Tiba-tiba Jadi Kaya? Tunggu Tanggal Mainnya

oleh -
OKB
IST

RADARBANDUNG.ID, SCREEN Play Films dan Legacy Pictures kembali merilis film di awal tahun 2019 ini.

Film bergenre komedi tersebut menceritakan bagaimana jadinya sebuah keluarga yang selama ini hidup pas-pasan, tiba-tiba mendapat harta berlimpah? Pastinya mereka bingung, kaget, senang, dan mulai membeli barang-barang yang selama ini sulit mereka dapatkan.

Begitulah sinopsis singkat dari film ‘Orang Kaya Baru’.

Film yang rencananya tayang pada 24 Januari ini menghadirkan sejumlah aktor dan aktris yang tidak asing lagi, sebut saja Raline Shah, Refal Hady, Derby Romero, Cut Mini, Lukman Sardi dan Fatih Unru.

Joko Anwar dipercaya sebagai penulis skenario dari film garapan sutradara Ody C Harahap. Trailer film ini sudah bisa disaksikan di kanal YouTube dengan durasi 2 menit 11 detik.

Berbagai kelucuan dan kenorakan siap mewarnai film ini.

Penonton bisa melihat bagaimana kehidupan sederhana sebuah keluarga yang terdiri dari Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini), serta tiga anaknya Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah) dan Dodi (Fatih Unru).

Kemana-mana aktivitas mereka masih menggunakan motor lama dan metromini.

Kadang untuk urusan makan, Duta, Tika dan Dodi sampai ‘aji mumpung’ di kondangan yang sebenarnya tidak mereka kenali.

Namun dalam keterbatasan yang ada, keluarga ini saling menyayangi satu sama lain. Mereka selalu makan malam bersama dengan penuh kehangatan.

“Duit kalau sedikit cukup, kalau banyak gak cukup,” kata Bapak memberi nasehat kepada anak-anaknya.

Kehangatan keluarga tersebut berubah saat Bapak meninggal. Belum selesai kesedihan melanda, tiba-tiba mereka diberitahukan bahwa Bapak meninggalkan warisan yang begitu banyak.

Harta ini ternyata adalah uang milik bapak mereka yang selama ini pura-pura menjadi orang susah.

Alhasil mereka menggunakan uang tersebut dengan berbelanja barang-barang mewah mulai dari baju, mobil, sepatu hingga rumah baru.

Semua yang dulunya hanya bisa mereka impikan kini dengan mudah didapatkan. Namun di tengah kehidupan mewah baru mereka, cobaan mulai berdatangan.

“Fenomena OKB bukan hal baru di Indonesia tetapi keluarga dalam film ini unik sekali, sifat yang sangat berlebihan dalam film ini yang bikin lucu. Bayangkan mereka beli mobil tetapi tidak ada satupun yang bisa nyetir, semua mobilnya jenis sports car ujung-ujungnya mereka ga muat semobil,” kata Raline di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Raline, film ini penuh dengan filosofi kehidupan yakni kebersamaaan. Bergelimang harta memang bisa merubah keadaan namun apabila tidak dipergunakan dengan baik maka bisa menghancurkan kebersamaan tersebut.

“Film ini ditujukan kepada semua orang, saya rasa film ini lebih kepada filosofi hidup yaitu tentang kebersamaan. Harta memang bisa merubah kondisi tapi jika tidak digunakan dengan baik malah bisa merusak hidup,” tambah Raline yang baru pertama kali debut bermain film komedi.

Sementara Lukman Sardi memberikan credit khusus kepada Joko Anwar selaku penulis skenario film Orang Kaya Baru.

“Ada beberapa adegan dalam skenario yang menunjukkan kedekatan Bapak dan anaknya, seperti bapak dipijit oleh anak, dan momen-momen obrolan hangat. Joko paham dengan hubungan bapak anak dengan situasi yang ada. Joko membuat karakter bapak di sini sangat menarik, meskipun dalam keadaan susah, makan seadanya tetapi sang bapak selalu happy, di balik itu semua bapak sudah mempersiapkan segalanya,” kata Lukman.

Penulis skenario, Joko Anwar, mengaku ia terinspirasi dari impian masa kecilnya untuk memiliki ayah yang super kaya. Kemudian Joko menerapkan khayalannya tersebut pada film drama komedia keluarga yang siap membuat penonton lebih mencintai dan memahami arti kebersamaan keluarga yang sesungguhnya.

(rls)