Data Kriminalitas di Cimahi Menurun Selama 2018

oleh -
Polres Cimahi siap melayani masyarakat. Kasus kriminalitas yang terjadi di Kota Cimahi sepanjang tahun 2018 cenderung menurun. (ist)

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Kasus kriminalitas yang terjadi di Kota Cimahi sepanjang tahun 2018 cenderung menurun. Penurunan itu dirangkum dari aksi kekerasan hingga narkoba serta penyakit masyarakat. Seluruhnya sudah ditangani Polres Cimahi.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, penurunan angka kriminalitas di wilayah hukumnya itu, lantaran sinergitas antara pihak kepolisan dengan masyarakat berjalan baik. Bahkan, laporan maupun informasi sekecil apapun, selalu ditindaklanjuti.

“Setahun ini, dari semua satuan hingga polsek jajaran banyak mengungkap kasus yang bersifat tindak pidana,” kata Rusdy di Mapolres Cimahi Jalan Amir Machmud, Selasa (1/1).

Menurut dia, dalam mengamankan wilayah dari ancaman tindak kriminal maupun narkoba, tindakan preventif yang dilakukan oleh anggotanya cukup membuahkan hasil.

“Tentu harus ditingkatkan lagi agar wilayah Cimahi dan Bandung Barat ini terjaga kondusifitasnya,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi kasus narkoba di wilayah hukumnya, Rusdy menyebutkan, dari sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan, setidaknya pihak kepolisian mampu menyelamatkan sekitar 211.439 jiwa masyarakat Cimahi dan Bandung Barat dari potensi ancaman narkotika.

“Ancaman narkoba ini pasti ada di daerah manapun, tapi yang terpenting adalah, kita harus bisa menjaga lingkungan sekitar kita. Agar para pelaku itu tidak mudah masuk ke masyarakat,” ujarnya.

Disinggung soal masih adanya kasus pembunuhan yang belum terungkap, lanjut dia, bukan hal mudah untuk mengungkap suatu kasus pembunuhan. Sehingga memerlukan waktu yang tidak sebentar.

“Kami masih melakukan penyelidikan. Tentu diharapakan secepatnya bisa terungkap,” pungkasnya. (dan)