RadarBandung.id https://www.radarbandung.id Berita Terkini Hari Ini Terbaru dan Terpercaya Mon, 17 Jun 2019 16:41:43 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.4 https://www.radarbandung.id/wp-content/uploads/2018/12/cropped-radar-bandung-01-1-46x46.png RadarBandung.id https://www.radarbandung.id 32 32 Ustadz Wahyul Afif Al Ghafiqi Ajak Puasa Tengah Bulan https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/17/ustadz-wahyul-afif-al-ghafiqi-ajak-puasa-tengah-bulan/ https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/17/ustadz-wahyul-afif-al-ghafiqi-ajak-puasa-tengah-bulan/#respond Mon, 17 Jun 2019 16:15:57 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4952 RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Puasa tengah bulan atau Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah sunat yang

The post Ustadz Wahyul Afif Al Ghafiqi Ajak Puasa Tengah Bulan appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Puasa tengah bulan atau Ayyamul Bidh merupakan salah satu ibadah sunat yang dapat dikerjakan oleh setiap umat Islam. Puasa ini memiliki banyak keutamaan.

Ayyamul Bidh adalah puasa yang dilakukan pada setiap pertengahan bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah. Puasa ini dilakukan hanya tiga hari setiap pertengahan bulan yakni 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah, kecuali hari tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

“Rasulullah menganjurkan para sahabat untuk berpuasa sunat di pertengahan bulan di tahun Qomariah, bukan berdasarkan tahun Masehi ya,” kata Ustadz Wahyul Afif Al Ghafiqi, Senin (17/6/2019).

Ayyamul Bidh juga dikenal dengan puasa putih karena pada tanggal 13,14, dan 15, bulan sedang terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih.

Ada pula pendapat dalam kitab Umdatul Qari’Syarhu Shahihil Bukhari yang menyebut Ayyamul Bidh berasal dari kisah Nabi Adam. Saat Adam turun ke Bumi, tubuhnya dalam keadaan gosong. Ketika melakukan puasa selama tiga hari, tubuhnya memutih.

Puasa Ayyamul Bidh dapat dijalankan oleh setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Pada perempuan, ada ketentuan khusus yang harus dipenuhi. Misalnya, perempuan harus berada dalam keadaan suci dan mendapatkan izin dari suami untuk berpuasa sunat.

Ketentuan menjalankan puasa ini sama dengan puasa lainnya seperti niat dan menahan haus dan lapar serta hawa nafsu dari terbit fajar saat azan Subuh hingga hingga azan Magrib. Niat puasa sunat ini juga boleh dilakukan saat pagi atau siang hari ketika sudah melewati waktu subuh.

“Bedanya dengan puasa Ramadan, niatnya harus di malam hari. Kalau puasa sunat boleh di pagi hari. Misalnya, pagi belum makan dan minum serta belum melakukan hal yang membatalkan puasa, boleh dilanjutkan menjadi puasa. Rasulullah pernah begitu,” ungkap Wahyul.

Puasa ini memiliki keutamaan pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

“Kalau satu hari, hitungannya sama seperti sepuluh hari. Kalau dilakukan tiga hari setiap bulannya, sama seperti berpuasa satu tahun penuh,” ucap Wahyul yang merupakan pimpinan pesantren Al Afifiyah Bandung ini.

Selain itu, ahli puasa juga akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

(azm/radarbandung.id)

The post Ustadz Wahyul Afif Al Ghafiqi Ajak Puasa Tengah Bulan appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/17/ustadz-wahyul-afif-al-ghafiqi-ajak-puasa-tengah-bulan/feed/ 0
Warga Kabupaten Bandung Tolak Kekerasan dan Kerusuhan https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/17/warga-kabupaten-bandung-tolak-kekerasan-dan-kerusuhan/ https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/17/warga-kabupaten-bandung-tolak-kekerasan-dan-kerusuhan/#respond Mon, 17 Jun 2019 12:44:39 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4944 RADARBANDUNG.id, SOREANG – Kejadian 22 Mei, menjadi pelajaran penting bagi warga Kabupaten Bandung, setidaknya kejadian

The post Warga Kabupaten Bandung Tolak Kekerasan dan Kerusuhan appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, SOREANG – Kejadian 22 Mei, menjadi pelajaran penting bagi warga Kabupaten Bandung, setidaknya kejadian serupa di seputaran Bawaslu, Jakarta tidak terulang lagi, baik di Kabupaten Bandung, ataupun di daerah lainnya, karena dampak dari kerusuhan berdampak pada roda ekonomi, bahkan berdampak pada kepercayaan luar negeri terhadap invesatasi di dalam negeri.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan, dirinya menolak dengan tegas kerusuhan pada 22 Mei yang dianggap telah menodai pesta demokrasi di Indonesia.

