Wabup Subang Apresiasi Sekolah yang Gelar Latdastar

oleh -

RADARBANDUNG.id, SUBANG–Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri Pelantikan Taruna SMK Negeri Cibogo Angkatan Ke-V di Halaman sekolah SMK Negeri Cibogo, Kamis (17/10).

Pelantikan Taruna SMK Negeri Cibogo ini mengusung tema “Melalui Latihan Dasar Ketarunaan (Latdastar) Kita Wujudkan Taruna/Taruni SMK Negeri Cibogo yang betkarakter dan berdaya saing tinggi dalam menyongsong era revolusi industri 4.0”.

Kepala SMK Negeri Cibogo Ir Hamdani menyampaikan, pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan pendidikan yang bertujuan membentuk kepribadian para peserta didik agar menjadi lebih baik.

“Dengan pendidikan karakter anak-anak kita akan dituntun untuk mengembangkan kepribadiannya supaya anak-anak kita akan menjadi lebih baik. Dengan mempunyai karakter diharapkan anak-anak kita tumbuh menjadi generasi emas yang tangguh, cerdas dan berkarakter,” ujar Hamdani.

SMK Negeri Cibogo sampai saat ini sudah menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai dunia usaha maupun dunia industri antara lain dengan PT Dahana, PT Kinenta Indo, PT Piranti Teknis, Yogya Grand Subang dan Bank BJB.

Untuk tahun sekarang, SMK Negeri Cibogo menerima pendaftaran sebanyak 168 siswa yang diterima 159 siswa, yang lulus latdastar sebanyak 155 siswa.

Sementara, Wakil Bupati Subang Agus Masykur merasa bangga dengan adanya sekolah yang menerapkan sistem latihan dasar ketarunaan karena tidak hanya memiliki kemampuan dalam akademik tetapi mereka juga memiliki fisik yang sehat dan kuat juga diterapkan pola asuh disiplin yang ketat. Apalagi SMK Negeri Cibogo kurikulumnya menerapkan kurikulum implementatif yang menerapkan sistem industri didalam pembelajarannya.

“Saya yakin jika SMK Negeri Cibogo lulusannya sudah siap memasuki dunia industri karena mereka sudah dibekali fisik yang kuat,” ungkap Wabup.

Wabup pun mengapresiasi semua sekolah yang melaksanakan latihan dasar ketarunaan. Selain mereka memiliki tantangan tersendiri di sekolah pula, mereka diajarkan pendidikan karakter. Hal itu yang paling terpenting karena karakter itu sendiri dimulai dari kebiasaan. Sehingga yang tadinya mempunyai kebiasaan tidak baik akan memiliki kebiasaan baik apalagi setelah mereka terjun langsung di lingkungan masyarakat.

“Kepada orang tua mari kita sama-sama mendidik putra-putri kita untuk menjadi lebih baik, karena pendidikan tidak hanya tanggung jawab sekolah saja. Apalagi sekarang tidak sedikit putra-putri kita yang ikut ikutan dalam hal yang kurang baik. Usia remaja masih mudah terpengaruh dan terpancing emosinya,” pesan Wabup.

Acara dihadiri Kepala Cabang Dinas Wil IV Prov Jabar, Camat Cibogo, Kapolsek Cibogo, Danramil, Kepala Sekolah SMKN Cibogo, Sekretaris PT Dahana, Guru dan Staf SMKN Cibogo, para Kepala Sekolah SMK Se-Kab.Subang, orang tua wali murid serta Taruna yang dilantik.(ymi)