Delapan Wilayah di Subang Dilanda Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

oleh -
Banjir Subang

RADARBANDUNG.id – Sejumlah wilayah di Kabupaten Subang terdampak banjir usai diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Jajaran anggota Polres Subang bekerjasama dengan TNI melakukan evakuasi terhadap warga.

Berdasarkan data yang diterima, ada delapan kecamatan yang tergenang air akibat luapan sungai dari arah hulu yang berada di kawasan Cipunagara, Subang. Kecamatan Pamanukan menjadi kawasan yang paling parah terdampak banjir karena air merendam ribuan.

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani langsung turun tangan meninjau tanpa perahu. Berkali-kali ia terlihat membantu warga untuk dievakuasi. Beberapa kali ia menggendong perempuan paruh baya untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Iya ini hanya tanggung jawab saya sebagai anggota polisi,” kata dia.

“Kalau dilihat sebaran, banjir bukan hanya di Pamanukan, banjir juga terjadi di Kecamatan Ciasem, Binong, Purwadadi, Pagaden, Pusakanagara, Pusakajaya, Compreng,” katanya.

Hingga kini, menurutnya para pengungsi mulai tersebar di sejumlah tempat pengungsian. Untuk posko tanggap bencana terpadu Polres Subang, telah didirikan di Polsek Pamanukan. Di posko itu terdapat fasilitas dapur umum.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan, Polres Subang juga mengerahkan ibu-ibu dari Bhayangkari baik dari Polres dan Polsek.  “Dari kemarin total pengungsi ada sekitar 11.292 jiwa, mungkin nanti kita perbarui datanya,” pungkasnya.

(anr)