Lebih lanjut, Bupati Bandung juga mengajak seluruh masyarakat Bandung untuk tidak terprovokasi demo-demo yang akan berujung kerusuhan.  Bupati Bandung meminta agar masyarakat Bandung tidak ikut ke Jakarta untuk menggelar kembali demo yang dapat merusak demokrasi di Indonesia tersebut.

Seirama dengan pernyataan Bupati Bandung, pantauan di lapangan, beberapa spanduk menolak kekerasan dan kerusuhan terpasang dimana-mana, tidak hanya spanduk menolak kekerasan dan kerusuhan, juga terpasang spanduk Damailah Indonesiaku, warga Kabupaten Bandung menolak kerusuhan, hidup rukun cerminan budaya bangsa, dan warga Kab Bandung cinta damai

“Saya Bupati mengajak warga Bandung untuk tetap bersama dan damai, agar warga Bandung tidak terprovokasi. Mari kita tetap damai kawal demokrasi dengan baik ikuti prosedur hukum. Sekali lagi kepada rakyat Bandung untuk sabilulungan gotong royong silih asah silih asuh. harapan kami tetap kuat berdamai Indonesia,” ujar Bupati Bandung, Senin (17/6/2019).

DItempat terpisah, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bandung KH Asep Jamaludin mengajak kepada seluruh masyarakat bersatu bersama menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dicintai ini.

“Kami menolak berbagai bentuk kericuhan, berbagai bentuk provoaksi dan hoak yang muncul, mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga negara bangsa yang kita cinta, untuk selalu tentram,” pungkasnya.

(den/radarbandung.id)

The post Warga Kabupaten Bandung Tolak Kekerasan dan Kerusuhan appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/17/warga-kabupaten-bandung-tolak-kekerasan-dan-kerusuhan/feed/ 0
DPD PDIP Jawa Barat Usulkan KAA untuk Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/06/17/dpd-pdip-jawa-barat-usulkan-kaa-untuk-rekonsiliasi-jokowi-prabowo/ https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/06/17/dpd-pdip-jawa-barat-usulkan-kaa-untuk-rekonsiliasi-jokowi-prabowo/#respond Mon, 17 Jun 2019 10:00:31 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4947 RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Ramainya usulan dari elit politik partai dan tokoh bangsa tentang diadakanya rekonsiliasi

The post DPD PDIP Jawa Barat Usulkan KAA untuk Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Ramainya usulan dari elit politik partai dan tokoh bangsa tentang diadakanya rekonsiliasi antara paslon presiden 01 dan 02.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat siap berikan tempat untuk rekonsiliasi sepesial di Kota Bandung.

Hal tersebut disampaikan, Wakil ketua DPD PDIP Jawa Barat, Abdy Yuhana saat Silahturahmi Alumni GMNI di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatra, Kota Bandung, Minggu (16/6/2019) Malam.

Menurutnya, jika DPD PDIP Jawa Barat diminta untuk menyediakan tempat untuk pertemuan kedua paslon presiden tersebut, pihaknya akan bersedia mencari tempat terbaik di Kota Bandung.

“Tentunya kalau kami diminta untuk menginisiasi bisa untuk mempertemukan kedua tokoh bangsa ini, kami siap” ujar Abdy.

Abdy mengatakan, Jawa Barat kental dengan tempat-tempat historis para tokoh-tokoh Nasional dan internasional dalam melakukan rekonsiliasi, seperti contoh Kota Bandung yang memiliki gedung Konfrensi Asia Afrika (KAA) yang syarat akan nilai sejarah dalam mempersatukan bangsa-bangsa Asia hingga Afrika.

“Jawa Barat khususnya Kota Bandung mempunyai historis dimana ada KAA yang mampu mempertemukan, bangsa-bangsa Asia-Afrika. tentunya kalau kami diminta untuk menginisiasi bisa untuk mempertemukan kedua tokoh bangsa ini,”kata Abdy.

Abdy menambahkan, masih dalam pasca lebaran, moment untuk pertemuan keduanya sangat tepat dalam membangun silahturahmi dan membangun komunikasi pasca pilpres 2019.

“Mumpung dalam suasan idul Fitri alangakah baiknya kedua tokoh ini membangun komunikasi yang tentunya, akan menurunkan tensi politik di Indonesia,”jelasnya.

