BJB Vespa Community (BVC) Junjung Tinggi Persaudaraan

oleh -
Para anggota BJB Vespa Community (BVC) foto bersama di Pantai Pangandaran. Foto:Istimewa

RADARBANDUNG.id, BANDUNG  – Kehadiran sepeda motor vespa memang nggak ada habisnya. Meski tergolong tua, tapi masih banyak orang yang senang menunggangi sepeda motor buatan negara Italia ini karena memiliki kharisma yang berbeda. Tidak heran di setiap daerah di Indonesia bertebaran komunitas pecinta motor vespa, mulai dari regional sampai setiap unit terkecil seperti tempat kerja juga punya komunitasnya, salah satunya BJB Vespa Community (BVC).

Terbentuk sejak tahun 2012, BVC semakin meramaikan lingkup komunitas vespa di Kota Bandung. Terbentuk dari obrolan hangat antar karyawan bank, Ucu Supriatna pendiri BVC akhirnya membuat sekumpulan orang-orang yang senang mengendarai motor vespa. Tidak hanya sekadar kumpul, ada misi khusus yang mereka tawarkan pada setiap touring yang dilakukan.

Selama ini mindset anak muda tentang industri keuangan dianggap sulit dan membosankan. Melalui komunitas secara tidak langsung, Ucu dan teman-teman ingin mengedukasi masyarakat tentang industri keuangan dan juga berbagi sesama. Cara unik ini sedikitnya bisa membuat anak muda melek dan semak tertarik dengan industri perbankan.

Ucu yang menjabat sebagai sekretaris YKP Bank BJB dan dosen luar biasa di STIE EKUITAS dan di International Women Univetsity menyukai sepeda motor vespa sejak duduk dibangku kuliah. Memiliki jenis motor yang unik dan jarang disukai banyak orang, saat itu, membuatnya percaya diri ketika menunggangi vespanya. “Vespa itu enjoy. Jadi kalau kita touring karena merasa minoritas ya minat aja akhirnya sesama vespa saling menyapa. Kan kalau motor lain gak gitu, persaudaraan yang kita kedepankan,” katanya di Bandung, Jumat (9/8/2019).

Saat ini ada empat jenis sepeda motor vespa yang dikoleksinya, rencananya Ucu akan menambah. “Memang koleksi vespa, dirumah baru punya empat ya rencananya mau nambah lah. Teman-teman di komunitas juga kebanyakan koleksi vespa sehingga kita bisa saling sharing informasi vespa,” jelasnya.

Jumlah anggota sebanyak 150 orang, Ucu mengaku komunitas ini terbuka lebar untuk siapapun karyawan bank BJB di seluruh Indonesia. Menjunjung tinggi persaudaraan, Ucu ingin komunitas ini tidak hanya sekadar kumpul-kumpul tapi memberikan manfaat kepada masyarakat. Maka dari itu pada program touring setiap bulannya, mereka menggelar bakti sosial.

Kekompakan antar anggota juga diharapkan Ucu bisa menunjang performa para karyawan supaya semakin semangat dalam melayani nasabah. “Adapun tujuan BVC dengan kegiatan touring adalah meningkatkan solidaritas sesama pegawai bank BJB khususnya pecinta vespa, meningkatkan brand image kami di masyarakat, dan sebagai bentuk tadabbur alam,” terangnya. Beberapa kegiatan baksos yang pernah dibuat seperti pembangunan masjid, bantuan kepada anak yatim, dan lainnya.

Dalam waktu dekat, BVC akan menggelar program tahunan yakni Jambore Vespa dengan mendatangkan pecinta vespa dari seluruh perbankan di Jawa Barat.

(fid/radarbandung.id)