Seserahan Pernikahan Kini Kian Mudah dan Cantik

oleh -
Foto: Nur Fidhiah Shabrina/Radar bandung

RADARBANDUNG.ID, PERNIKAHAN menjadi momen sakral tak terlupakan bagi semua pasangan. Berbagai persiapan dilakukan agar pesta pernikahan meriah dan sesuai dengan harapan.

Bukan hanya dekorasi pelaminan saja yang perlu diperhatikan, kini properti seserahan juga banyak di incar para pasangan sebagai pelengkap hari bahagianya.

Sejak dua tahun terakhir, banyak pasangan mencari kotak seserahan yang simpel namun elegan. Tema rustic kayu kini sedang menjadi primadona.

Kehadirannya mempercantik barang seserahan yang siap diberikan kepada calon mempelai. Dibuat dari kayu khusus dan akrilic, kotak seserahan ini semakin cantik dengan ukiran manis dan pilihan warna yang tak kalah menggoda mata.

Untuk seserahan, kayu yang digunakan biasanya menggunakan kayu pinus. Mempunyai serat yang lebih halus setelah diamplas dan tekstur khas sehingga semakin melengkapi dekorasi kotak seserahan.

“Kalau dulu orang mau menikah gak terlalu mikirin desain tempat seserahannya, cuma sekarang karena faktor sosial media juga jadinya banyak pasangan yang mau kotak seserahannya instagramable,” ujar Pemilik Arrayu Seserahan, Yupitriani, dikediamannya di Komplek Bumi Panyileukan, Senin (11/2/2019).

Bukan hanya rustic saja, Upi (sapaan akrabnya) juga membuat tema lain yakni white rustic. Dibuat dengan teknik khusus, white rustic buatannya dirancang khusus pada kotak seserahan milik penulis dan penyanyi, Risa Saraswati.

“Hantaran pernikahan Risa dan Dimas mempercayakan ke saya. Sesuai dengan permintaan Risa, ia ingin kotak seserahannya pas dengan kepribadiannya dan juga tema pernikahannya. Setelah ditawarkan rustic dia setuju, kemudian Risa kan penyuka kucing dan feminim jadi saya bikin white rustic,” katanya.

Bukan gothic yang biasa Risa tonjolkan, justru bertemakan warna-warna pastel yang menyejukkan hati.

Upi mengungkapkan mempunyai teknik sendiri hingga menghasilkan warna putih pada kayunya.

Tidak hanya diberi cat warna putih saja tapi ada proses lain sehingga cukup memakan waktu untuk pembuatannya.

Total ada 15 kotak seserahan yang dipesan untuk pernikahan pasangan fenomenal ini. Satu kotak seserahan dibandrol dengan harga Rp 80 ribu.

Bukan hanya kotak seserahan, tapi mahar dan ring box juga dibuat olehnya. Satu paket dengan kotak seserahan, tema rustic tetap diusung pada ring box dan kotak maharnya.

Memiliki bentuk kotak pentagonal, ring box rancangannya terlihat aesthetics dengan ornamen karung goni, akar wangi, dan bunga kering.

Ia juga menambahkan rumput sintetis dan wood slice pada ring box milik Risa. Dibandrol dengan harga mulai Rp 200 ribu, pembeli bisa order desain sesuai keinginan dengan waktu pembuatan sekira satu minggu.

Ia juga menggunakan teknik grafir pada kotak mahar untuk mengukir nama calon mempelai, agar mempercantik kotaknya wanita berhijab itu menambahkan ornamen bunga dan ranting kering.

“Kalau untuk dekorasi mahar, dulu trendnya kan origami sedangkan sekarang rustic dengan dekorasi lebih simpel dan tambahan ornamen lainnya,” jelasnya.

Trend seperti ini akan terus dicari para pasangan karena selain mudah ditemui tapi juga ornamennya yang tidak lekang waktu.

Penulis: Nur Fidhiah Shabrina