Lebih lanjut, Abdy mengatakan, kompetisi sudah selesai dan proses sengketa sudah tersalurkan melalui mahkamah konstitusi. Sehingga menurutny, masyarakat tetap harus menghormati hal tersebut dan menerima apapun hasilnya.

“Setelah itu mari kita bersama-sama kembali membangun Jawa Barat membangun Indonesia, untuk ke arah yang lebih baik,”pungkasnya.

Reporter: Azis Zulkhairil

The post DPD PDIP Jawa Barat Usulkan KAA untuk Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/06/17/dpd-pdip-jawa-barat-usulkan-kaa-untuk-rekonsiliasi-jokowi-prabowo/feed/ 0
HUT Bhayangkara ke-73, 250 Personil Polres Bandung Bersihkan Masjid https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/16/hut-bhayangkara-ke-73-250-personil-polres-bandung-bersihkan-masjid/ https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/16/hut-bhayangkara-ke-73-250-personil-polres-bandung-bersihkan-masjid/#respond Sun, 16 Jun 2019 10:47:07 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4941 RADARBANDUNG.ID,SOREANG – Sambut hari Bhayangkara ke-73, Kepolisian Resor Bandung dan Polsek Jajaran melaksanakan bersih-bersih atau

The post HUT Bhayangkara ke-73, 250 Personil Polres Bandung Bersihkan Masjid appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID,SOREANG – Sambut hari Bhayangkara ke-73, Kepolisian Resor Bandung dan Polsek Jajaran melaksanakan bersih-bersih atau bakti sosial religi, sejumlah masjid di Wilkum Polsek masing-masing, Jumat (14/6/2019).

Sedikitnya 250 personil Polres Bandung, selesai lari pagi langsung ke Masjid yang telah ditunjuk untuk dibersihkan, baik dalam masjid atau luar masjid.

Masing-masing anggota terlihat membawa peralatan korve, seperti sapu lidi, sosorok sampah, dan yang lainnya. Bakti religi Jumat ini, di tingkat Polres Bandung, yaitu Masjid Jami Al Ihsan dan Masjid Darul Ihsan Yupi Soreang.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan, melalui Waka Polres Bandung Kompol Mikra Hasibuan, menjelaskan, bakti sosial religi dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-73, serentak dilakukan oleh Personil Polsek Jajaran Polres Bandung

”Bakti religi ini tidak hanya dilakukan oleh Personil yang ada di Polres Bandung, namun juga di lakukan oleh para personil Polsek mulai dari Polsek Ibun sampai dengan Polsek Nagreg, sebanyak 25 Polsek,” katanya, Minggu (16/6/2019).

Lebih lanjut Waka Polres mengatakan bakti religi ini akan terus kami lakukan di setiap Hari Jumat, selesai pelaksanaan olahraga pagi.

“Bakti religi menyambut Hari Bhayangkara ke 73 dilakukan tidak hanya dilakukan oleh Personil yang ada di Polres Bandung, namun juga di lakukan oleh para personil Polsek Jajaran,” sambungnya.

Kompol Mikra berharap, bakti religi dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-73 di harapkan akan meningkatkan sinergi masyarakat dengan Polri dan meningkat kedekatan Polri dengan Masyarakat, melalui pendekatan bakti sosial religi, di harapkan masyarakat segera melaporkan ke kami, apabila di tempat tinggalnya ada kejadian yang meresahkan masyarakat atau perlu kehadiran aparat Kepolisian.

“Selamat hari Bhayangkara ke-73, dengan semangat Promoter, pengabdian Polri untuk masyarakat bangsa dan Negara,” pungkasnya.

(den/radarbandung.id)

The post HUT Bhayangkara ke-73, 250 Personil Polres Bandung Bersihkan Masjid appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/16/hut-bhayangkara-ke-73-250-personil-polres-bandung-bersihkan-masjid/feed/ 0
Dua  Siswa SMP AL Azhar Syifa Budi Parahyangan Lolos FLS Tingkat Nasional https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/15/dua-siswa-smp-al-azhar-syifa-budi-parahyangan-lolos-fls-tingkat-nasional/ https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/15/dua-siswa-smp-al-azhar-syifa-budi-parahyangan-lolos-fls-tingkat-nasional/#respond Sat, 15 Jun 2019 08:06:21 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4938 RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Bumi Naraputri dan Amala Rumaisya Ghaffar, dua siswa SMP Al Azhar SyIfa Budi

The post Dua  Siswa SMP AL Azhar Syifa Budi Parahyangan Lolos FLS Tingkat Nasional appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id, NGAMPRAH – Bumi Naraputri dan Amala Rumaisya Ghaffar, dua siswa SMP Al Azhar SyIfa Budi Parahyangan berhasil mewakili Provinsi Jawa Barat menjadi finalis Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 tingkat nasional pada cabang lomba cipta cerpen dan lomba berpantun. Pengumuman lolosnya kedua siswa tersebut diperoleh melalui laman www.ditpsmp.kemdikbud.go.id,  Kamis (13/06/19).

