GOJEK Dorong Mitra Miliki Penghasilan Berkelanjutan

oleh -
Riset LD FEB UI tahun 2018: mitra driver GOJEK mengalami peningkatan penghasilan hingga 45% dan 93% mitra UMKM GO-FOOD mengalami kenaikan volume transaksi setelah bergabung dan memanfaatkan aplikasi GO-BIZ.

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG-Sebagai perusahaan super-app terdepan di Indonesia, GOJEK berkomitmen untuk turut mensejahterakan para pelaku ekonomi mikro dan pekerja sektor informal yang tergabung dalam
ekosistemnya, termasuk mitra driver dan merchant.

Di bulan Ramadhan ini, komitmen tersebut terus didorong melalui ragam inovasi dan inisiatif GOJEK yang fokus untuk membangun fondasi kesejahteraan mitra secara berkelanjutan untuk menghadirkan dampak sosial yang menyeluruh.

Sejumlah inisiatif di GO￾FOOD Festival juga dilakukan agar konsumen dapat merasakan mudahnya #CariKebaikan di bulan suci Ramadhan.

Head of Regional Corporate Affairs West Java and Banten GOJEK Wildan Kesuma menjelaskan bahwa dalam
menjalankan strategi demi kesejahteraan mitra perlu didukung secara menyeluruh, dilihat dari tiga sisi, pendapatan yang berkesinambungan, pengelolaan keuangan yang baik dan pengembangan skill dan pengetahuan.

“Untuk mencapai ketiga hal tersebut, kami selalu memastikan agar inovasi yang dihadirkan mendukung unggulnya kualitas layanan GOJEK. Tidak berhenti sampai disitu, kami juga menginisiasi Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan mengembangkan program GOJEK SWADAYA,” ujar Wildan.

Inisiatif BBM dihadirkan secara rutin tiap bulan untuk mitra driver di Kota Bandung agar menjadi sumber daya
yang unggul dan berkualitas, sehingga dapat menghadirkan layanan andal bagi konsumen.

Ada dua jenis pelatihan pengembangan keterampilan di BBM yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra, yaitu Pengembangan Layanan Prima dan Pengembangan Kemampuan Diri.

Di Pengembangan Layanan Prima, pelatihan diberikan agar kualitas pelayanan mitra terus meningkat seperti
Pelatihan Bahasa Inggris, P3K, dan Anti Kekerasan Seksual yang baru-baru ini diselenggarakan.

Sedangkan di Pengembangan Kemampuan Diri, GOJEK membekali mitra Pelatihan Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan agar mitra memiliki pemasukan tambahan sekaligus mampu mengelola keuangan.

“Sebagai satu-satunya pelatihan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, ilmu yang mitra
dapatkan dari BBM tidak hanya dapat meningkatkan taraf hidup, tetapi juga mengangkat kesejahteraan
keluarga. Inilah yang menjadikan mitra kami berbeda. Tentu saja, konsumen juga diuntungkan dengan
peningkatan kualitas layanan mitra. Begitu pun perekonomian lokal karena sifatnya BBM Pengembangan Kemampuan Diri itu untuk mendorong semangat berwirausaha,” tambah Wildan.

Saat ini BBM telah menjangkau lebih dari 1.000 mitra driver dan akan hadir di seluruh Indonesia secara bertahap.
Selain BBM, GOJEK juga menghadirkan program GOJEK SWADAYA. Melalui program ini, mitra mendapatkan
akses ke ragam layanan finansial yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing dengan keuntungan
sehingga semakin mampu mengelola keuangan dengan baik.