APPBI Lakukan Beberapa Inovasi di Dalam Pelayanan Kepada Konsumen

oleh -

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Perubahan zaman di era digital membuat Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) melakukan beberapa inovasi.

Ditemui Radar Bandung, Ketua Umum APPBI, A Stefanus Ridwan mengatakan adanya pembenahan konsep, pelayanan omni channel, serta pemanfaatan big data dan platform media sosial menjadi sorotan saat ini.

“Seiring berkembangnya teknologi maka pusat perbelanjaan pun akan berubah. Contohnya, pusat perbelanjaan yang masih konservatif telah ditinggalkan para pengunjungnya,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Ia melihat, yang mampu bertahan adalah pusat perbelanjaan yang aktif mengembangkan layanan omni channel dan mengarah ke digital. Omni channel adalah model bisnis yang memanfaatkan berbagai channel sekaligus baik online maupun offline.

Stefanus mengatakan, pengelola pusat perbelanjaan juga harus mampu memanfatkan big data yang tersedia. Hal itu diperlukan agar dapat membaca dan memahami keinginan dari pelanggan.

“Harus memiliki database, bagaimana perilaku konsumen, apa yang disukai, kapan akan berbelanja. Saat memiliki uang, utamanya akan berbelanja apa, apakah tren belanja berubah. Ini penting, untuk memahami pelanggan,” bebernya.

Ia optimistis pusat perbelanjaan di Indonesia performanya akan tetap positif. Meskipun, ancaman resesi ekonomi yang dikhawatirkan terjadi.

“Tidak akan terlalu berdampak kalau pengelolan mampu mengolah peluang yang ada dengan memahami perilaku dari konsumennya,” imbuhnya.

Salah satunya, pengelola memberikan diskon untuk menarik customer. “Atau dengan dengan menyediakan experience yang bagus untuk menarik konsumen,” pungkasnya.

(nida khairiyyah)