Setelah menunggu selama satu bulan setengah, akhirnya pengumuman finalis FLS tingkat nasional pun tiba. Berdasarkan hasil penilaian terhadap 3.592 naskah peserta se-Indonesia, terpilih sebanyak 170 finalis untuk 5 cabang lomba, satu finalis mewakili masing-masing provinsi untuk setiap cabang lombanya. Dari SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan yang berlokasi di Jalan Raya Cimareme No. 340, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat, terpilih Bumi Naraputri (Kelas VIII) untuk cabang lomba cipta cerpen dan Amala Rumaisya Ghaffar (Kelas VII) untuk cabang lomba berpantun.

“Ungkapan apalagi selain bangga dan bahagia. Bangga mempunyai peserta didik yang berprestasi tinggi. Terima kasih kepada tim guru pembimbing yang telah mengantarkan mereka pada prestasi ini. Semoga kita menjadi terbaik nasional,” ucap Nanang Iskandar Sulaiman, Kepala SMP Al Azhar Syifa Budi Parahyangan.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pasal 1 menyebutkan bahwa gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi dan kerja sama antar satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bentukan nyata dari Gerakan nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kegiatan lomba, festival, dan olimpiade menjadi wahana produktif dan effektif dalam upaya meningkatkan PPK mulai dari tingkat sekolah, tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Proses kreatif pembuatan karya yang dilalui oleh Bumi dan Amala sepenuhnya diserahkan kepada siswa.  Tim guru pembimbing Bahasa Indonesia yang terdiri atas Nurmala Mustikawati, Hanif Irhamna Kuswiningtyas, dan Tria Hayati Lidinillah hanya mengarahkan pemilihan tema dan pengeditan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia).

“Di awal saya cukup tidak percaya diri, namun dengan usaha dan doa yang maksimal, Alhamdulillaah saya bisa lolos ke tingkat nasional. Semoga saya bisa lebih percaya diri dan dapat memberikan hasil yang bisa membanggakan Jawa Barat. ASBP Juara!” ungkap Bumi Naraputri.

FLS 2019 sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang bahasa, seni, sastra, dan budaya melalui aktivitas literasi. FLS menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa.

Esensi kegiatan FLS terletak pada nilai pendidikannya, sebagai pengalaman belajar (learning experience), sekaligus sebagai upaya menguatkan pendidikan karakter, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Dengan begitu, FLS sebaga bagian dari Gerakan Literasi Sekolah dapat menjadi bagian untuk mempercepat terwujudnya Indonesia literat.

“Saat aku melihat namaku untuk mewakili Provinsi Jawa Barat, rasa senang itu pecah seketika. Aku sangat bersyukur dan masih tidak percaya. Aku sangat berterima kasih. Tentunya aku akan terus berusaha dengan sungguh-sungguh. Berkompetisi dengan sportif, juga berdoa kepada Allah SWT,” ujar Amala Rumaisya Ghaffar.

Festival Literasi sekolah (FLS) memperlombakan lima cabang lomba yakni Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia, Cerita Berbahasa Inggris (Story Telling), Lomba Cipta Puisi, Lomba Berpantun, dan Lomba Menulis Esai. Perjuangan dua siswa ini belum selesai, pelaksanaan final akan dilaksanakan tanggal 25-29 Juli 2019 di Jakarta yang diselenggarakan dan dikelola langsung oleh tim dari Kemdikbud.

(ymi)

 

The post Dua  Siswa SMP AL Azhar Syifa Budi Parahyangan Lolos FLS Tingkat Nasional appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/bandung-raya/2019/06/15/dua-siswa-smp-al-azhar-syifa-budi-parahyangan-lolos-fls-tingkat-nasional/feed/ 0
Walhi Jabar Tolak Hutang 1,4 Triliun Untuk Citarum https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/06/14/walhi-jabar-tolak-hutang-14-triliun-untuk-citarum/ https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/06/14/walhi-jabar-tolak-hutang-14-triliun-untuk-citarum/#respond Fri, 14 Jun 2019 14:00:42 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4929 RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat, sarankan pemerintah pusat dan Pemprov Jawa

The post Walhi Jabar Tolak Hutang 1,4 Triliun Untuk Citarum appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat, sarankan pemerintah pusat dan Pemprov Jawa Barat, bisa memikirkan kembali soal pinjaman Bank Dunia sebesar Rp 1,4 triliun untuk menyelesaikan persoalan sampah Sungai Citarum.

