Dua Jam, Sampah Sungai Bersih

oleh -
sungai
MEMBERSIHKAN : Para pegiat lingkungan bersih-bersih sungai Cipanggilingan di Kota Subang, Senin (16/9). ( Foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG )

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Mengajak masyarakat peduli lingkungan, para pegiat lingkungan bersih-bersih sungai. Sasaran yang menjadi fokus kegiatan ini adalah sungai Cipanggilingan di daerah Subang kota.

“Ada sekitar 70 orang yang terlibat dalam kegiatan ini. Kami adalah gabungan dari berbagai komuntas pengiat lingkungan di Subang,” ujar pengaggas kegiatan Alam Rantjatan di sela sela kegiatannya, Senin (16/9).

Selain dari anggota pegiat lingkungan ada dari Anggota DPRD Subang juga sejumlah elemen.Menurutnya kegiatan itu merupakan langkah konkret memotivasi masyarakat peduli akan kebersihan. Apalagi persoalan sampah di Subang menjadi salah satu fokus pemerintah kabupaten Subang.

“Ini salah satu bentuk partisipasi kami, untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Namun, ini bukan berarti langkah yang akan merubah secara drastis. Ini hanya sebuah awal untuk langkah-langkah berikutnya,” kata pria yang akrab disapa Kang Alam ini.

Dalam kurun waktu dua jam, tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang sungai Cipanggilingan, yang letaknya tidak jauh dengan perkantoran Pemkab Subang ini berhasil dikumpulkan.

“Jumlahnya cukup banyak. Yang jelas, dengan banyaknya tumpukan sampah yang terkumpul, ini menunjukkan persoalan sampah harus menjadi perhatian serius,” kata Alam

Ditambahkan Ketua Komunitas Pecinta (PA) Warna Alam, Eris, mengatakan aksi bersih bersih itu bagian dari kampanye budaya masyarakat hidup sehat dengan tidak membuang sampah di sungai atau di sembarang tempat.

Alam prihatin dengan kondisi Sungai Cipanggilingan yang dangkal dan menyempit akibat sampah dan lumpur. “Hari ini kami bersama sama warga bergotong royong untuk membersihkan sungai. Dengan harapan, pada saat turun hujan nanti tidak terjadi banjir,” kata Eris.

Pada aksi bersih-bersih sungai, terang Alam, pihaknya mengajak anggota DPRD Subang. Sayangnya, kata Alam, dari 24 anggota DPRD baru yang datang hanya satu anggota dari PKS, M. Julian Robert.

“Sebenarnya sudah kita ajak mereka, tapi yang hadir cuma satu orang. Mungkin mereka sibuk dengan kegiatan sebagai wakil rakyat. Mudah-mudahan ke depan mereka bisa sama-sama untuk bebersih,” pungkasnya.

(anr)