Distribusi Kotak Suara Terhambat Hujan

oleh -
kotak suara
LOGISTIK : Truk pengangkut logistic saat bongkar muat di gudang logistik PPK Kecamatan Jalancagak, Selasa (16/4/2019) (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Pendistribusian logistik pemilu berupa kotak suara dari Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Kabupaten Subang, terhambat akibat hujan yang mengguyur wilayah Jalancagak, pada Selasa (16/4/2019) sejak siang.

Ketua PPK Kecamatan Jalancagak, Dadan Mustopa, mengatakan akibat guyuran hujan distribusi logistik dari PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dihentikan untuk sementara sambil menunggu cuaca membaik.

“Kalau dilanjutkan pendistribusian logistik nanti kotak suara terkena hujan imbasnya ke surat suara yang rusak,” kata Dadan.

Dadan mengatakan, akibat hujan didistribusi seluruh surat suara tersebut dibungkus dengan kantongan plastik dan kotak suara diberi perekat berupa seltip. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi kerusakan akibat air hujan saat distribusi berlangsung.

Saat ini memang curah hujan yang terjadi Subang sangat tinggi dan ini membuat pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) berinisiatif membungkus surat suara dengan plastik sebelum didistribusikan. “Kesiapan logistik saat ini tinggal menunggu cuaca reda, kini pendistribusian tinggal ke dua desa lagi. Yakni, ke Desa Curugrendeng dan Desa Jalancagak,” ujarnya.

Dadan menambahkan, rencananya pendistribusian logistik tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan pengawalan ketat aparat TNI dan aparat kepolisian “Untuk hari kedua ini distribusi logistik ke PPS diperkirakan sampai malam hari, dengan batas akhir sekitar pukul 21.00 WIB ,” tambahnya.

Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Subang, tepatnya di wilayah Jalancagak sekira pukul 1.30 WIB membuat distribusi logistik terkendala. Namun pihak PPK setempat mengklaim tidak ada logistik yang mengalami kerusakan. “Kami sudah mengantisipasi¬† hal tersebut, sehingga tidak ada logistik yang rusak,” katanya.

Sementara itu sebanyak 42 kotak suara di Kecamatan Ciater, Subang rusak karena kena rembesan air hujan. Kotak suara itu akan segera diganti. “Ya rusak ada 42 kotak suara,” terang Ketua Panwascam Kecamatan Ciater, Ahmad Efendi

Ia menjelaskan bahwa diduga kotak suara tersebut kena rembesan air hujan saat berada di gudang logistik PPS di Aula Desa Palasari. ¬†“Hujan turun dan deras, kemungkinan ada atap bocor jadi kena rembesan air sehingga rusak kotaknya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ke 42 kotak suara tersebut akan didistribusikan ke sejumalah TPS di Desa Palasari. “Tapi Alhamdulillah ke 42 kotak sura itu telah ganti dari gudang logistik KPU Subang,” pungkasnya.

(anr)