Ketua Walhi Jawa Barat, Dadan Ramdan mengatakan, sebelum hutang 1,4 Triliun kepada Bank Dunia, sempat ada wacana hutang lewat Asian Development Bank (ADB) tentang program Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP) atau Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Namun masyarakat sipil banyak yang tidak setuju.

“Saat ini kami juga tidak setuju dengan pendanannya dari bank dunia se-besar 1,4 T,”ujar Dadan saat dihubungi Radar Bandung, Jumat (14/6).

Menurut Dadan, selain hanya berhutang, sumber pendanaan Citarum bisa melalui APBN, APBD dan tanggung jawab perusahaan dalam mulihkan citarum itu sendiri. Mengingat, dikatakanya, banyak perusahan yang diuntungkan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Kami keberatan atas hutang tersebut. Kalau bisa gubernur, Bapenas dan pemerintah pusat bisa pertimbangkan kembali agar tidak gunakan dana hutang,”ungkapnya.

Dadan menambahkan, alokasi anggaran dari APBD, APBN dan beberapa dana dari kementrian terkait yang fokus menangani Citarum masih belum maksimal.

“Semisal ada 10 persen dari 5 triliun ini satu triliun masih mungkin di alokasikan dari APBD pemprov Jabar saja. Belum dari yang lain,”kata dia.

Lebih lanjut, Dadan mengatakan, persoalan dari kurangnya alokasi dana dari APBD, APBN dan institusi terkait. Terlihat juga lemahnya soal komunikasi dari masing-nasing daerah soal penangana Citarum.

“Walhi melihat masih ada kelemahan konoslidasi internal. Artinya ini harus disampaikan 12 kepala daerah tentang alokasi anggaran APBD yang maksimal,”jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, ingatkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bisa berhati-hati tentang pinjaman dana dari bank dunia sebesar 1,4 triliun, untuk mengatasi permasalahan sampah di Sungai Citarum.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat mendapat suntikan dana dari hasil pinjaman Bank Dunia sebesar Rp 1,4 triliun untuk menyelesaikan persoalan sampah Sungai Citarum yang jadi sorotan dunia.

Dana tersebut akan digunakan untuk edukasi, menyiapkan infrastruktur wilayah, lokasi pemilihan sampah, serta menyiapkan teknologi terkait sampah, termasuk fasilitas daur ulang sampah menjadi bahan bakar.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jabar Daddy Rohanady menyampaikan, penggunaan dana pinjaman yang tergolong tidak sedikit jangan sampai tidaktepat sasaran dan akan menjadi sia-sia.

Daddy menjelaskan, selain akan jadi sia-sia jika peruntukannya tidak tepat sasaran, maka akan menjadi beban juga kepada penerus bangsa dalam membayar hutang-hutang tersebut.

Lebih lanjut, Daddy mengatakan, Citarum menghasilkan tiga waduk yang sudah menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sehingga dari hasil PLTA tersebut seharusnya pemerintah bisa memanfaatkan dana yang diperoleh untuk membantu revitalisasi.

Tanggapan lain juga keluar dari Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sri Priatni. Ia menyampaikan, kinerja Ridwan Kamil dalam menangani sungai Citarum itu sudah cukup baik. Ditambah saat ini mendapat suntikan dana dari pemerintah pusat dan Bank Dunia.

Meski demikian, Pihaknya merasa masih kurang dilibatkan secara langsung dalam penangan masalah sungai Citarum. Padahal beberapa kali LIPI sudah menciptakan alat untuk merubah limbah cair pabrik menjadi air layak buang.

Disinggung mengenai teknologi apa saja yang akan diberikan jika dimintai bantuan oleh pemprov Jawa Barat untuk terlibat langsung, Sri mengatakan, ada tiga teknologi yang akan di tawarkan.

Selain itu peneliti LIPI lainnya, Dawam Abdullah mengatakan, penanganan Sungai Citarum yang membentang sejauh 290 kilometer dan melintasi 12 kabupaten dan kota perlu memerlukan langkah yang tepat. Semisal, mulai dari pengangkatan sampah padat hingga mengolah sampah yang dibuang ke air.

