RadarBandung.id https://www.radarbandung.id Berita Terkini Hari Ini Terbaru dan Terpercaya Wed, 20 Nov 2019 04:40:11 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.7 https://www.radarbandung.id/wp-content/uploads/2018/12/cropped-radar-bandung-01-1-46x46.png RadarBandung.id https://www.radarbandung.id 32 32 Gojek Gelar Program Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Bandung https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/19/gojek-gelar-program-bengkel-belajar-mitra-bbm-di-bandung/ https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/19/gojek-gelar-program-bengkel-belajar-mitra-bbm-di-bandung/#respond Tue, 19 Nov 2019 14:00:47 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9588 RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Gojek hari ini menggelar program Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Bandung khusus

The post Gojek Gelar Program Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Bandung appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Gojek hari ini menggelar program Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Bandung khusus untuk pengembangan keterampilan mitra driver dalam menjaga lingkungan. Pelatihan merupakan lanjutan dari inisiatif #GoGreener di tingkat nasional yang diluncurkan pada Agustus lalu, di mana inisiatif ini merupakan langkah Gojek dalam menjaga, merawat, dan memelihara lingkungan.

Dalam pelatihan BBM ini, Gojek menggandeng WWF Indonesia, memberikan pelatihan bagi lebih dari 150 mitra driver GoFood di Bandung mengenai upaya sadar lingkungan dan memperkenalkan solusi untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai, yaitu dengan tas pengantaran khusus GoFood. Selain itu, mitra driver juga memperoleh pembekalan seputar upaya penyelamatan lingkungan.

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita menjelaskan, “Sebagai layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, GoFood selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, mitra driver memegang peranan penting di ekosistem Gojek. Melalui program BBM ini, kami memfasilitasi mitra driver dengan pelatihan sadar lingkungan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.”,

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah memperkenalkan tas pengantaran yang dirancang khusus demi kenyamanan dan menjaga keadaan pesanan dalam keadaan prima dari merchant sampai ke konsumen, dan yang terpenting tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai,” ujar Nila.

Di tahap awal ini, GoFood mendistribusikan lebih dari 150 tas pengantaran di Kota Bandung. Tas pengantaran ini memiliki banyak keistimewaan, diantaranya kompartemen yang lebih luas dan kualitas tinggi untuk menyimpan dan mengantar makanan, baik panas maupun dingin, lalu tahan cipratan air dan dapat dilipat sehingga tetap fleksibel saat mitra driver mengantar penumpang.

“Selain menjadi upaya untuk menjaga lingkungan, inisiatif ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan mitra driver dalam menjalankan order GoFood yang diharapkan akan memperkuat kualitas layanan, sehingga mereka makin dicintai oleh pelanggan,” kata Nila di sela-sela sesi pelatihan BBM hari ini.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sendiri terus mempertegas komitmennya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik hingga 100% di tahun 2025. Komitmen tersebut ditunjukan dengan dikeluarkannya Peraturan Walikota (Perwal) Bandung Nomor 37 tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda No 17 Tahun 2012 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Dr. Kamalia Purbani, M.T. mengatakan “Pengurangan penggunaan kantong plastik merupakan salah satu program yang sejalan dengan Kang Pisman melalui pengurangan sampah di hulu sebelum menjadi sampah sebagai bentuk upaya preventif, sehingga jumlah timbulan sampah plastik dapat dikurangi. Kami mengapresiasi Gojek sebagai layanan pesan-antar makanan pertama yang memfasilitasi mitra driver-nya agar dapat mengambil peran aktif untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai ketika memenuhi kebutuhan kuliner masyarakat kota Bandung.”

Gojek dan Pemkot Bandung sebelumnya juga telah menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding/ MoU) guna mendukung keberhasilan Program Bandung Smart City. Implementasi Bandung Smart City antara lain mengurangi penggunaan plastik, di mana Gojek membagikan 10.000 tote bag kepada mitra driver sehingga mereka bisa secara langsung mengurangi penggunaan kantong plastik dalam mengantar pesanan makanan.

The post Gojek Gelar Program Bengkel Belajar Mitra (BBM) di Bandung appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/19/gojek-gelar-program-bengkel-belajar-mitra-bbm-di-bandung/feed/ 0
Pocari Sweat Gelar Seminar Kesehatan bagi Dokter Umum https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/19/pocari-sweat-gelar-seminar-kesehatan-bagi-dokter-umum/ https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/19/pocari-sweat-gelar-seminar-kesehatan-bagi-dokter-umum/#respond Tue, 19 Nov 2019 06:04:19 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9581 RADARBANDUNG.id, BANDUNG– Sebagai bentuk kepedulian atas masih banyaknya kasus kesehatan yang diakibatkan oleh penyakit Demam

