6 Tips Mudik Lebaran Bersama Anak Agar Nyaman dan Selamat

oleh -

RADARBANDUNG.com – Mudik merupakan tradisi rutin setiap tahun saat Lebaran. Suasana sukacita saat Lebaran membuat anak-anak dan seluruh keluarga antusias bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Saat membawa anak-anak ikut serta dalam mudik, tentu orang tua harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail. Sehingga mudik bisa terasa nyaman dan menyenangkan bagi anak di tengah suasana perjalanan dan kemacetan.

Tak hanya orang tua, menciptakan mudik yang aman juga wajib dipersiapkan oleh seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah dan swasta. Sehingga anak-anak akan tetap nyaman dan kecelakaan bisa dicegah.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto memberikan tips perwujudan ramah anak dalam mudik Lebaran tahun 2019, di antaranya,

1. Jaga Keselamatan Anak

Para pemudik, baik yang menggunakan angkutan umum, seperti bus, kereta api, pesawat, kapal laut, maupun menggunakan moda transportasi pribadi harus menjaga, mengawasi dan memastikan keselamatan anak. Jangan sampai lengah hingga sang anak berada dalam posisi yang bahaya.

2. Siapkan Obat-obatan Anak

Orang tua memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan, kenyamanan dan kesehatan anak saat perjalanan mudik berlangsung. Siapkan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan. Seperti minyak angin, flu, gatal-gatal adalah beberapa obat yang dibutuhkan sepanjang perjalanan.

3. Jangan Naik Sepeda Motor

Ilustrasi musik bersama anak. Usahakan tidak mudik naik motor saat membawa anak demi keselamatan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Kepada orangtua dan para pemudik agar tidak membawa anak dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan yang jauh. Hal tersebut rentan membahayakan anak, baik dari kerentanan kecelakaan maupun dampak negatif lainnya, termasuk kerentanan anak terpapar debu sepanjang perjalanan.

4. Hindari Desak-desakan

Kepada para pemudik bahwa apabila anak ikut dalam mudik dengan menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan. Perhatikan juga sirkulasi udara dalam bis, kenyamanan tempat duduk dan minta supir untuk tidak ugal-ugalan sepanjang perjalanan.

5. Siapkan Mainan

Pastikan orangtua menyiapkan mainan yang aman dan disukai anak-anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan, agar dapat mendukung kenyamanan anak.

6. Istirahat

Pastikan pemudik mengajak anak beristirahat secukupnya di tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah. Hal ini untuk menghindari potensi kecelakaan dalam perjalanan.

(jpc)