Menurutnya, diperlukan pula langkah-langkah preventif untuk mengubah pola hidup masyarakat agar tidak terbiasa membuang sampah ke Sungai Citarum.

Reporter: Azis Zulkhairil
Editor: Nida Khairiyyah

The post Walhi Jabar Tolak Hutang 1,4 Triliun Untuk Citarum appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/metropolis/2019/06/14/walhi-jabar-tolak-hutang-14-triliun-untuk-citarum/feed/ 0
Jokowi: Kita Kasih Waktu untuk Polri https://www.radarbandung.id/news/2019/06/14/jokowi-kita-kasih-waktu-untuk-polri/ https://www.radarbandung.id/news/2019/06/14/jokowi-kita-kasih-waktu-untuk-polri/#respond Fri, 14 Jun 2019 13:30:13 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4932 RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menanggapi desakan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban

The post Jokowi: Kita Kasih Waktu untuk Polri appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menanggapi desakan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) yang meminta pemerintah membentuk Tim Pencari Fakta (TPF). Tim itu dibentuk untuk menyelidiki kerusuhan 22 Mei 2019.

Namun, Jokowi menilai tim tersebut belum perlu dan meminta masyarakat untuk memercayakan penyelesaian kasus itu kepada Polisi. Karena saat ini, kata dia, kepolisian tengah berupaya keras untuk secara bersamaan mengungkap dua fokus utama dalam kasus itu.

“Berikan waktu terlebih dahulu kepada polisi untuk menyelesaikan kasus (rencana) pembunuhannya,” ujarnya di Kota Denpasar, Bali, Jumat, (14/6/2019).

Pernyataan Presiden tersebut merujuk pada pengungkapan rencana pembunuhan empat pejabat tinggi negara dan seorang direktur eksekutif lembaga survei. Hingga saat ini, kepolisian masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mengembangkan kasus tersebut.

Tak hanya itu, menurutnya, kepolisian saat ini juga berupaya melakukan pengungkapan terkait dengan jatuhnya korban jiwa dalam aksi massa tersebut. Upaya pengungkapan kedua kasus tersebut menurut Presiden dijalankan kepolisian secara bersamaan.

“Kemudian ini juga berjalan paralel nanti kasus yang berkaitan dengan (korban) meninggal yang ada di lokasi-lokasi kerusuhan. Saya kira dua-duanya berjalan paralel,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi berpandangan, apabila dibutuhkan nantinya kepolisian juga dapat bekerja sama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) dalam pengungkapan kasus-kasus tersebut.

“Tidak hanya kepolisian, nanti bisa mengajak Komnas HAM dan lainnya,” tandasnya.

Reporter: Folly Akbar
Sumber: JawaPos.com

The post Jokowi: Kita Kasih Waktu untuk Polri appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/news/2019/06/14/jokowi-kita-kasih-waktu-untuk-polri/feed/ 0
Peran Sofyan Basir Dalam Kasus Suap Akan Dibeberkan KPK https://www.radarbandung.id/news/2019/06/14/peran-sofyan-basir-dalam-kasus-suap-akan-dibeberkan-kpk/ https://www.radarbandung.id/news/2019/06/14/peran-sofyan-basir-dalam-kasus-suap-akan-dibeberkan-kpk/#respond Fri, 14 Jun 2019 13:00:21 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4910 RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelesaikan berkas penyidikan Dirut PT PLN nonaktif Sofyan

The post Peran Sofyan Basir Dalam Kasus Suap Akan Dibeberkan KPK appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelesaikan berkas penyidikan Dirut PT PLN nonaktif Sofyan Basir dalam kasus suap PLTU Riau-1. Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK telah melimpahkan berkas dakwaan kepada Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

“Pihak pengadilan akan menentukan kapan agenda sidang pertama untuk pembacaan dakwaan tersebut,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019).

Febri menuturkan, dakwaan yang sudah disusun KPK akan menguraikan lebih rinci peran dari mantan Direktur Utama BRI itu. Menurut Febri, Sofyan Basir diduga membantu pelaku lain dalam melakukan tindak pidana korupsi proyek senilai USD 900 juta ini.

“KPK akan menguraikan secara lebih rinci dan sistematis dugaan perbuatan dan peran terdakwa dalam perkara dugaan suap terkait kontrak kerja sama PLTU Riau-1 tersebut. Mulai dari dakwaan dan rangkaian persidangan,” jelas Febri.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Sofyan Basir sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Penetapan ini merupakan pengembangan dari kasus yang telah menjerat mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Kotjo dan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

Sofyan Basir diduga bersama-sama Eni Saragih dan Idrus menerima suap dari Johannes Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Sofyan diduga mendapat jatah sama dengan Eni dan Idrus.

