SMPN 13 Siap Bersaing Untuk PPDB

oleh -
bersaing di ppdb
PERIKSA : Wakil Kepala SMPN 13 Kota Cimahi, Niken Apriyani, memeriksa berkas siswa yang melakukan daftar ulang. ( foto : GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Peserta didik baru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 13 Kota Cimahi hampir mencapai 300 siswa. Sekolah yang masih baru itu menyiapkan lima rombongan belajar (rombel), dengan kuota siswa sebanyak 180 orang.

Wakil Kepala SMPN 13 Kota Cimahi, Niken Apriyani mengatakan, setiap kelas nantinya akan diisi oleh 36 siswa. Menurutnya, selain sebagai program pemerintah dalam pemerataan pendidikan, pendirian sekolah baru, akan menjadi proyek percontohan untuk membangun atau menambah sekolah di tahun mendatang dan seterusnya.

“Meskipun kelengkapan atau sarana dan prasarana yang seadanya, kami yakin sekolah bisa berkembang, bahkan bersaing dengan sekolah lain yang sudah ada lebih dulu,” Kata Niken.

Walaupun bangunan SMP 13 ini masih menumpang di SD Negeri Cempaka 3, yang berlokasi di Jalan Encep Kartawirya, namun pihak sekolah tidak minder. Akan tetapi, dari segenap kekurangan yang ada, justru memicu semangat para pengajar (Guru) untuk memberikan hasil maksimal.

“Meskipun terbilang masih serba kekurangan tapi animo masyarakat untuk masuk ke sekolah ini sangat tinggi,” terangnya.

Sementara untuk jam proses belajar mengajar, lanjut dia, akan dilakukan siang hari. Namun, untuk menambah jam belajar, sekolah pun dilaksanakan hingga hari Sabtu.

“Tentunya kami berharap, kedepannya hari sabtu bisa digunakan khusus program ekstra kulikuler,” tuturnya.

Untuk jumlah tenaga pengajar sendiri, kata dia, sementara ini sudah cukup. Sebab, dari masing-masing mata pelajaran sudah ada gurunya. Ditambah, tenaga operator dan penjaga sekolah. Meski diakui akan menjadi tugas berat, namun dalam meningkatkan kualitas pendidikan, lanjut dia, pihaknya akan kerja keras demi hasil maksimal.

“Kalau tidak berhasil, nanti dampaknya Cimahi sulit lagi bikin sekolah,” pungkasnya.

(gat)