Kina Lahir Dari Obrolan Buku Cerita

oleh -
Foto : Nur Fidhiah /Radar Bandung

RADARBANDUNG.ID, PENYANYI sekaligus aktris cantik, Maudy Ayunda, bulan depan siap mengeluarkan buku terbarunya yang berjudul Kina. Mulai menggeluti dunia literasi, bukunya ini berkonsep buku cerita anak yang ditujukan bagi anak usia 3-7 tahun. Berisikan 10 cerita pendek, bukunya ini lahir atas tukar pikiran dengan penerbit buku sebelumnya.

Maudy sendiri pernah mengeluarkan buku pertamanya yang berjudul ‘Dear Tomorrow’ pada pertengahan tahun 2018.

Bermula dari obrolan singkat wanita berambut panjang itu dengan penerbit akhirnya ia kembali mencari tulisannya yang sudah dibuat sejak usia 10 tahun tersebut.

Rencananya buku Kina terbit pada bulan Februari dan sekarang masyarakat sudah bisa melakukan pre-order.

“Inspirasinya datang saat saya ngobrol sama penerbit buku ‘Dear Tomorrow’, mereka akhirnya tau kalau saya suka menulis cerita anak. Akhirnya sama mereka diminta, bisa gak dicari lagi tulisannya, soalnya itu saya tuliskan pas umur 10 tahun. Sampai akhirnya ketemu dan ada 10 cerita pendek,” ujarnya.

Nantinya, serial Kina akan terbit dalam empat judul yang berbeda yakni Kina and Her Fluffy Bunny, Kina Makes a New Friend, Kina Wishes for a Pet, dan Kina Misses Her Grandparents.

Buku ini berisikan cerita pendek dengan full ilustrasi dan menggunakan dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Dalam buku bersampul keras itu, Maudy berkolaborasi dengan ilustrator Kathrin Honesta.

Maudy mengaku memang sangat menyukai kegiatan membaca, maka dari itu ia sangat peduli dengan literasi dan pendidikan Indonesia. Melalui serial Kina, wanita lulusan Oxford University tersebut ingin meningkatkan budaya membaca khususnya anak kecil.

“Saya sangat tergerak di bidang literasi pendidikan juga, sejak dulu memang passionnya ingin membangun budaya membaca, penting rasanya dan bisa dimulai dari kecil juga bilingual, karena sebagai negara berkembang harus mulai bersaing secara global. Jadi ini cara aku, memulai gerakan dalam dunia literasi,” terangnya.

(fid)