Atas perbuatannya, Sofyan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 56 Ayat (2) KUHP Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Reporter: Muhammad Ridwan
Sumber: JawaPos.com

The post Peran Sofyan Basir Dalam Kasus Suap Akan Dibeberkan KPK appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/news/2019/06/14/peran-sofyan-basir-dalam-kasus-suap-akan-dibeberkan-kpk/feed/ 0
Ai Khodijah, Vokalis Grup Musik El Mighwar Jadi Idola Baru Musik Gambus https://www.radarbandung.id/lifestyle/2019/06/14/ai-khodijah-vokalis-grup-musik-el-mighwar-jadi-idola-baru-musik-gambus/ https://www.radarbandung.id/lifestyle/2019/06/14/ai-khodijah-vokalis-grup-musik-el-mighwar-jadi-idola-baru-musik-gambus/#respond Fri, 14 Jun 2019 12:55:16 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4906 RADARBANDUNG.id – Grup musik akan melambung namanya jika berhasil mengkarakterkan personilnya, yang mampu menawan perhatian

The post Ai Khodijah, Vokalis Grup Musik El Mighwar Jadi Idola Baru Musik Gambus appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.id – Grup musik akan melambung namanya jika berhasil mengkarakterkan personilnya, yang mampu menawan perhatian penikmat musik. Ai Khodijah, salah seorang vokalis di grup musik El Mighwar Gambus tengah menyita perhatian publik. Bisa saja eksistensinya akan jadi pemantik kesuksesan bagi grup musik yang tengah menaungi karir musiknya saat ini.

Kemerduan vokal Ai Khodijah kembali dapat kita nikmati pada lagu terbaru El Mighwar Gambus yang berjudul Ingat Allah. Lagu ini dirilis pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2019 di channel YouTube InsictechMusicLand.

“Sebelumnya kita hanya membuat beberapa cover shalawat dan lagu-lagu religi. Untuk single perdana adalah lagu Ya Sayyidi, dan disusul beberapa single; Syair Shalawat, Senadi Hati, Rohatil, dan Ingat Allah,” kata Ai Khodijah saat kami wawancarai, Senin 27/5/2019.

Ai Khodijah mengatakan, “Lagu Ya Sayyidi dirilis pada tanggal 22 Oktober 2018 di YouTube dan beberapa platform lainnya. Untuk single lainnya dirilis di Malaysia, penjualan fisik album dan rbt fokus di sana. Lagu Ya Sayyidi ditulis oleh Rizal Latief, yang juga memproduseri lagu ini, untuk aransemen dikerjakan oleh El Mighwar dan digarap di studio musik Masterplan milik Uki Noah di Bandung. Lagu ini menyampaikan tentang seseorang yang sedang mencari keridhaan Allah, dengan bersandar dengan cara memuji Baginda Rasulullah SAW, dan berharap mendapatkan syafaatnya.”

Saat ini El Mighwar memiliki sebelas orang personil; Ai Khodijah (vokal), Saliem Jiddan (vokal), Ridwan (keyboard), Nendin (perkusi), Handy (darbuka, Anis (drum), Dhean (gitar), Helmy (gitar bass), Alfy (piano), Utte (dancer), dan Saliem (dancer). Grup musik gambus asal Cihampelas Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat ini memulai eksistensi bermusiknya sejak 28 Oktober 2012.

“El Mighwar bagi kami sendiri adalah media atau sarana untuk syiar atau berdakwah, karena kami bukan da’i atau penceramah, jadi kami memilih musik untuk media berdakwah kami. Kami menganggap di zaman ini musik adalah media yang bisa diterima oleh semua kalangan khususnya kanak-kanak,” kata Ai Khodijah, yang lagu cover ‘Ummi Tsumma Ummi’-nya hampir mencapai dua juta view di YouTube.

Seperti yang juga dikatakan oleh Ai Khodijah, bahwa El Mighwar berasal dari bahasa Arab yang artinya pemberani secara lughowi, (dalam bahasa Ibrani mengandung arti, dalam benar takut akan salah). Namun makna yang terkandung pada lafadz El Mighwar secara majazi ialah korsa (sifat korsa dimiliki oleh segenap militer, namun yang lebih pas untuk kita adalah lebih erat dalam kekeluargaan).

“Bagi saya, menekuni dunia musik gambus adalah sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan, terutama ide dan aspek emosional. El Mighwar memilih musik gambus karena menurut kami musik gambus yang paling memungkinkan untuk media syiar kami khususnya untuk muslim, dan lebih pantas untuk syair-syair shalawat,” kata Ai Khodijah sebelum menutup wawancara.

