Perbaikan Jembatan, Mencegah Penyebab Banjir

oleh -
perbaikan jembatan
PERBAIKAN : Perbaikan jembatan simpang munjul, Jalan Siliwangi, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2019). Foto : ( NENG AZIZAH NURFADHILLAH / FOTO JOB 5 )

RADARBANDUNG.id, BALEENDAH – Jempatan Simpang Munjul Jl. Siliwangi Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung tengah dilakukan perbaikan secara total, Rabu (18/9/2019). Pasalnya, jembatan yang menghubungkan Bojongsoang dan Ciparay ini sudah tidak layak dilewati kendaraan.

Menurut Konsultan Supervisi, Dadang Mediana, efek konstruksi yang sudah lama dan cuaca ekstrem menyebabkan retak parah pada jembatan.

Dadang pun menambahkan jembatan ini pernah mengalami retak dan hanya dilakukan perbaikan secara ringan dengan menambal bagian bawah.

“Akibat penambalan bagian bawah, lubang selokan menyempit hanya tersisa 50 sentimeter saja sehingga saat musim penghujan jembatan ini sering terkena banjir karena tidak  bisa menampung debit air dengan banyak,” ucapnya.

Dadang menambahkan, lebar selokan di bawah jembatan akan diperluas hingga 9 meter yang akan meminimalisir banjir pada musim pehujan. ”Perbaikan ini diperkirakan rampung pada Desember akhir tahun ini,” pungkasnya.

Akibat perbaikan ini, arus lalu lintas dari arah Bojongsoang maupun dari arah Ciparay menggunakan sistem buka tutup. Pasalnya, jembatan hanya bisa dilalui satu arah.

(Muhammad Adli Wafi/job)