Samsung Buka Gerai dengan Konsep Experience Store

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Teleshop dan PT. Samsung Electronics Indonesia membuka outlet dengan konsep experience store di Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, gerai ini menawarkan customer untuk bisa mencoba produk terbaru secara leluasa.

Dalam outlet tersebut, 60 persen produk yang dipajang merupakan device kategori flagship, ditopang pula oleh wearable dan accesssories pendukung. Sisanya, terdapat pula produk entry level sebagai bagian dari pilihan.

Untuk menopang penjualan, mereka menempatkan konsultan terlatih yang bertugas melayani calon customer dalam menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Mereka pun bisa menjawab sejumlah pertanyaan mengenai sistem terbaru maupun hal teknis lainnya.

Head of Exclusive Brand Shop Operation PT Samsung Electronics Indonesia, Harris Pranata mengatakan Samsung experience store adalah toko dengan konsep baru disesuaikan dengan head quarter di korea Selatan.

“Ini toko keempat dengan kosep baru di Indonesia, yang pertama di Bandung Jawa Barat. Di sini, kita menunjukan devicenya, bisa dicoba dengan dikoneksikan ke active watch, dan assesorisnya. Jadi ada experience buat calon pembeli,” ucap dia usai peresmian di Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (25/10/2019).

Selain bisa mencoba device, ia menyebut terdapat program penjualan menarik bagi pembeli. Di antaranya, dukungan cicilan sehingga bisa memudahkan mereka upgrade produk. Lalu, ada program trade in promo yang terus dilakukan secara berkala denga tambahan diskon.

“Cashback juga ada. Lalu ada juga paket bundling sama operator juga ada,” ucap dia.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional Teleshop Group, Kurnia Jaya Sutana mengatakan dari sisi penjualan, konsep toko seperti ini bisa meningkatkan penjualan hingga 50 persen. Untuk itu, segmen pasar yang disasar pun memiliki klasifikasi khusus.

“Tempat di mall tentu segmennya dari menengah ke atas. Dengan experience gini, kita ingin mengupgrade customer kita. Jadi ketika calon pembeli mencoba produk, mereka jadi punya banyak pilihan,” ucap dia.

“Kami juga ingin upgrade dari sisi pembeli. Dengan kemudahan pembayaran dan promo yang ada, misalnya, orang tadinya mau beli hape Rp 5 jutaan, bisa membeli device flagship dengan harga belasan juta,” ia melanjutkan.

Hal ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, secara nasional produk Samsung memiliki 50 persen dari sisi market share. Targetnya toko serupa akan dibangun sebanyak 22 unit di seluruh Indonesia. Sejauh ini, baru ada empat unit toko yang sudah diresmikan.

(bbb)