Bandung Tuan Rumah Forum Zakat Sedunia 2019

oleh -
Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin saat memberikan sambutan di World Zakat Forum 2019 di Crown Plaza Hotel Bandung, Selasa (5/11/2019). (nida khairiyyah/radar bandung)

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Pertemuan 300 perserta konferensi dari 28 negara‎ yang tergabung didalam World Zakat Forum International Conference, dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin‎.

Dalam sambutanya, Ma’aruf menyampaikan, pertemuan tahunan forum zakat sedunia merupakan hal yang penting untuk bisa saling tukar pengalaman dan solusi dari‎ permasalahan yang dihadapi.

“Kami bangga bisa menjadi tuan rumah dari ‎konferensi yang sangat penting ini, pengelolaan zakat yang optimal selama ini mampu menjadi variabel penutup terjadinya ketimpangan ekonomi di masyarakat,” ujar Ma’aruf dalam sambutannya, di Crown Plaza Hotel Bandung, Selasa (5/11/2019).

Ia menyebut, potensi zakat yang bisa dikelola di Indonesia sangat besar yakni Rp230 triliun. Dari jumlah tersebut baru 3,5 persen atau Rp8 miliar yang bisa dikelola saat ini.

“Pertumbuhannya memang sangat baik, tapi perlu untuk dilakukan terobosan karena masih sangat jauh dari potensi zakat yang ada,” tegasnya.

Ia melihat, tata kelola pengumpulan, pengelolaan dan penyaluran zakat yang dilakukan badan amil zakat (BAZ) dan lembaga amil zakat (LAZ) sudah cukup baik. Namun, tata kelola managemen dalam peningkatan kapasitas‎ serta sistem monitoring dan evaluasi yang baik harus terus dilakukan.

“BAZ‎ dan LAZ juga perlu terus melakukan inovasi dari sisi penyaluran zakat, agar tidak hanya sekedar diterima tapi juga mendorong peningkatan produktivitas dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi pengurangan kemiskinan serta peningkatan kesejahteraan,” pungkasnya.

 

(nda)