Komitmen Untuk Jalankan Program CRH

oleh -
crh

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Sejauh ini Kota Cimahi masih konsisten menjalankan program Cimahi Reading Habbit (CRH). Tak mudah menjalankan hal tersebut jika tidak dibarengi dengan komitmen yang kuat.

Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi memberi apresiasi kepada siswa atas pencapaian jumlah buku yang dibaca Jambore Reading Habit Kota Cimahi 2019 di Alam Wisata Cimahi Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi.

Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi Harjono mengatakan, progam CRH sudah bergulir sejak tahun 2014. Tujuannya untuk menarik minat pelajar membaca buku. Siswa yang membaca buku sesuai target kita beri apresiasi dan program-program menarik termasuk hadiah buku.

“Siswa yang mengikuti kegiatan ini rata-rata sudah membaca buku lebih dari 30 judul buku,” kata Harjono.

Dari 140 SD di Kota Cimahi, sebanyak 90 sekolah diajak mengikuti program CRH. Setiap siswa yang membaca buku akan mendapat cap dan tandatangan guru pada kartu yang mereka dapatkan dari masing-masing sekolahnya.

Pada perjalanannya, tinggal 15 sekolah yang masih menggelar CRH hingga akhir tahun 2018. Dan hanya 7 sekolah yang benar-benar aktif dan pelaporannya lengkap.

“Jadi masih banyak sekolah di Kota Cimahi tidak memiliki tenaga profesional dalam mengelola perpustakaan,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa kendala, terutama tidak ada tenaga pengelola perpustakaan atau pustakawan, malah belum ada tenaga pustakawan PNS, untungnya beberapa sekolah punya tenaga harian lepas atau honorer yang bisa diberdayakan. Ada juga sekolah yang tidak cukup sarana-prasarananya,” jelasnya.

“Lewat program CRH, diharapkan dapat terwujud generasi anak yang gemar membaca,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Cimahi mengklaim, komunitas Reading Habbit satu-satunya di Provinsi Jabar. “Hanya Cimahi yang punya komunitas membaca. Kita mencoba terus mengupayakan agar membaca menjadi budaya lewat pembiasaan sejak dini,” ujarnya.

Keberpihakan pemerintah dalam meningkatkan minat baca diantaranya dengan berusaha memfasilitasi masyarakat dengan Perpustakaan Kota Cimahi, mobil perpustakaan keliling, dan lainnya.

“Menumbuhkan minat baca masyarakat harus diawali dengan membentuk karakter gemar membaca sejak dini, lalu menyebarkan budaya membaca dimanapun berada, terutama dilengkapi fasilitas dan koleksi buku beragam yang memberi ilmu kepada masyarakat,” pungkasnya.

(gat)