Home Industri CV Sinar Rahayu Ludes

oleh -
si jago merah
BERJIBAKU : Para petugas pemadam kebakaran bersama warga berjibaku memadamkan api, Rabu (18/9/2019). Foto : ( DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, PASEH – Rumah dan gudang yang dipergunakan sebagai home industri pemintal benang  rhoto  CV Sinar Rahayu di Kp Sayang RT 03 RW 09 Desa Cipaku Kec Paseh Kab Bandung milik  Ny Enung (45th) ludes dilalap si jago merah, Rabu (18/9/2019) sekitar pukul 10,45 WIB.

Kobaran api begitu cepat melalap seisi gudang  yang terdapat beberapa mesin pemintal benang serta  puluhan ton benang. Begitupun api terus  membuat sebagian atap bangunan yang terbuat dari baja ringan ambruk.

Berdasarkan keterangan warga di tempat kejadian,api diduga pertama muncul akibat korsleting pada mesin pemintalan (konesan,red) dan langsung merembet ke tempat lain dimana ditempat tersebut dipenuhi bahan yang mudah terbakar (benang),” katanya

”Rumah dan gudang tersebut milik Enung,  dimana sàat kejadian Enung tengah berada di rumahnya yang ada di wilayah Solokanjeruk,” ujar warga tersebut

Dan ia pun menambahkan di rumah ini , yang ia tahu hanya ada anaknya yang bernama Atep beserta istri dan putranya. “Namun saat kejadian, Atep ,istri dan putranya beserta lima karyawanya selamat. Hanya sepertinya harta benda dan barang berupa benang habis terbakar,”terang warga tersebut.

Api terus melalap seisi gudang serta atap bangunan dan nyaris merembet ke rumah Suherman salah seorang warga  yang rumahnya berdekatan. Warga pun hanya dapat berusaha membantu mengeluarkan harta benda milik Suherman dan tak dapat berbuat banyak untuk memadamkan kobaran api, pasalnya sumber air yang berada di pemukiman cukup jauh.

Kabakaran tersebut tak lepas mendapatkan pengamanan dari para petugas seperti Pol PP,jajaran angota kepolisian serta TNI dari Koramil Paseh.

Setelah datangnya unit damkar ,amukan api dengan cepat diantisipasi. Bahkan, CV Sandang Indah Lestari memberikan pasokan air terhadap kebutuhan unit damkar untuk memadamkan api. Setelah 2,5 jam kemudian api sudah mulai dapat dipadamkan.

Dikatakan Sri selaku petugas Pusdalop Damkar Kab Bandung unit damkar yang turun untuk antisipasi keadaan dari unit Majalaya,Ciparay.,Cicalengka,Cileunyi. ”Dan dibantu dua unit damkar dari Taman Kopo Indah (TKI),” terang Sri

Sementara diterangkan akhmad selaku DanOp  Damkar Cicalengka, api dapat diantisipasi hinga tak mendapat kendala,apalagi dengan adanya bantuan dari CV Sandang Indah Lestari, dalam hal ini terhadap H Asgun yang telah membantu.

”Beliau telah memberikan kebutuhan pasokan air dalam upaya kami dalam pemadaman musibah kebakaran tersebut,” kata Akhmad.

“Andai tidak ada bantuan dari CV Sandang Indah Lestari (H.Asgun) mungkin upaya pemadaman tersebut dapat memakan waktu cukup lama,pasalnya mata air yang ada cukup jauh keberadaanya  ,dan yang paling kami khawatirkan api cepat merebet ke bagunan lainya yang berdekatan,” ujar Akhmad.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa dan korban mengalami kerugian materil yaitu  mesin ITY sebanyak dua  buah dan benang sebanyak 20 ton berbagai jenis dengan nominal belum dapat diperkirakan.  

(den)