Almarhum H Endang Anwar Pendiri KBB, Ini Profilnya

oleh -
Almarhum H Endang Anwar

RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Almarhum H Endang Anwar dikenal sebagai salah seorang tokoh pendiri Bandung Barat yang tergabung dalam Komite Pembentukan Kabupaten Bandung Barat (KPKBB).

Berkat jasa dan kegigihannya bersama para tokoh lainnya, akhirnya Kabupaten Bandung Barat (KBB) bisa berdiri sendiri. Berdirinya KBB itu setelah disetujui pemerintah pusat untuk memisahkan diri dari Kabupaten Bandung sebagai kabupaten induk pada 12 tahun silam.

Semasa hidupnya, ia juga tidak bosan menyuarakan agar Kabupaten Bandung di bagian Barat berdiri sendiri menjadi daerah otonom dan berpisah dari Kabupaten Bandung.

Kini KBB telah benar-benar menjadi daerah otonom yang berdiri sendiri. Setelah mekar, KBB dipimpin oleh (alm) Bupati H Abubakar selama dua periode.

Pada periode pertama, Abubakar berpasangan dengan Ernawan Natasaputra. Sedangkan pada periode berikutnya, Abubakar berpasangan dengan Yayat T Soemitra.

Saat ini Bandung Barat memasuki fase kedua dalam kepemimpinan yang berbeda. Bupati KBB saat ini adalah Aa Umbara Sutisna yang berpasangan dengan Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan.

(apt)