DJUNAIDI : Puji Buah Karya Pemuda Lokal

oleh -
MENCERMATI : Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi, bersama rombongan melihat robot kreasi anak bangsa pada acara “Festival Pemuda Kreatif” di Lapangan Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Sabtu (7/12/2019). (foto : GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi, terkesima melihat robot asli produk lokal anak bangsa. Ia bersama rombongan kala itu sedang berjalan mengitari kerumunan pengunjung di beberapa stand, pada acara “Festival Pemuda Kreatif” di Lapangan Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Sabtu (7/12/2019).

Kegiatan yang menampilkan banyak karya anak muda di sektor ekonomi kreatif itu, ternyata jadi daya terik tersendiri bagi rombongan dari Kemeterian Pemuda dan Olahraga RI. Adapun ekonomi kreatif terbagi dari 16 sektor, di antaranya  Kriya, grafika, fesyen, Film,  musik, Kuliner, IT.

“Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu pameran robotik dari mahasiswa. Yang saya kira produk robotnya itu bisa ditampilkan di festival atau lomba-lomba internasional,” kata Djuanidi.

Diketahui, Robot yang diberinama Gordon ini bisa dipergunakan duntuk pengiriman barang. Bahkan robot itu telah menjuarai perlombaan robotik antar Universitas.

Dengan banyak hasil karya yang canggih ini, lanjut Djunaidi, pemerintah daerah sudah jangan ragu lagi dalam mensupport kebutuhan para pemudanya. Namun dengan jaminan bukti yang kuat juga.

“Kreativitas anak bangsa pemuda yang unggul ini sudah tentu akan membawa nama baik Negara serta daerah, dalam kemajuan teknologi,” tandasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menilai, semangat kegiatan Festival Pemuda Kreatif ini senada dengan misi yang diusung oleh pihaknya. Di mana Pemkot Cimahi berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, tak terkecuali di sektor ekonomi kreatif.

“Kita bercita-cita memang di Cimahi ini banyak generasi muda yang unggul yang siap bersaing. Jadi ini satu hal yang harus dimanfaatkan, harus diapresiasi,” katanya.

Untuk mendorong kualitas SDM ini pihaknya telah mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) sebagai wadah untuk mendorong pemuda untuk meningkatkan kreatifitas, khususnya di sektor teknologi informasi.

“Belum lagi membicarakan apa yang kami lakukan di tingkat sekolah. Jadi ini semua kami lakukan dan mudah mudahan bisa memberikan manfaat yang cukup positif untuk mempersiapkan generasi Cimahi ini menjadi generasi yang hebat,” pungkasnya.

(gat)