Siswa Asal KBB, Aufan Ahmad Mumtaza Gondol Perak di Olimpiade Matematika Internasional

oleh -
Aufan Ahmad Mumtaza

 

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH–Prestasi cukup membanggakan diraih Aufan Ahmad Mumtaza, siswa kelas VI Al Irsyad Satya Islamic School, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Itu dibuktikan Aufan setelah meraih medal perak bidang matematika pada ajang Olimpiade Matematika dan Sains Internasional, The 16 th International Mathematics and Science Olympiade (IMSO) 2019 di Hanoi, Vietnam.

Ajang bergengsi ini digelar dari 26 November sampai 1 Desember 2019. Dalam olimpiade itu, Aufan sukses mengungguli peserta dari 24 negara, seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Singapura, China, India, Laos, Filipina, Iran, Malaysia juga tuan rumah Vietnam.

Aufan terbang ke Hanoi menjadi duta Indonesia setelah meraih medali emas bidang matematika pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat Sekolah Dasar di Jogjakarta, Agustus 2019 lalu. Prestasinya berlanjut di ajang Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) se-Indonesia ke-4 yang digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Aufan sukses mempersembahkan medali emas dan 1 Trophy Best Overall di Auditorium Toyib Hadiwijaya, Fakultas Pertanian, IPB Dramaga Bogor, 1 September 2019.

“Alhamdulillah, pelajar asal Kabupaten Bandung Barat meraih prestasi membanggakan di tingkat internasional. Diharapkan ke depan ada potensi potensi lain di Bandung Barat yang bisa berprestasi seperti ananda Aufan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin melalui sambungan telepon, Minggu (1/12).
Asep mengatakan, prestasi yang diraih Aufan menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya bahwa prestasi dapat diraih oleh siapa saja yang berupaya dengan gigih dan tetap mengedepankan nilai-nilai pendidikan karakter seperti nasionalisme, kemandirian dan sportivitas.

“Saya berharap prestasi Aufan dapat menginspirasi teman-temannya untuk berprestasi di bidangnya masing-masing,” tandasnya. (*/nto)