The post Pocari Sweat Gelar Seminar Kesehatan bagi Dokter Umum appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, BANDUNG– Sebagai bentuk kepedulian atas masih banyaknya kasus kesehatan yang diakibatkan oleh penyakit Demam Berdarah, Pocari Sweat menggelar sebuah seminar kesehatan bagi dokter umum di wilayah provinsi Jawa Barat, dengan tema “Warning Signs & Fluid Management for Dengue Infection”. Seminar diselenggarakan di Auditorium RS Santosa Kopo, Bandung.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, selama Januari – Oktober 2019 ada 110.921 kasus DBD, angka ini meningkat drastis dari tahun 2018 dengan angka 65.602 kasus. Kasus tertinggi pasien DBD ditemukan ada di Jawa Barat dengan total 19.240 kasus. Setelah Jawa Barat, ada Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta di posisi selanjutnya.

Pocari Sweat bekerjasama dengan Santosa Hospital Kopo Bandung serta didukung oleh Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Jawa Barat turut membantu mengatasi masalah tersebut dengan mengadakan seminar untuk menekan jumlah penderita demam berdarah.

Pembicara dalam seminar ini adalah dr Bagus Anindito, Sp.PD dengan materi “Warning Signs & Fluid Management for Dengue Infection” serta materi tambahan mengenai “Personal Branding for Doctor” oleh dr Deta Tanuwidjaja,SpKFR.

Pocari Sweat sudah sejak lama peduli dengan demam berdarah. Seperti diketahui, penderita demam berdarah butuh ION untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan untuk membantu proses pematangan trombosit (platelet) yang bertugas menghentikan pendarahan. Melalui seminar ini diharapkan agar mendapatkan update materi tentang diagnosa dan manajemen cairan infeksi demam berdarah.

“Medical Discussion dilakukan agar rekan sejawat (dokter:red) tetap waspada dan mengetahui update dari penyakit ini, sehingga pasien dapat segera tertangani dengan cepat dan tepat, khususnya tentang pentingnya cairan elektrolit bagi penderita demam berdarah,” ujar dr Bagus Anindito SpPD, yang merupakan dokter penyakit dalam di RSU Pindad.

“PT Amerta Indah Otsuka selaku produsen Pocari Sweat senantiasa berusaha untuk memberikan kontribusi bagi kesehatan masyarakat menjadi lebih baik lagi. Hal ini sesuai dengan filosofi perusahaan ‘Otsuka-people creating new products for better health worldwide,” terang Ricky Suhendar, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat.(ymi)

The post Pocari Sweat Gelar Seminar Kesehatan bagi Dokter Umum appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/19/pocari-sweat-gelar-seminar-kesehatan-bagi-dokter-umum/feed/ 0
Singgung Nabi Muhammad dan Bung Karno, PPP: Sukmawati Lukai Perasaan Umat Islam https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/19/singgung-nabi-muhammad-dan-bung-karno-ppp-sukmawati-lukai-perasaan-umat-islam/ https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/19/singgung-nabi-muhammad-dan-bung-karno-ppp-sukmawati-lukai-perasaan-umat-islam/#respond Tue, 19 Nov 2019 06:00:53 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9578 RADARBANDUNG.id, JAKARTA-Sukmawati Soekarnoputri kembali membuat kontroversi. Hal itu karena membandingkan Nabi Muhammad dengan Presiden Indonesia

The post Singgung Nabi Muhammad dan Bung Karno, PPP: Sukmawati Lukai Perasaan Umat Islam appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, JAKARTA-Sukmawati Soekarnoputri kembali membuat kontroversi. Hal itu karena membandingkan Nabi Muhammad dengan Presiden Indonesia pertama Soekarno.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad ‎Baidowi mengatakan, pernyataan Sukmawati yang membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Soekarno bisa melukai perasaan umat Islam.

Menurut Awiek -sapaan akrab Baidowi- tidak sepatutnya Sukmawati menyampaikan hal tersebut. Selain tempat dan waktunya tidak pas. Hal ini juga berpotensi mengganggu kerukunan umat beragama.

“Selain melukai perasaan umat, Ii?ni juga berpotensi menggangu stabilitas sosial yangg baru saja pulih akibat Pilpres 2019,” katanya.

‎Oleh sebab itu, untuk menyejukkan keadaan, sebaiknya Sukmawati segera memberikan keterangan ke publik. Khususnya meminta maaf kepada umat Islam yang kecewa dengan pernyataan Sukmawati tersebut.

“Jadi menjelaskan secara jernih, dan meminta maaf kepada umat Islam,” urainya.

Lebih lanjut, Awiek melanjutkan, aparat kepolisian agar bersikap profesional dan profesional menangani persoalan ini. Sehingga nantinya tidak menimbulkan polemik yang baru di tengah masyarakat.

