HUT Bhayangkara Dimeriahkan Permainan Buhun

oleh -
hut bhayangkara
SEMARAK : Permainan buhun menyemarakkan HUT Ke -73 Korps Kepolisian Republik Indonesia, Rabu (10/7/2019). ( foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Tidak seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan HUT Bhayangkara tahun ini lebih meriah. Pelaksanaan HUT ke-73 Bhayangkara kali ini diselenggarakan di lapangan alun alun Pagaden, Rabu (10/7/2019).

Dari 21 jumlah Polsek di lingkungan Polres Subang, Mapolsek PagadenĀ  ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan puncak Ulang Tahun Korps Kepolisian Republik Indonesia.

Tak cuma acara serimonial, acar ini dikemas dalam apel upacara yang dihadiri Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni dan jajaran, Dandim 0605 Subang Letkol Arm Edi Maryono, Kajari, Pengadilan Negeri dan pejabatan Pemerintah Kabupaten Subang.

Apel upacara dihadiri Bupati Subang H. Ruhimat, sebagai inspektur upacara dalam kegiatan tersebut Kepala Kepolisian ResortĀ  (Polres) Subang, AKBP Muhammad Joni.

Uniknya, perayaan HUT kali ini, selain dihadiri undangan dari tokoh ulama/ agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sipil berbaur dalam sejumlah permainan buhun atau kaulinan baheula untuk menyemarakkan HUT ke -73 Korps Kepolisian Republik Indonesia.

Ratusan peserta yang terlibat dalam permainnan ink tampak menikmati sejumlah lomba permainan yang disiapkan panitia. Adapun permainan yang dilombakan diantaranya, lomba Tarik Tambang, Panjat Tebing, Sendal Bakiak, Tangkap Belut dan lainnya.

Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni mengatakan, aneka lomba dan hiburan itu menjadi terapi setelah melaksanakan Pemilu beberapa waktu lalu.

“Hari ini sudah tidak ada lagi 01 atau 02, yang ada 03, yakni Persatuan Indonesia. Ya, seperti pesan pada lomba Kaulinan Baheula ini, mengembalikan suasana jaman dulu yang kental dengan kebhinekaan, gotong royong,”ujar M.Joni

Di Apel bertajuk ‘Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’, Bupati Subang H. Ruhimat memberi kado nasi tumpeng kepada Kapolres Subang dan kue ultah dari Kapolres dihadiahkan kepada anggota Polres.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni, pertama-tama memberikan ucapan selamat HUT ke-73 Bhayangkara.

Selain dalam amanatnya, memberikan penghargaan atas pengandian institusi Polri. Dalam pengabdian kerja, mulai dari penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat.

Berbagai kegiatan dilaksanakan Polri bersama-sama TNI, mulai dari kegiatan rangkaian Pemilu. Juga kegiatan lainnya sepetu pengamanan Natal dan Tahun Baru serta Ramadhan hingga Idul Fitri.

“Juga penanggulangan bencana, pengungkapan kejahatan ciber, berita hoax, peredaran narkoba dan kejahatan kekayaan negara, seperti loging, fishing, dan knvensional agar tercipta keamanan masyarakat,” katanya.

Namun dari beberapa keberhasilan ini, diharapkam Polri tidak berpuas diri. Terus tingkatkan kinerja. “Apalagi banyak tantangan ke depan,” pungkas M Joni menyampaikan amanat Presiden.

(anr)