Kementan Kokohkan Temanggung Sebagai Pusat Benih Bawang Putih Nasional

oleh -

Panen Raya Bawang Putih 3.300 Hektar

RADARBANDUNG.id – Kawasan bawang putih seluas 3.300 hektar di Kabupaten Temanggung saat ini memasuki panen raya. Sebagai cikal bakal pencanangan program swasembada sekaligus sentra produksi bawang putih terbesar di Indonesia, Temanggung digadang menjad pusat benih bermutu nasional. Tahun depan Temanggung mentargetkan tanam hingga 10 ribu hektar.

Tak main-main, gudang-gudang benih berkapasitas besar kini mulai disiapkan untuk mendukung pencapaian swasembada yang ditargetkan pemerintah.

Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian, Suwandi, yang hadir pada saat panen raya Bawang Putih di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung Temanggung, Kamis (28/3) terlihat sumringah menyaksikan hamparan bawang putih yang sangat luas sejauh mata memandang.

“Setahun lalu, saya datang ke Temanggung cek lokasi bawang putih tidak seluas sekarang. Ini menandakan bahwa program pemerintah dan wajib tanam importir sukses membangkitkan semangat petani di Temanggung setelah sekian lama tidak tanam bawang putih. Ini momentum kebangkitan kembali bawang putih nasional,” ujarnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Bupati Temanggung, Perwakilan Kemenko Perekonomian, DPD RI, HKTI Pusat dan BPTP Jawa Tengah dan ratusan petani tersebut Suwandi kembali menegaskan komitmennya di tahun 2019 sudah mampu swasembada benih bawang putih.