Jembatan Amblas, Jalan Haji Gofur Menuju Cilame Putus

oleh -
Salah satu rumah yang ambruk pascaledakan yang terjadi di Ciseupan, Kota Cimahi, Selasa (21/1/2020).

RADARBANDUNG.id, CILAME– Jembatan Irigasi di Kampung Sukamaju RT 01 RW 01, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah amblas, Selasa (21/1/2020). Akibatnya, penghubung antara jalan Haji Ghofur dan Cilame terputus.

Kapolsek Padalarang, Kompol Supriati menjelaskan, kejadian tersebut merupakan buntut dari banjir bandang yang menerjang kawasan Cimareme pada 31 Desember 2019 lalu.

“Ada pengikisan tanah di bawah jalan akibat meluapnya air saat banjir bandang,” kata Supriati kepada Radar Bandung saat ditemui di lokasi, Selasa (21/1/2020).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, pihaknya akan menutup sementara lalu lintas di kawasan tersebut terutama untuk kendaraan roda empat.

“Inikan motor jalan pinggir, ada kemungkinan ditutup semuanya, takutnya amblas lagi, kita juga akan menyiagakan personil di sini,” ujarnya.

Sementara itu, warga setempat Ade (41) menjelaskan, selain adanya pengikisan tanah, diduga juga ada penyempitan aliran sungai lantaran pembangunan. Oleh karena itu, pihak Pemkab Bandung Barat diharapkan proaktif mengantisipasi hal tersebut.

“Di bawah saluran irigasi juga masih terdapat material sisa banjir bandang, karena pas hujan deras saat itu air meluap,” tutur Ade.

Sebelum kejadian kata Ade, sempat ada kendaraan besar (Dumbtruck) melintas, beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas di lokasi kejadian.

“Pas kejadian jalan pas sepi, Alhamdulillah tidak ada korban,” ucapnya.

Tim pemantau UPT I Lembang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR KBB, Hermawan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi pada pihak terkait untuk langkah yang diambil menanggulangi peristiwa tersebut.

“Kita sudah melapor kepada pimpinan, besok ditindaklanjuti,” katanya. (cr3)