BPJS Kesehatan Gencar Jaring Peserta

oleh -
bpjs
PEMAPARAN : Rani Mardiani saat memberikan pemaparan JKN di aula kantor Kecamatan Majalaya, Kamis (18/7/2019). ( Foto : DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, MAJALAYA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Kab Bandung sesuai agenda rutinya melakukan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat. Kali ini pihak BPJS  berusaha bersosialisasi secara umum menyeluruh tentang JKN di wilayah Kecamatan Majalaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut camat Majalaya beserta jajaran selaku pengundang peserta,para kepala Desa,  lembaga pemberdayaan masyarakat desa (lpmd) para kader ,tokoh agama serta tokoh masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan  di aula kantor kecamatan Majalaya.Kamis (18/7/2019).

Rani Mardiani selaku Kepala Bidang  Pengawasan  Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Kab Bandung, mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutinnya.

”Evaluasi serta identifikasi bagi peserta yang sudah menjadi peserta atau bagi yang belum. Serta lebih lanjut berharap bagi para peserta yang hadir sekarang dapat menjadi mediator  serta motivator terhadap masyarakat di setiap wilayah kecamatan yang ada,” jelasnya.

”Diharapkan peserta JKN dapat diikuti secara menyeluruh oleh rakyat indonesia tak terkecuali bagi orang asing yang ,namun telah tinggal di indonesia minimal  6 bulan,” terangnya.

Serta lebih lanjut dalam uraian sosialisasinya memaparkan, program JKN dilakukan serta dilaksanakan sebagai dasar hukum UUD No 40 th 2004,UUD No 24 th 2011.PP 86 th 2013, Perpres No 82 th 2018.dan Peraturan BPJS No 1 th 2015.

”Sosialisasi kelapangan secara rutin setiap satu bulan dua kali, disamping sosialisasi melalui alat peraga, seperti spanduk,barner,baligo maupun Bilboard dan sosialisasi melalui berbagai media baik elektronik maupn media cetak seperti kali ini pun pihak kami berusaha bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN maupun belum ,selain menjaring langsung aspirasi melalui interaktip yang menjadi bentuk evaluasi target serta meng identipikasi kendala yang ada dimasyarakat tentang program BPJS JKN ini,” sambungnya.

”Dari 31 kecamatan tim kami  turun bersosialisasi ke 12 kecamatan  dan kali ini baru ke tiga kali ,” ujar Rani.

Sementara dikatakan Camat Majalaya, Ika Nugraha, menyambut baik atas adanya sosialisasi ini bagi masyarakat yang ada di wilayah Majalaya.

”Berharap para peserta undangan yang sempat hadir sebagai perwakilan warga dari sebanyak 11 desa , dapat menindaklanjutinya mensosiialisasikan kepada masyarakat lainya. Sosialisasi yang dilaksanakan kali ini dapat ditindaklanjuti oleh para  tokoh masyarakat ,serta semoga program JKN  di kecamatan Majalaya dapat diikuti oleh masyarakat menjadi peserta program BPJS JKN ini,” pungkas Ika.

(den)