Seperti diketahui, putri Soekarno tersebut dilaporkan oleh Koordinator Bela Islam (Korlabi) karena dianggap menistakan agama dalam sebuah forum yang videonya beredar di media sosial.

Dalam video itu, Sukmawati tampak bertanya kepada para penonton soal Pancasila dan Alquran serta pertanyaan membandingkan Soekarno dan Nabi Muhammad SAW.

“Mana yang lebih bagus Pancasila sama Alquran? Gitu kan. Sekarang saya mau tanya ini semua, yang berjuang di abad 20 itu nabi yang mulia Muhammad, apa Insinyur Sukarno untuk kemerdekaan? Saya minta jawaban, silakan siapa yang mau menjawab berdiri, jawab pertanyaan Ibu ini. Terima kasih silahkan duduk,” ucap Sukmawati dalam video itu.

Adapun, laporan Korlabi tersebut pun tertuang dalam nomor LP/7393/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimum tanggal 15 November 2019. Adapun pasal yang disangkakan dengan Pasal 156A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP. (JPG)

The post Singgung Nabi Muhammad dan Bung Karno, PPP: Sukmawati Lukai Perasaan Umat Islam appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/19/singgung-nabi-muhammad-dan-bung-karno-ppp-sukmawati-lukai-perasaan-umat-islam/feed/ 0
Innalillahi… Ambulans Tabrak Empat Motor, Sembilan Terluka https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/19/innalillahi-ambulans-tabrak-empat-motor-sembilan-terluka/ https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/19/innalillahi-ambulans-tabrak-empat-motor-sembilan-terluka/#respond Tue, 19 Nov 2019 05:47:37 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9575 RADARBANDUNG.id, JEMBER– Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Senin (18/11)

The post Innalillahi… Ambulans Tabrak Empat Motor, Sembilan Terluka appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, JEMBER– Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Senin (18/11) sekitar pukul 17.00. Peristiwa itu melibatkan ambulans yang mengangkut pasien dengan empat kendaraan bermotor.

Akibat kejadian tersebut, sekitar sembilan orang terluka hingga harus mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung. Informasi di lapangan, ambulans berpelat nomor P 8036 SP yang disopiri Raup, 50, itu melaju dengan kecepatan tinggi dari arah barat.

Ambulans yang mengangkut seorang pasien demam berdarah dengue (DBD) dari Puskesmas Tanggul tersebut hendak dirujuk ke RSD dr Soebandi Jember. Selain seorang pasien, ambulans itu membawa tiga orang lainnya, termasuk perawat pendamping.

Menurut sejumlah saksi, ambulans tersebut sudah menyalakan sirene karena membawa pasien yang butuh penanganan segera. Tiba di lokasi kejadian, muncul empat sepeda motor yang saat itu berjalan beriringan dari arah berlawanan.

Selanjutnya, ambulans menyalip kendaraan lain yang melaju searah di depannya. Melihat ada ambulans, dua motor melaju ke kiri hingga terjadi senggolan. Akibat jarak yang sudah dekat, sopir ambulans tak bisa mengendalikan keadaan hingga menabrak empat motor tersebut.

Ambulans itu baru berhenti setelah menabrak motor dan pohon di kanan jalan. Warga yang melihat kemudian menolong korban dan membawanya ke klinik terdekat. Sementara itu, beberapa korban lainnya yang mengalami patah tulang dilarikan ke RSD Balung.

Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael membenarkan kejadian itu. Menurut dia, ada dua motor warga yang mengawal ambulans sebelum kejadian. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah ada keterlibatan dua motor pengawal ambulans dalam kecelakaan itu. ”Kami masih minta keterangan saksi-saksi,” ujarnya.

Saat berita ini diturunkan, tercatat ada sembilan orang yang terluka. Dua orang dirawat di sebuah klinik, dan tujuh orang lainnya dirawat di RSD Balung. Kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah diamankan polisi. ”Kami masih mengumpulkan keterangan saksi yang tahu betul kejadian itu,” ujar Edwin.

Akibat tabrakan tersebut, mobil ambulans juga mengalami ringsek dan pecah kaca di bagian depan. Karena selain menabrak empat motor, kendaraan pengangkut pasien itu membentur pohon. ”Ketujuh korban yang dilarikan ke RSD Balung masing-masing adalah Muhammad Syahroni, warga Desa Gambirono, Bangsalsari. Juga tercatat ada nama Atim, Ngatik, Halimah, Arwiyah, Mukminah, dan Siti Aminah,” pungkas Edwin.

