Putra Bupati Jabat Ketua KONI KBB

oleh -
Rian Firmansyah resmi menjabat sebagai Keta KONI KBB secara aklamasi dalam Musorkablub di Ngamprah, Sabtu (26/1/2019). (MOCHAMAD HABIBI/RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.ID, NGAMPRAH – Rian Firmansyah resmi menjabat sebagai ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barat Barat (KBB) periode 2019-2023.

Putra dari Bupati KBB Aa Umbara Sutisna resmi menggantikan posisi Ketua KONI sebelumnya Elin Suharliah sejak mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan Oktober 2018.

Rian Firmansyah terpilih melalui Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) KONI KBB, dimana Rian terpilih oleh 49 Cabor dari 52 Cabor yang ada di KBB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekum KONI Jabar Gianto Hartono, Bupati Aa Umbara Sutisna, dan perwakilan 50 cabor dari total 52 cabor yang tercatat di KONI KBB digelar di Ballroom Pemda KBB, Sabtu (26/1/2019).

Rian mengaku siap mengemban tugas sebagai Ketua KONI KBB.

Amanat dan kepercayaan ini akan dijawabnya dengan kerja nyata dalam membangun dunia olahraga, terlebih lagi KBB akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Porda Jabar 2022.

“Ini sebuah kepercayaan yang harus dijawab dengan prestasi tinggi dan saya sudah siap untuk itu, terutama dalam mencapai target yang telah dicanangkan,” ucapnya seusai terpilih secara aklamasi.

Menurutnya, tidak ada kekhususan atau strategi tertentu dalam menjalankan organisasi KONI.

Dirinya akan fokus di strukturisasi dahulu, karena kepengurusan KONI sebelumnya sempat berhenti sehingga harus dihidupkan kembali.

Terkait kemungkinan adanya pembenahan di struktur kepengurusan KONI, dia menegaskan akan menempatkan orang-orang yang sesuai keahliannya.

“Saya punya prinsip untuk menempatkan keilmuan dan kompetensi dalam kepengurusan. Jadi nantinya orang yang saya pilih tak bermuatan apa pun karena akan dipilih secara profesional,” tegasnya.

Dia pun akan membawa KONI KBB pada sebuah kemandirian yang merupakan hal yang fundamental. Dimulai melalui penggalian potensi dari pengurus, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan sumber daya alamnya.

Termasuk juga menjalin kerja sama dengan swasta serta optimalkan komunikasi dengan para kepengurusan dan cabor, sehingga tercipta hubungan emosional yang baik di setiap elemen.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, kepengurusan KONI di bawah kepemimpinan yang baru diharapkan bisa memberikan prestasi terbaik bagi KBB.

Para pengurus dan atlet juga agar lebih memfokuskan diri dalam persiapan menghadapi Porda Jawa Barat tahun 2022.

“Pengurus cabor dan para atlet jangan memikirkan masalah pendanaan, biar kami (Pemda KBB) yang mencari. Yang pasti nama KBB harus harum di dalam kancah olahraga nasional bahkan internasional,” katanya.

(bie)