Balita dan Ibu Menyusui ODHA Diberi Nutrisi

oleh -
nutrisi
SIMBOLIS : Bupati Subang, H Ruhimat menyerahkan bantuan kepada dua perwakilan ibu rumah tangga yang hidup dengan HIV/Aids (Odha), di halaman Pemkab Subang Senin (8/7/2019). (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Subang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan memberikan bantuan nutrisi kepada anak balita, ibu menyusui yang menghidap HIV/AIDS.

Secara simbolis bantuan itu diserahkan oleh Bupati Subang, H Ruhimat kepada perwakilan ibu rumah tangga yang hidup dengan HIV/Aids (ODHA),  di halaman Pemkab. Subang Senin (8/7/2019).

Pengelola Program KPA Kabupaten Subang, Nurbayanti, menyebutkan, pemberian nutrisi untuk 4 ibu hamil dan 24 bayi dan balita usia 0-5 tahun tersebut merupakan upaya pencegahan penularan HIV lewat air susu dari ibu ke bayi dan peningkatan asupan gizi.

“Untuk mereka yang menerima asupan akan dipantau ahli gizi selama 3 bulan,” ucap Nurbayati

Untuk kasus HIV AIDS di wilayah Subang, sambung Nurbayati, selama tahun 2018 ada 230 orang, 60%nya berjenis kelamin laki-laki atau sebanyak 138 orang. “Dari jumlah itu, sebanyak 77 positif Aids dan sisanya 153 HIV dan kebanyakan berusia produktif dari 20-29 tahun,” jelas Nurbayati

Pada kesempatan itu, Bupati Ruhimat dan melepas secara langsung pasangan Mojang Jajaka pinilih Kabupaten Subang untuk mengikuti ajang kreativitas mojang jajaka tingkat Jawa Barat.

Dalam pelepasan moka tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosadi dan Sekda Kabupaten Subang, H. Aminudin.

“Kepada pasangan mojang jajaka yang akan mengikuti event kreatif mojang dan jajaka di tingkat provinsi Jawa Barat, saya berpesan sebarkan semangat Jawara ditingkat provinsi serta berlombalah dengan semangat sehingga bisa membawa harum Kabupaten Subang,” kata Bupati Subang.

Ruhimat, memberikan ucapan terimakasih kepada PNS yang hari  ini memasuki masa purna bhakti.

“Saya ucapkan terimakasih atas pengabdian yang Bapak/Ibu dalam memajukan Kabupaten Subang.  Saya berharap pengabdian Bapak/Ibu akan terus berlanjut walaupun Bapak/Ibu tidak lagi menjadi PNS,”pungkasnya.

(anr)