Grab Wheels Sudah Bisa Digunakan di Bandung dan Siap Disebar di Jawa Barat

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi penyediaan transportasi online, Grab, resmi menghadirkan perangkat mobilitas baru bernama Grab Wheels di Kota Bandung. Mereka menargetkan penyediaan 1.000 unit skuter elektrik ini tersebar di 50 stasiun di Jawa Barat hingga akhir tahun 2019.

Grab West Java Leader, Yose Tireza Arizal mengatakan sejauh ini aplikasi GrabWheels sudah disediakan sebanyak 50 unit tersebar di sembilan stasiun di Kota Bandung.

Ia mengaku optimistis keberadaan layanan itu bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Jawa Barat karena praktis dan ramah lingkungan. Terlebih, sudah ada nota kesepahaman antara Grab dengan Pemprov Jabar untuk menghadirkan alat transportasi alternatif tersebut

“Target kita sampai akhir tahun ini menghadirkan 50 titik stasiun dan 1.000 unit GrabWheels. Kita sudah MoU (menandatangani nota kesepahaman) dengan (Gubernur Jabar) Pak Ridwan Kamil. Bukan hanya di Bandung, tapi tersebar di Jabar,” ujar Yose usai acara persemian di event West Java Festival (WJF) 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019).

Layanan ini ia sebut sudah sejalan dengan pemerintah yang ingin me memudahkan masyarakat maupun wisatawan untuk mendatangai kawasan wisata kota atau menikmati suasana Kota Bandung dengan harga yang terjangkau.

Warga yang sudah memiliki aplikasi Grab tinggal masuk dan pilih menu ‘e-Scooter’. Di dalam menu tersebut tertera map dan titik yang menunjukan lokasi stasiun adanya skuter tersebut. Selain itu, tertera keterangan jumlah skuter yang tersedia.

“Tarifnya pun sangat terjangkau. Hanya Rp8.000 untuk 30 menit. Bisa melewati kemacetan dengan mudah,” ucap dia.

Disinggung mengenai target yang dicanangkan, angka 1.000 unit dirasa ideal dengan potensi destinasi wisata yang dimiliki. Untuk itu, penyebaran unit lebih difokuskan di daerah yang terdapat banyak wisatawan.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang turut hadir dalam WJF 2019 itu menyempatkan diri mencoba mengendarai GrabWheels di area Safety Workshop GrabWheels. Ia berharap, kehadiran GrabWheels menjadi salah satu opsi untuk urusan mobilitas jarak pendek warga Jabar.

β€œIni menjadi contoh nyata penggunaan teknologi dan transportasi yang ramah lingkungan. Hal ini saya harap menjadi titik awal dari pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat ke depannya,” pungkasnya.

(fid)