Bupati Subang Ingatkan Dimensi Kurban

oleh -
kurban
SIMBOLIS : Bupati Subang, H Ruhimat bersama Wabup menyerahkan bantuan hewan kurban di Masjid Agung Al-Musabaqah Jl. Wangsa Gofarana Subang, Minggu (11/8/2019). ( Foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Bupati Subang, H Ruhimat melaksanakan salat Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Agung Al-Musabaqah Jl. Wangsa Gofarana Subang, Minggu (11/8/2019).

Pada kesempatan itu, bupati H Ruhimat menyampaikan akan pentingnya berkurban bagi semua umat muslim selain rasa syukur kepada Allah, berkurban juga untuk menguatkan rasa solidaritas.

“Berkurban dilakukan oleh orang yang mampu dan akan dinikmati oleh orang yang kurang mampu. Maka dari itu, dengan berkurban, seseorang dapat memupuk rasa kepedulian terhadap sesama,” ujar Ruhmat dalam sambutannnya

Selain itu dia juga menyampaikan dua poin dimensi dari esensi berkurban sebagai modal dalam mewujudkan cita-cita menuju Subang yang Jaya, Istimewa dan berkesejahteraan atau Jawara.

Yang pertama dimensi spiritual yaitu merupakan bentuk ketaatan hamba kepada habluminallah, dan kedua dimensi sosial yang mempunyai arti bahwa ibadah kurban memiliki nilai-nilai sosial atau hablumminannas.

“Jika dua dimensi ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, saya yakin akan menjadi kekuatan yang luar biasa besar untuk bersama-sama membangun Kabupaten Subang menuju Subang Jawara (Jaya istimewa Sejahtera), ” ungkap Ruhimat.

Dia berharap kurban menjadi momen yang dioptimalkan dalam rangka penyadaran tentang pentingnya sebuah kesatuan dan semangat pengorbanan untuk kemajuan bersama.

Ia juga mengingatkan agar berkurban tidak hanya dilaksanakan pada hari raya Idul Adha saja, namun bisa dilaksanakan pada hari-hari biasa dengan bentuk sedekah, mengeluarkan zakal harta, dan lainnya.

“Untuk berbagi kesesama, kita bisa lakukan disetiap saat, seperti bersedekah dan lainnya. Dengan begitu kebersamaan atau solidaritas kita akan menguat,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Subang menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang bantuan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 10 ekor domba untuk Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang yang diterima oleh Ketua DKM masjid agung Al-Musabaqoh H. Satibi.

Dari pantauan, pelaksanaan Sholat Idul Adha yang diikuti ribuan warga Subang Kota ini tak hanya dilaksanakan di dalam Masjid, ratusan jamaah lainnya tampakĀ  menunaikan sholat Idul Adha di jalanan dan lapangan alun-alun. Pada kegiatan shalat Idul Adha bertindak selaku Khotib H. Sarana Abdul Hamid, Imam Ust Dedi Kuswandi, SQ dan Bilal H. Dede Rohaedi.

(anr)