(ymi)

The post Ai Khodijah, Vokalis Grup Musik El Mighwar Jadi Idola Baru Musik Gambus appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/lifestyle/2019/06/14/ai-khodijah-vokalis-grup-musik-el-mighwar-jadi-idola-baru-musik-gambus/feed/ 0
Keren, Siswa SD Bikin Buku Bergambar https://www.radarbandung.id/lifestyle/2019/06/14/keren-siswa-sd-bikin-buku-bergambar/ https://www.radarbandung.id/lifestyle/2019/06/14/keren-siswa-sd-bikin-buku-bergambar/#respond Fri, 14 Jun 2019 08:00:52 +0000 https://www.radarbandung.id/?p=4916 RADARBANDUNG.ID, MEMBUAT sebuah buku bukan hanya bisa dilakukan orang dewasa, anak kecil yang masih duduk

The post Keren, Siswa SD Bikin Buku Bergambar appeared first on RadarBandung.id.

]]>
RADARBANDUNG.ID, MEMBUAT sebuah buku bukan hanya bisa dilakukan orang dewasa, anak kecil yang masih duduk dibangku sekolah pun berkesempatan meluncurkan karya. Itulah yang dilakukan teman-teman dari Rumah Belajar Semi Palar.

Siswa-siswi kelas 1 sekolah dasar tersebut meluncurkan buku bergambar dengan judul ‘Kurcaci Bersekolah di Hutan’. Menceritakan tentang kehidupan para kurcaci yang tinggal didalam hutan, anak-anak yang tergabung dalam kelompok Giok selama tiga minggu menulis dan menggambar tentang buku tersebut.

Kegiatan ini merupakan inisiatif pihak sekolah yang mana anak berusia 6-7 tahun baru belajar membaca. “Kita mau implementasikan nih teman-teman Giok baru belajar membaca dan menulis, jadinya mereka antusias karena bisa menerapkan yang mereka dapatkan selama ini,” ucap Kaka Pendamping, Ana Agustina dalam peluncuran buku di Rumah Belajar Semi Palar, Jalan Sukamulya, Jum’at (14/6/2019).

Dia bercerita proses pembuatan buku tidak sulit dan semuanya diserahkan ke murid. Mulai dari alur cerita, gambar, tulisan, sampai warna dibuat oleh kelompok Giok yang didampingi dengan fasilitator. “Pertama kita tentuin nih alur ceritanya mau gimana, terus ada murid yang namanya Max, dia membuat keseluruhan alur cerita yang dibantu sama teman-teman lain. Kemudian, pembuatan dan penanaman tokoh juga dibahas bareng-bareng,” terangnya.

Sebanyak 19 siswa diberi kesempatan menuangkan ide dalam bentuk gambar dan tulisan sesuai tema. Jed, salah satu siswa yang menulis, mengaku senang bisa menuangkan imajinasinya. Dia sendiri bercerita gambar dan tulisannya pertama dibuat pada kertas kosong. “Sukanya bagian bikin cerita dan menggambar, soalnya dirumah suka gambar kendaraan dan hewan,” kata pemilik nama lengkap, Jed Jacob Wijaya.

Jed yang masih berusia enam tahun itu mengaku tidak ada kesulitan karena selama proses pembuatan dia dibantu oleh kaka fasilitator. Sama halnya dengan Jed, teman kelompoknya, Alfie juga mengaku antusias ketika guru kelasnya mengumumkan untuk membuat buku. Kesenangannya membaca buku cerita dirumah akhirnya dia tuangkan dalam sebuah gambar.

“Saya berimajinasi yang datang dari mana-mana. Kalau dirumah juga suka menggambar. Paling suka ketika membuat alur cerita dan menggambar,” katanya. Kedepannya Alfie berkeinginan untuk membuat buku lagi dengan teman-teman kelompoknya. Cerita super hero dipilihnya sebagai tema keseluruhan.

Rupanya cerita kurcaci ini sebelumnya pernah mereka buat dalam sebuah tarian yang akhirnya dikembangkan menjadi buku cerita bergambar.

Reporter: Nur Fidhiah Shabrina
Editor: Nida Khairiyyah

The post Keren, Siswa SD Bikin Buku Bergambar appeared first on RadarBandung.id.

]]>
https://www.radarbandung.id/lifestyle/2019/06/14/keren-siswa-sd-bikin-buku-bergambar/feed/ 0