Persiapan Pemilu Sudah 85 Persen

oleh -
pemilu
pemilu 2019

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung terus mematangkan persiapan kebutuhan jelang Pemilu 17 April 2019. Hingga saat ini persiapan diklaim sudah mencapai 85 persen.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, sejauh ini persiapan sudah sesuai target tinggal menyelesaikan 15 persen kekurangannya.

“Sejauh ini persiapan kita 85 persen ini sudah siap tinggal menunggu pengiriman surat suara dari percetakan,” kata Suharti saat ditemui di Kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (25/2/2019).

Suharti menuturkan, terkait kebutuhan logistik seperti kotak suara dipastikan aman. Bahkan, setengah kotak suara sudah tersimpan di gudang penyimpanan.

Lebih jauh Suharti menyebut, pihaknya sudah melakukan gerakan sosialisasi secara intern hampir setiap pekan untuk meningkatkan partisipasi pemilih seperti kegiatan KPU Goes To School, KPU Goes To Campus dan sosialisasi kesetiap komunitas.

“Ini bukan hajatnya KPU, ini hajatnya warga Indonesia. Kami harap masyarakat mau berpartisipasi dengan baik di pemilu 2019,” jelasnya.

“Kami juga mendapat bantuan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung untuk bersosialisasi kepada masyarakat secara menyuluruh,” lanjutnya.

Selain itu, sambung Suharti, pihaknya juga akan segera melakukan perekrutan untuk anggota KPPS yang diperuntukan membantu jalannya pemungutan suara disetiap wilayah.

“Kurang lebih rekrutmen anggota KPPS di 7.103 TPS butuh 50.000 personel,” ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat bisa mendaftar sebagai anggota KPPS dengan syarat berusia minimal 17 tahun, memiliki ijazah SMA dan berdomisili sesuai TPS berada. Setelah direkrut, anggota KPPS ini akan dibekali dengan penggetahuan dan bimbingan teknis bagaimana melakukan proses pemungutan dan perhitungan suara nantinya.

“Kita juga berharap mahasiswa berpartisipasi ikut dalam pemilu, jadi tidak hanya beretorika di kampus tapi juga mengaplikasikannya. Saat ini perekrutan sedang dalam proses pendataan oleh PPS. Pengumumannya akan disampaikan pada akhir Februari 2019,” pungkasnya.

(yafi)