Mustamir, petugas medis dari Puskesmas Tanggul yang berada di dalam ambulans saat peristiwa itu terjadi, mengatakan, ketika ambulans melaju dari arah barat dengan membawa pasien, tiba-tiba ada iring-iringan pengendara motor dari arah berlawanan. Saat itu, dia melihat sebuah motor yang dikendarai ibu-ibu terlihat bingung akan menepi. ”Tetapi, pengendara ini menyerempet temannya yang ada di depannya. Akhirnya, dari empat pengendara itu terjatuh ke arah kanan dan tertabrak ambulans,” ujarnya.(jp)

The post Innalillahi… Ambulans Tabrak Empat Motor, Sembilan Terluka appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/19/innalillahi-ambulans-tabrak-empat-motor-sembilan-terluka/feed/ 0
Si Jago Merah Lalap PT. SMM Padalarang, Bandung Barat https://www.radarbandung.id/bandung-raya/bandung-barat/2019/11/18/si-jago-merah-lalap-pt-smm-padalarang-bandung-barat/ https://www.radarbandung.id/bandung-raya/bandung-barat/2019/11/18/si-jago-merah-lalap-pt-smm-padalarang-bandung-barat/#respond Mon, 18 Nov 2019 16:00:37 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9569 RADARBANDUNG.id, PADALARANG – Kebakaran hebat terjadi di PT Sarana Makin Mulya (SMM) yang berada di

The post Si Jago Merah Lalap PT. SMM Padalarang, Bandung Barat appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, PADALARANG – Kebakaran hebat terjadi di PT Sarana Makin Mulya (SMM) yang berada di Jalan Raya Cimareme, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Senin (18/11/2019) malam.

Kebakaran yang sempat menimbulkan suara ledakan besar itu tiba-tiba muncul dan kebakaran membesar dari ruang produksi itu, sempat menimbulkan kepanikan dari karyawan yang kemudian berusaha menyelamatkan diri keluar gedung.

Kabid Pemadam Kebakaran pada Dinas Satpol PP dan Damkar KBB, Nanan Sunandar mengatakan, kebakaran yang terjadi cukup besar. Api yang berasal dari mesin produksi dengan cepat menjalar dikarenakan banyak barang-barang yang mudah terbakar di lokasi kejadian. “Kebakarannya besar, api muncul dari ruang mesin produksi,” ucapnya saat ditemui, Senin (18/11/2019) malam.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 20.30 WIB api masih membumbung tinggi di dalam pabrik dan menyebabkan arus lalu lintas terhambat karena lokasi pabrik tersebut tepat berada di jalan raya. Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bandung Barat dan dari Kota Cimahi diturunkan untuk memadamkan kobaran api dengan pintu gerbang pabrik dilakukan buka tutup oleh satpam pabrik.

Sejumlah warga pun tampak berkerumun di luar pabrik untuk menyaksikan adanyanya kebakaran tersebut. Tetapi sejumlah awak media yang akan meliput dilarang untuk masuk ke dalam pabrik. Para awak media hanya bisa memantau dari luar pabrik, sehingga untuk sementara belum bisa mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Hingga berita ini dibuat sekitar pukul 21.30 WIB, kobaran api di dalam pabrik masih belum bisa dipadamkan karena diduga banyak bahan-bahan yang mudah terbakar. Dari video yang beredar di grup media sosial tampak petugas kebakaran cukup kesulitan untuk memadamkan api. Ini dikarenakan sumber api berasal dari pipa yang berada di bagian atas langit-langit ruangan.

Salah seorang karyawan Azis (26) mengatakan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. Api diduga bermula dari mesin bioler yang merembet ke gudang pewarnaan yang berisi kain.

Menurut karyawan PT SMM, Ray (30) api yang berasal dari mesin boiler merambat ke tumpukan kain di ruangan finishing atau pewarnaan kain melalui jalur oli. “Makanya ini susah padam karena jalur oli,” sebutnya.

Ray mengatakan, atas kejadian tersebut, seorang karyawan mengalami luka bakar di bagian lengan sebelah kanan. Saat ini korban berhasil dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sementara itu, sejumlah awak media tertahan di depan gerbang pabrik. Security PT SMM melarang wartawan untuk meliput kejadian itu. “Belum ada koordinasi dari pimpinan. Saya tidak bisa membukakan pintu,” ucap security dari dalam gerbang.

Sementara Kapolsek Padalarang, Kompol Supriyati menyebutkan, dugaan sementara api berasal dari mesin boiler yang meledak. Saat ini lima unit mobil pemadam kebakaran dari KBB dan Cimahi masih berusaha memadamkan api.

“Proses pemadaman masih dilakukan, untuk dugaan sementara api dari mesin boiler tapi untuk memastikan kami akan lakukan penyelidikan lebih dal nanti setelah api berhasil dipadamkan,” ucapnya.

