Api Hanguskan Gudang Kayu PTPN VIll

oleh -
gudang
PEMADAMAN : Petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakan api yang membakar gudang penyimpanan kayu pohon karet milik PTPN VIII Wangunreja di Desa Rawalele, Kecamatan Dawuan, Subang, Selasa (16/7/2019). ( Foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, SUBANG- Sebuah gudang tempat penyimpanan kayu milik PTPN VIll  Wangunreja di Desa Rawalele, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang hangus dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.35 Wib Selasa (16/7/2019). Diduga api berasal dari ruang pengopenan kayu. “Saat itu asap mengepul dan api berkobar, sangat jelas terlihat dari luar pabrik,” kata Iwa, warga sekitar pabrik.

Para karyawan dibantu warga berusaha mematikan api yang membakar gudang penyimpanan kayu karet tersebut. Namun, karena isi gudang dipenuhi kayu karet yang mudah terbakar membuat api tetap menyala bahkan semakin membesar.

Kabid Damkar Satpoldam Kabupaten Subang Dede Rosyamandi melalui Kasi Penyelamatan dan Pemadaman Wawan Irawan membenarkan hal tersebut.

Saat menerima laporan dari masyarakat sekitar pukul 11.35 Wib, pihaknya menerjunkan empat unit mobil damkar  dan satu unit milik Pertamina PE ke lokasi objek yang terbakar gudang penyimpanan pohon karet milik PTPN VIII.

“Kami memang sempat kesulitan memadamkan karena cuaca yang panas disertai angin dan bahan kayu yang mudah terbakar . Namun api baru bisa dipadamkan sekitar 14.00 Wib. Saat ini sedang petugas sedang melakukan pendinginan, untuk memastikan percikan api benar-benar mati,”ungkap Wawan kepada Radar Bandung, via telepon, Selasa (16/7/2019).

“Dulunya objek yang terbakar ini, adalah gudang pengasapan karet. Sekarang beralih fungsi menjadi gudang penyimpanan kayu pohon karet,” terangnya.

Peristiwa kebakaran ini tidak sampai menyebabkan korban luka maupun korban jiwa. “Dalam proses pemadaman api para petugas selain dibantu warga juga personil TNI dan kepolisaian setempat,” pungkas Wawan.

(anr)