Sosialisasi Pembiayaan Wirausaha Pemula

oleh -
Foto: Nida Khairiyyah/Radar Bandung

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan menegaskan bahwa pihaknya akan terus menggelorakan sosialisasi terkait pembiayaan bagi wirausaha pemula di seluruh Indonesia.

“Kita banyak memiliki program bagus khususnya terkait skema pembiayaan bagi UMKM dan wirausaha pemula. Sayangnya, program strategis tersebut belum tersosialisasi dengan baik ke publik”, ucap Prof Rully saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) bertema ‘Wirausaha Pemula vs Pembiayaan’, hasil kerjasama Kemenkop dan UKM di Kota Bandung, Jumat (24/5).

Untuk itu, Prof Rully mengajak seluruh komponen termasuk Gerakan Koperasi untuk intens mensosialisasikan adanya skim pembiayaan bagi UMKM dan wirausaha pemula.

“Tujuannya, agar pelaku UMKM dan wirausaha pemula dapat mengetahui sumber-sumber pembiayaan bagi pengembangan usahanya”, tandas Prof Rully.

Dengan derasnya sosialisasi pembiayaan, Prof Rully meyakini pelaku KUMKM menjadi kuat untuk bersaing.

“Ini juga menjadi bagian dari penguatan ekonomi rakyat. Tak salah juga bila Jabar menjadi Pilot Project karena Jabar merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia”, ujar Prof Rully.

Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati menambahkan, pemberdayaan UMKM tidak bisa dilakukan secara One Man Show, dimana ada 23 kementerian dan lembaga di bawah koordinasi Menko Perekonomian yang melakukan program tersebut.

“Kita juga sudah bersinergi dengan kalangan akademisi, dimana sudah ada MoU dengan 59 perguruan tinggi di Indonesia”, kata Yuana.