 (bie/radarbandung.id)

 

The post Si Jago Merah Lalap PT. SMM Padalarang, Bandung Barat appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/bandung-raya/bandung-barat/2019/11/18/si-jago-merah-lalap-pt-smm-padalarang-bandung-barat/feed/ 0
Dua Pembantu Perakit Bom Medan Didor, 4 Menyerahkan Diri https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/18/dua-pembantu-perakit-bom-medan-didor-4-menyerahkan-diri/ https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/18/dua-pembantu-perakit-bom-medan-didor-4-menyerahkan-diri/#respond Mon, 18 Nov 2019 08:51:46 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9565 RADARBANDUNG.id, JAKARTA–Densus 88 Anti Teror Polri masih mengembangkan kasus bom bunuh diri di Polrestabes Medan,

The post Dua Pembantu Perakit Bom Medan Didor, 4 Menyerahkan Diri appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, JAKARTA–Densus 88 Anti Teror Polri masih mengembangkan kasus bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara. Dalam pengejaran terduga teroris lainnya, sebanyak dua orang ditembak mati oleh petugas karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap.

“Dua orang terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur karena pada saat penangkapan dilakukan perlawanan dengan sajam dan air softgun,” ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di kamtornya, Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Dalam penangkapan ini seorang anggota Densus mengalami luka sabetan senjata tajam. Keduanya berperan membuat bom yang digunakan RMN saat meledakan diri di Polrestabes Medan. Bom dirakit di rumah tersangka P.

“(Mereka) tahu soal perakitan dan tas yang akan digunakan RMN. Kemudian berbaiat secara bersama,” imbuh Dedi.

Kepastian ini didapat setelah dilakukan pemeriksaan kepada orang-orang terdekat RMN dan istrinya, DA. Dari situ terungkap orang-orang yang terlibat dalam bom bunuh diri itu.

Mereka seluruhnya diketahui bagian dari kelompok JAD Medan dengan amirnya berinisial Y. Dia diketahui kerap berkomunikasi dengan narapidana teroris berinisial IPS.

Kelompok ini juga diidentifikasi sudah melakukan taklim, hingga menggelar idad atau pelatihan militer. “Kemudian melakukan idad dan membeli senjata dan senjata tajam,” jelas Dedi.

Selain 2 ditembak mati, ada 4 anggota JAD Medan lainnya yang menyerahkan diri. Mereka adalah W alias Yunus. Dia diketahui telah mengikuti idad di Sibayak juga pernah menitipkan senjata api. Selanjutnya yang turut menyerahkan diri DS dan IF. Ketika menyerahkan diri ke Polres Hamparan Perak. Dan 1 tersangka lainnya DS menyerahkan diri ke Polrestabes Medan.

“Mereka sudah berbaiat ke ISIS, tapi lewat upaya soft approach, kita berhasil melakukan pendekatan ke keluarganya,” pungkas Dedi.

Sebelumnya, Markas Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Sumatera Utara, menjadi sasaran bom bunuh diri, Rabu (13/11) pagi. Dari informasi yang dihimpun, kejadian ini terjadi pada pukul 08.45 WIB. Pelaku diduga dua orang dengan menggunakan jaket ojek online.

“Ya betul saat ini sedang dilaksanakan olah TKP oleh Densus dan Polda SU. Menunggu hasil investigasi lanjut,” kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh JawaPos.com, kronologi kejadian berawal saat pelaku yang menggunakan jaket ojek online masuk melalui pintu depan menuju Bagian Operasional (Bag Ops). Sesampai di sana, dua meledakkan diri dan mengakibatkan korban jiwa luka-luka.

Seperti Kasi Propam luka di bagian tangan, Pekerja Harian Lepas (PHL), J. Purba di bagian wajah, anggota Propam dan anggota piket bagian operasional. Sedangkan, pelaku dinyatakan meninggal dunia dengan tubuh hancur akibat bom bunuh diri, saat ini sedang dilaksanakan pengamanan dan penyelidikan.(jawapos.com)

The post Dua Pembantu Perakit Bom Medan Didor, 4 Menyerahkan Diri appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/news/nasional-news/2019/11/18/dua-pembantu-perakit-bom-medan-didor-4-menyerahkan-diri/feed/ 0
BNI Syariah Meningkatkan Literasi dan Inklusi https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/18/bni-syariah-meningkatkan-literasi-dan-inklusi/ https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/18/bni-syariah-meningkatkan-literasi-dan-inklusi/#respond Mon, 18 Nov 2019 07:35:41 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9557 RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Dalam Customer Loyalty Gathering yang digelar BNI Syariah mempersembahkan program khusus yang

The post BNI Syariah Meningkatkan Literasi dan Inklusi appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Dalam Customer Loyalty Gathering yang digelar BNI Syariah mempersembahkan program khusus yang dapat dinikmati oleh para loyalty customer, diantaranya New maupun Top-Up Limit Hasanah Card, pembiayaan konsumer dengan tarif spesial, diskon khusus untuk paket perjalanan umroh, dan produk Asuransi BNI Life

Wakil Pemimpin Wilayah Barat BNI Syariah, Asep Mulyadi menjelaskan, animo masyarakat akan perbankan syariah semakin tinggi sejalan dengan semakin meningkatnya literasi dan inklusi perbankan syariah.

