Pembangunan SDN Baros Mandiri 3 Segera Dilanjut

oleh -
cimahi
Wakil Walikota Cimahi Ngaatiyana (tengah), saat menilik lokasi bangunan SDN Baros Mandiri 3 Kota Cimahi yang tak kunjung selesai dibangun.(FOTO : WHISNU PRADANA /RADAR BANDUNG)

RADABANDUNG.id, CIMAHI – Ratusan siswa dan guru SDN Baros Mandiri 3 Kota Cimahi masih harus menunggu lama agar kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa dilaksanakan di gedung sekolah baru.

Hal tersebut lantaran gedung baru SDN Baros Mandiri 3 yang terletak di Jalan H. Haris, Kelurahan Baros, belum bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

Di tahun 2019, Dinas Pendidikan Kota Cimahi memang berencana melanjutkan pembangunan sekolah tersebut pada bulan Mei mendatang.

Namun dana pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dari APBD Tahun Anggaran 2019 hanya dialokasikan sebesar Rp3,2 miliar.

“Dengan APBD yang terbatas maka pemerintah baru bisa menganggarkan Rp3,2 miliar. Memang sisanya masih banyak,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Hendra Gunawan, saat ditemui, kemarin.

Dengan anggaran seadanya, dapat dipastikan pembangunan tak akan terealisasi hingga 100 persen. Pasalnya, jika harus menyelesaikan hingga tuntas dan langsung bisa digunakan harus ada anggaran yang lebih besar.

“Kalau mau sampai selesai, kebutuhannya mencapai Rp13 miliar sampai Rp15 miliar. Untuk sekarang kita laksanakan dulu seadanya, memang hanya beberapa persen, tapi yang penting ada progres,” katanya.

Untuk pembangunan lanjutan ini, sudah melakukan perencanaan yang dilaksanakan tahun 2018. Khusus perencanaan pembangunan lanjutan itu, anggaran yang dikucurkan mencapai Rp73.535.000.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan dokumen pelelangan pembangunan yang rencananya dimasukkan April mendatang. Sebab, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengintruksikan agar pembangunan jangan sampai mepet diakhir tahun.

“Bulan April sudah masuk lelang. Mudah-mudahan prosedur lelang lancar. Mei sudah pengerjaan fisik. Karena perencanaan sudah dilakukan tahun kemarin,” jelasnya.

Pihak SDN Baros Mandiri 3 beserta para siswa siap berharap pembangunan segera selesai, sebab sudah lama ditunggu namun tak kunjung rampung.

“Terkait pembangunan kan masih berproses, disana belum selesai. InsyaAllah kami benar-benar tetap bekerja sesuai tugas masing-masing sambil menunggu bisa pindah,” ujar Neneng, salah satu perwakilan guru.

Total siswa yang bersekolah di SD Negeri Baros Mandiri III berkisar 520 orang. Sejak program relokasi bergulir mulai tahun 2013, jumlah siswa sempat berkurang namun tak siginifikan.

(dan)