa di halaman depan Kantor Bupati KBB.

Selain itu utusan dari Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu KBB, Dinas Lingkungan hidup dan Badan Perencanaan Daerah KBB belum bisa memberikan komentarnya meski sudah menerima pendemo di gedung Setda KBB.

(bie)