“Per September 2019, BNI Syariah mencatat jumlah rekening sebanyak 3,33 juta,” ujar Asep dalam berita yang diterima Radar Bandung, Senin (18/11/2019).

Ia menambahkan, kinerja BNI Syariah per triwulan III tahun 2019 tumbuh positif.  BNI Syariah membukukan aset sebesar Rp43,92triliun dan laba bersih sebesar Rp461,96miliar. Laba tersebut disokong oleh pertumbuhan pembiayaan yang berkualitas, efisiensi operasional, ekspansi dana murah yang ditunjukkan oleh rasio CASA yang meningkat, serta NPF yang terjaga.

“Per September 2019, BNI Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp31,81 triliun, naik 18,34% yoy dari periode sama tahun 2018 sebesar Rp26,88 triliun,” tuturnya.

Komposisi pembiayaan terbesar disumbang oleh segmen konsumer sebesar Rp15,08 triliun (47,4% dari total pembiayaan); segmen komersial sebesar Rp8,54 triliun (26,8%); segmen kecil dan menengah sebesar Rp6,22 triliun (19,6%); segmen mikro sebesar Rp1,61 triliun (5,1%); dan kartu pembiayaan sebesar Rp358 miliar (1,1%).

Selain pembiayaan, lanjutnya, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) BNI Syariah mencapai Rp37,49 triliun, naik 11,79% yoy dari periode sama tahun 2018 sebesar Rp33,53 triliun.

Kepercayaan tersebut juga dibuktikan melalui 32 penghargaan yang diperoleh BNI Syariah dari Januari hingga September 2019 diantaranya penghargaan internasional, yaitu Best Commercial Bank in Indonesia kategori Islamic Bank dari Alpha Southeast Asia di Malaysia; Best Syariah Bank 2019 Kategori asset diatas Rp10 triliun dari Majalah Investor; Best Performance Bank Syariah Bisnis Indonesia Financial Award 2019 dari Bisnis Indonesia.

“Melalui customer loyalty gathering, kami berterima kasih kepada nasabah yang telah menjadi mitra kami dalam berhasanah, semoga dapat menjadi mitra dalam mensyiarkan perbankan syariah,” pungkasnya.

(nda)

The post BNI Syariah Meningkatkan Literasi dan Inklusi appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/ekbis/2019/11/18/bni-syariah-meningkatkan-literasi-dan-inklusi/feed/ 0
Pengangguran di Jawa Barat Semakin Meningkat https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/11/18/pengangguran-di-jawa-barat-semakin-meningkat/ https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/11/18/pengangguran-di-jawa-barat-semakin-meningkat/#respond Mon, 18 Nov 2019 06:35:44 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9554 RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), 5 November 2019, menyatakan tingkat

The post Pengangguran di Jawa Barat Semakin Meningkat appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), 5 November 2019, menyatakan tingkat pengangguran di Jawa Barat naik dari persentase 7,73 persen per Februari 2019 menjadi 7,99 persen per Oktober 2019.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya menilai, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dinilai lamban dalam menangani kasus pengangguran.

Kenaikan jumlah pengangguran,  disebabkan paling banyak oleh mataknya penutupan dan pindahnya pabrik ke provinsi lain. Dari data terakhir, tercatat ada 140 pabrik pindah dari Jawa Barat.

“Maraknya penutupan dan berpindahnya pabrik ke provinsi lain, saya berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh sikap lambannya Gubernur dalam memutuskan kebijakan pengupahan yang responsif terhadap perkembangan dan kegentingan yang terjadi di masyarakat,” ujar Asep di Bandung Jawa Barat, Senin, (18/11/2019).

Menurutnya, kebijakan Ridwan Kamil belum berdampak serius dan memengaruhi iklim industri di Jawa Barat agar tetap bertahan meski penetapan upah menjadi indikasi yang dipersoalkan.

“Kelambanan Gubernur dalam menetapkan kebijakan ini sangat menganggu iklim industri dan dapat dianggap sebagai ketidakmampuannya untuk menahan rencana relokasi pabrik yang telah direncanakan banyak perusahaan,” katanya.

Bahkan, Asep memprediksi Ridwan Kamil memiliki kualitas Indikator Kinerja Utama (IKU) yang lemah dalam menangani pengangguran.

“Apabila situasi terjadi, tidak yakin Gubernur dapat mencapai IKU penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka sesuai dengan RPJMD yang telah disampaikan kepada DPRD Provinsi Jawa Barat,” terangnya.

