SMPN 1 Batujajar Juara ‘Steam Wide Game’ se-Jawa

oleh -
smpn
JUARA : SMPN 1 Batujajar berhasil menjadi juara ke-1 lomba STEAM WIDE GAME for Youth se-Jawa. ( IST )

RADARBANDUNG.id, BATUJAJAR- SMPN 1 Batujajar berhasil menjadi juara ke-1 lomba STEAM WIDE GAME for Youth se-Jawa, menyisihkan SMP IT Tunas Unggul Bandung pada peingkat 2, dan SMP Islam Cendekia Muda Kota Bandung sebagai peringkat 3, Dalam peringatan HUT SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science yang ke-10, di SEAMEO QITEP Jalan Diponegoro 12, Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/7/2019).

Keberhasilan tim Science Club SMPN 1 Batujajar ini mendapat apresiasi langsung dari kepala sekolah, Jaka Supriatna, yang menuturkan kegembiraannya pada saat menerima undangan pemberian penghargaan dari SEAMEO QITEP.

”Karena diajang lomba tersebut siswa-siswa mampu bersaing dan berprestasi dalam bidang sains di wilayah Jawa dan menambah harum atas kemajuan pendidikan di wilayah Kabupaten Bandung Barat,” ujar Jaka, Kamis (18/7/2019).

Menurut Jaka, prestasi tersebut adalah berkat daya juang dan bimbingan para guru kepada para siswa. ”Oleh karena itu, menjadi juara diajang lomba ilmu pengetahuan bergengsi di wilayah Jawa merupakan suatu kebanggaan besar untuk sekolah dalam eksistensinya sebagai sekolah yang berkualitas dan inovatif. Apresiasi yang tinggi diberikan kepada Kontingen SMPN 1 Batujajar yang menjadi juara, yaitu: Hafsyah Siti M, Nadhif Pradifta, Nadia Amna, dan Kayla Nurul,” tutur Jaka.

“Alhamdulillah, kami bangga dan bahagia karena siswa-siswa kami mampu bersaing dan berprestasi dalam bidang sains di wilayah Jawa. Tentunya ini berkat daya juang para siswa dan bimbingan para guru yang selalu berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar,” ungkap Jaka.

STEAM adalah sebuah metode yang belum lama dikenal dan diterapkan dalam pembelajaran. STEAM ini merupakan pembelajaran terapan dengan menggunakan pendekatan antar ilmu dengan berfokus pada Science (IPA), Technology (Teknologi), Engineering (mesin), Arts (Seni), dan Math (Matematika) yang dibarengi dengan pembelajaran aktif dan berbasis masalah.

Lomba STEAM WIDE merupakan lomba yang diikuti oleh beberapa orang siswa dalam bentuk tim dengan berbagai tantangan yang berhubungan dengan sains, teknologi, dan engineering, art (seni) dan matematika pada pos yang berbeda-beda. Setiap siswa harus menyelesaikan tantangan dalam waktu yang sangat terbatas namun tetap aktif dan menyenangkan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran science pada khususnya. Diharapkan dengan berkegiatan metode STEAM ini, konsep yang telah dipahami siswa dapat diaplikasikan dalam bentuk produk yang memadukan unsur art dan engineering.

Selanjutnya, setiap guru pembimbing dan siswa siswa yang berhasil menjadi pemenang di lomba HUT SEAQIS diundang untuk mendapatkan piala dan penghargaan yang diserahkan dalam acara puncak perayaan tanggal 12 Juli 2019 di SEAMEO QITEP in Science.

Sementara itu, Tuti Siti Fajar, guru pembimbing, merasa sangat bersyukur, bangga, dan bahagia bisa mengikuti, membimbing dan akhirnya menjadi juara diajang lomba ini.

Hal senada juga disampaikan Kayla, salah seorang juara, tentang rasa bangga dan bahagianya karena bisa berpartisipasi dalam ajang lomba tersebut, sehingga pengalamannya pun bertambah.

“Alhamdulillah, kami sangat senang dan bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang bisa melatih ketangkasan, solidaritas, dan kerjasama antar kelompok di ajang lomba STEAM WIDE ini. Semoga SEAQIS terus maju dan menjadi wadah terbaik untuk membentuk siswa-siswa menjadi lebih rajin dan bersemangat penuh dalam keingintahuannya dalam belajar di bidang science, Art, Math,Teknologi, dan Engineering sehingga menjadi generasi penerus yang hebat,kreatif dan inovatif,” pungkasnya.

(ymi)