Keuangan Garuda Mulai Digarap Mahata

oleh -
DOK

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Mahata Aero Teknologi kini terseret ke dalam pusaran polemik laporan keuangan PT Garuda Indonesia (Persero), hal tersebut dilihat dari diambil alihnya beberapa investasi pengeluaran Garuda terhadap infrastuktur di pesawat, provider koneksi internet dan membeli layanan konten tayangan.

Direktur Mahata Aero Teknologi, Thomas Widodo mengklain bahwa penggarapan investasi oleh Mahata mampu memberikan pendapatan baru bagi Garuda.

“Memang akan ada yang berubah tatanannya, tapi semua ini kan tergantung dari sudut pandangnya akan sesuatu yang baru,” ujar Thomas dalam berita yang diterima Radar Bandung, Rabu(8/5/2019).

Meskipun, lanjut Thomas, Mahata harus menerima konsekuensi utang USS239 juta kepada Garuda dalam periode 15 tahun kedepan. Karena dalam hitung-hitungan konservatif Mahata, model bisnis ini dalam 15 tahun ke depan akan menghasilkan pendapatan tidak kurang dari USS1,5 miliar.

“Dari perhitungan konservatif, kami sebetulnya cukup pede dengan angka yang di Laporan Keuangan Garuda (2018), dengan konsep-konsep yang sudah kita perhitungkan, tentu saja. Secara pembukuan accounting juga sudah diperkenankan,” bebernya.

Kini Mahata juga sudah bekerja sama dengan perusahaan penyedia konektivitas internet berbasis satelit, Inmarsat. Sedangkan untuk pemasangan infrastruktur dan pengoperasian integrated digital system di pesawat, Mahata menggandeng Lufthansa Technology dan Lufthansa System.

Di tahun pertama beridirinya, 2017, Mahata telah menargetkan pemasangan system di 10 pesawat Citilink. Sementara untuk seluruh pesawat Garuda, Citilink, dan Sriwijaya, secara teknis akan rampung pada tahun 2020.

Namun hal itu disesuaikan dengan service buletin yang dikeluarkan oleh pabrikan pesawat (Boeing dan Airbus). Langkah itu dilakukan supaya tidak mengganggu jadwal penerbangan tiap pesawat di Garuda Group.

“Pemasangan infrastruktur koneksi internet dan penunjangnya di pesawat akan dilakukan saat pesawat menjalani maintenance. Dengan demikian, kita akan disiplin dalam waktu pemasangan yang sudah di targetkan,” pungkasnya.

Editor: Nida Khairiyyah