Asep menambahkan, hasil kunjungan ke lapangan memang penetapan Upah Minimum Karyawan (UMK) menjadi pembahasan tidak hanya di tataran pemerintah. Lanjut Asep, kepatuhan pelaksanaan UMK berdasarkan informasi yang kami terima pernah disampaikan oleh Kepala Bidang Pengawasan Disnaker Jawa Barat kepada Sekda dan Gubernur hanya sekitar 30 persen.

“Salahsatu sebab utamanya karena tingginya nilai UMK di beberapa kabupaten dan kota. Sementara di sisi yang lain, UMK yang tinggi tersebut tidak diiringi oleh kepatuhan dalam pelaksanaannya. Perusahaan – perusahaan di berbagai sektor juga telah menyatakan rencana mereka untuk relokasi ke provinsi lain, apabila terjadi kenaikan UMK yang semakin tinggi ditetapkan oleh Gubernur,” tambahnya.

Asep menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat gagal untuk memikirkan dan merencanakan kebijakan pengupahan dan ketenagakerjaan yang dapat menjadi pelindung bagi dunia industri dan para pekerja untuk mempertahankan pekerjaannya. “Dan sama sekali tidak merespon kebutuhan Jawa Barat untuk menarik investasi baru dengan tujuan mengurangi angka pengangguran,” tegasnya.

(nda)

The post Pengangguran di Jawa Barat Semakin Meningkat appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/11/18/pengangguran-di-jawa-barat-semakin-meningkat/feed/ 0
Gubernur Jabar Ajak Unisba Cetak SDM Unggul https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/11/18/gubernur-jabar-ajak-unisba-cetak-sdm-unggul/ https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/11/18/gubernur-jabar-ajak-unisba-cetak-sdm-unggul/#respond Mon, 18 Nov 2019 06:17:47 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9551 RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Perguruan Tinggi berperan penting dalam melahirkan

The post Gubernur Jabar Ajak Unisba Cetak SDM Unggul appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Perguruan Tinggi berperan penting dalam melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing. Apalagi, kata dia, Indonesia mendapatkan bonus demografi.

“Dunia semakin dinamis, dunia hari ini sangat kompetitif,” kata Emil –sapaan Ridwan Kamil—saat menghadiri Sidang Terbuka Senat Universitas Islam Bandung (Unisba) dalam Rangka Memperingati Milad ke-61 di Aula Kampus Unisba, Kota Bandung, Senin (18/11/2019).

Menurut Emil, perubahan yang sangat dinamis tidak lepas dari era 4.0. Maka itu, dia meminta Unisba melakukan kontemplasi terkait perubahan-perubahan yang ada, khususnya mencetak generasi muda menjadi SDM yang unggul.

“Masa depan terkait SDM yang unggul, maka Unisba saya minta untuk melakukan kontemplasi terkait respons apa terhadap 4.0, terkait rencana Indonesia Emas 2045, apakah bisa memberikan sumbangsih lebih produktif,” ucapnya.

Emil juga menawarkan kepada civitas Unisba untuk membuka kampus di kawasan Segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati). Sehingga, Unisba dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM di wilayah utara Jabar.

“Menawari Unisba membuka kampus di Rebana, sehingga mengembangkan SDM di utara Jawa Barat lebih merata,” katanya. “Sementara (jurusan) kedokteran, di sana belum ada. Rebana bukan kawasan industri, tapi peradaban baru,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unisba Edi Setiadi mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas akademik dan non-akademik. Tujuannya agar pengelolaan sumber daya, kualitas mahasiswa, dan kualitas organisasi, meningkat.

“Kemajuan di bidang akademis dapat dilihat dari atmosfer akademik di lingkungan civitas akademika yang berperan penting dalam menaikan performa Unisba sebagai sebuah perguruan tinggi. Maka, tahun depan insyaallah Unisba akan menghasilkan guru besar yang lebih banyak.” ucapnya.

“Kedepan, dengan spirit 3M (mujahid, mujtahid dan mujadid), Unisba akan tetap berdiri kokoh di tengah umat dan bangsa untuk tetap memberikan solusi dam kontribusi yang positif terhadap persoalan keumatan,” tambahnya.

Edi juga menyatakan, kepercayaan masyarakat terhadap Unisba terus meningkat. Hal itu terlihat dari Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019/2020. Menurut dia, ada 12.000 pendaftar dan hanya 3.067 pendaftar yang diterima.

Sumber: Humas Jabar

The post Gubernur Jabar Ajak Unisba Cetak SDM Unggul appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/11/18/gubernur-jabar-ajak-unisba-cetak-sdm-unggul/feed/ 0
Perenang Andalan Jabar Jadi Pembawa Obor di Opening Ceremony POPNAS 2019 https://www.radarbandung.id/news/2019/11/18/perenang-andalan-jabar-jadi-pembawa-obor-di-opening-ceremony-popnas-2019/ https://www.radarbandung.id/news/2019/11/18/perenang-andalan-jabar-jadi-pembawa-obor-di-opening-ceremony-popnas-2019/#respond Mon, 18 Nov 2019 06:00:21 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=9536 RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Gemuruh tepuk tangan seisi Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Jakarta pun lanjut mengiringi

The post Perenang Andalan Jabar Jadi Pembawa Obor di Opening Ceremony POPNAS 2019 appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Gemuruh tepuk tangan seisi Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Jakarta pun lanjut mengiringi pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV/2019 DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 34 provinsi se-Indonesia itu.

