10 Perwakilan Geopark Jabar akan Ikut Pelatihan Manajemen di Malaysia

oleh -

RADARBANDUNG.id, SUKABUMI –¬†Sedikitnya 10 perwakilan geopark di Jawa Barat akan dikirim Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Soft Cost APJN Langmawi, Malaysia bulan Oktober 2019 mendatang. Kenapa ke Langkawi, karena Geopark Langkawi baru satu satunya di dunia yang menyelenggarakan pelatihan manajemen dan pengelolaan geopark di dunia secara kontinue.

“Seluruh pemilik geopark di dunia mengirimkan sumber daya manusianya ke Langkawi untuk mendapat pelatihan manajemen pengelolaan geopark,” ungkap Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Agus Hanafiah pada wartawan disela-sela workshop dan diskusi peningkatan kapasitas pengelolaan geopark di Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Sukabumi, Senin (8/4/2019).

Dikatakannya, untuk mendapat 10 SDM geopark di Jabar ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar menggelar workshop Kapasitas Pengelolaan Geopark di Jabar selama empat hari di Kabupaten Sukabumi yang diikuti 50 peserta dari lima kabupaten yang memiliki geopark, yakni Kabupaten Sukabumi, Bogor, Bandung Barat, Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran.

“Kelima puluh peserta ini akan mendapat pembinaan dari para pakar mengenai manajemen pengelolaan geopark dan sebagainya. Selain itu, mereka pun akan terjun ke lapangan untuk melakukan observasi,” tandasnya.

Agus menyebutkan, pembinaan kapasitas SDM pengelolaan geopark di Jabar ini merupakan yang pertama di Indonesia. Diharapkan pembinaan kalasita SDM ini bisa dikembangkan ke seluruh Indonesia.

“Di Indonesia banyak memiliki geopark, kita Jawa Barat ingin memberikan pembinaan kapasita SDM geopark. Mudah-mudahan Jawa Barat bisa menjadi tuan rumah pembinaan kalasitas SDM geopark di Indonesia,” ujarnya.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Biro Perekonomian Pemprov Jabar, Rahmat Taufik yang menyebutkan pentingnya jejaring antar lima geopark di Jabar. Menurutbya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang sudah menjadi Unwsco Global Geopark (UGG) bisa menelurkan pengalamannya ke emoat geopark lainnya, seperti Geopark Pongkor Kabupaten Bogor yang sudah menjadi geopark nasional, geopark Galunggung seribu bukit Kabupaten Tasikmalaya, Geopark Pangandaran Kab. Pangandaran dan Geopark Karst Citatah, Kabupaten Pangandaran.

Sejumlah pembicara dihadirkan dalam workshop tersebut seperti Zaenal Effendi Direktur IPB Bogor, Dewi K Soedarsono dari Universitas Telkom Bandung, dan lainnya.

(ymi)