Bangun Karakter Bangsa Andalkan Pramuka

oleh -

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Cimahi masuk dalam penilaian kwarcab tergiat se-Jawa Barat tahun 2019. Kwarcab Kota Cimahi masuk dalam Kategori A, pada kategori/cluster dengan binaan 3-12 kwarran. Selain Cimahi, ada delapan daerah lainnya yaitu, Banjar, Kota Cirebon, Depok, Kota Bekasi, Kota Tasikmalaya, Bogor, Kota Sukabumi serta Pangandaran.

Untuk penilaian kali ini, Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat menggunakan kosep self assesment atau evaluasi diri. Konsep itu berbeda dengan yang dilakukan lima tahun lalu.

“Jadi, pada dasarnya, masing-masing kwarcab menilai diri sendiri dengan kewajiban sekaligus menyertakan sejumlah bukti pendukung, seperti Surat Keputusan (SK), proposal kegiatan, foto kegiatan dan laporan keuangan,” kata Koordinator Protokoler Kwarcab Cimahi, Mochamad Yolan.

Kendati belum ada hasil penilaian, namun pihaknya menganggap masuknya Kwarcab Cimahi dalam kategori A pada kategori/cluster trsebut bisa dijadikan sebuah motivasi untuk kedepan.
“Sudah tentu harapannya kami dapat nilai terbaik,” ucapnya.

Sementara itu, Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Cimahi, Hendra Gunawan menambahkan, sejauh ini kegiatan pramuka identik dengan kemping, jambore ataupun hanya sebatas giat baris berbaris.

“Sudah saatnya pramuka khususnya di Cimahi berani melakukan manuver atau inovasi lain, namun tetap bermanfaat dikemudian hari,” kata Hendra, kepada Radar Bandung.

Menurutnya, didalam makna Pramuka terdapat pendidikan berkarakter yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Agar pendidikan berkarakter ini tetap terjaga, Hendra menegaskan setiap sekolah baik di tingkat SMP hingga SD, Pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler wajib.

“Karakter itu dibangun oleh kita sendiri, jadi yang menentukannya juga kita sendiri. Sekarang tinggal membuktikan bahwa, karakter Pramuka di Cimahi adalah karakter yang benar-benar teruji,” tutur Hendra, yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi.

Seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah bukan waktunya lagi menjalankan kegiatan nostalgia, atau terpaku dalam pakem kepramukaan.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, meminta agar generasi muda di Kota Cimahi meneladani semangat gerakan pramuka yang cinta tanah air.

“Sebagai organisasi yang besar, pramuka beserta seluruh komponen bangsa lainnya berkomitmen menjadi lembaga yang melahirkan generasi-generasi berkarakter,” kata Ajay.

Ajay pun tak ingin, organisasi besar ini hanya sebatas menghasilkan pendidikan biasa. Ia berharap genarasi penerus bangsa sanggup menciptakan suatu hal baru, agar terus terbangun karakter dari diri sendiri.

(gat)

Bahan Penilaian Kwarcab Tergiat
1. Bidang organisasi
2. Bidang pendidikan
3. Pelatihan
4. Penelitian
5. Kepramukaan dan satuan kerja
6. Pengabdian kepada masyarakat dan hubungan masyarakat
7. Administrasi, keuangan, kerjasama dan usaha

Program Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Cimahi Tahun
2019
1. Siaga
2. Penggalang
3. Penegak/Pandega
4. Binawasa
5. Kesekretariatan
6. Satgas Pramuka Peduli (Unit SAR)
7. Satgas Protokoler Pramuka Kota Cimahi
8. Untuk program di tahun 2020 masih dalam tahap