Adapun opening ceremony dimulai pukul 19:30 WIB dengan penampilan tarian musik Betawi. Berikutnya, defile atlet perwakilan masing-masing provinsi, mulai Aceh hingga Papua Barat, masuk dan berbaris di depan panggung.

Pembawa acara pun memperkenalkan Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar Engkus Sutisna yang hadir langsung dalam opening ceremony (upacara pembukaan) sebagai Pimpinan Kontingen Tim Jabar.

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah-Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sementara dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi Provinsi DKI Jakarta dan Jabar yang bersedia menjadi tuan rumah dalam waktu singkat.

“Kerja sama yang baik antara Kemenpora dan Pemda Provinsi DKI dan Jabar, maka dalam waktu singkat kita bisa mempersiapkan POPNAS ke-15 tahun 2019,” ucap Zainudin.

“Semoga POPNAS ini akan melahirkan atlet berbakat dan berprestasi. Dengan mengucapkan bismillah, POPNAS ke-15 di Jakarta tahun 2019 saya nyatakan resmi dibuka,” tambahnya.

Kemudian, acara masuk ke pembacaan janji atlet oleh Triolin Yarisetow (Papua) dan janji wasit oleh Letkol Agustina Kurbiana (Jakarta). Setelah dilanjutkan dengan parade carnival, opening ceremony POPNAS XV/2019 masuk ke puncak acara

Saat itulah perenang putri andalan Jabar asal Cimahi, Adellia, menjadi satu dari empat atlet terpilih yang membawa obor POPNAS untuk diserahkan kepada Menpora. Setelah diterima oleh Menpora dan dibawa ke atas panggung, api POPNAS pun menyala dan konfeti yang ada semakin menambah semarak momen tersebut.

Opening ceremony pun resmi berakhir sekira pukul 21:15 WIB. Menurut Adellia, pengalamannya membawa obor dalam acara pembukaan POPNAS membuat dirinya senang sekaligus bangga.

“Kaget sih, senang juga. Baru pertama kali terlibat langsung di opening ceremony,” ucap Adellia.

Sebagai salah satu atlet kebanggaan Jabar, Adellia sendiri meraih empat emas pada ASEAN School Games 2019 di Semarang Juli lalu. Gadis kelahiran 18 November 2004 ini berujar sudah menyukai renang sejak TK dan serius menekuni olahraga air ini mulai SD.

“Saya bermain di nomor 50 meter, 100 meter, dan 200 meter gaya dada. Cita-cita saya bisa ikut hingga Olimpiade,” ujar siswa SMAN 5 Cimahi ini.

Di POPNAS XV/2019, Adellia berharap bisa menyumbang emas untuk Jabar. Dan bersama ratusan atlet pelajar lain di tim, dia berharap bisa mendapatkan hasil memuaskan di ajang dua tahunan ini. “Semoga bisa membanggakan Jawa Barat,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna berpesan kepada Kontingen Tim Jabar agar menjaga kekompakan dan terus semangat mewujudkan Jabar Juara. “Tentunya mereka harus fit saat bertanding, jaga kesehatan, makan-minum,” ucap Engkus saat ditemui usai acara.

“Target juara umum (dari 2017) juga mau tidak mau, suka tidak suka, harus kita pertahankan. Dan saya yakin, dengan seleksi yang ada, pemusatan latihan, tinggal kita tentukan (hasil) di lapangan,” tambahnya.

Terkait Adellia yang menjadi salah satu pembawa obor POPNAS XV/2019, Engkus berharap hal itu bisa memotivasi atlet-atlet muda lainnya untuk terus berprestasi.

“Saya yakin akan memotivasi junior-juniornya, teman-temannya, yang baru muncul dan bertanding di POPNAS ini,” ujar Engkus mengakhiri.

POPNAS ke-15 sendiri mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor) dengan 221 nomor pertandingan. Di hari pertama sekaligus hari pembukaan pada Minggu (17/11/2019), Jabar mendulang dua emas dari cabor karate. Pekan olahraga para pelajar se-Tanah Air ini akan ditutup pada Minggu (24/11/2019).

Sumber: Humas Jabar

The post Perenang Andalan Jabar Jadi Pembawa Obor di Opening Ceremony POPNAS 2019 appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/news/2019/11/18/perenang-andalan-jabar-jadi-pembawa-obor-di-opening-ceremony-popnas-2019/feed/ 0