Batik Loose Fit Laris Manis Dipasar Ibu-ibu Muda

oleh -

RADARBANDUNG.ID, BUSANA batik di 2019 masih belum kehilangan pasar. Hal tersebut dibuktikan oleh desainer asal Yogyakarta, Sugeng Waskito, dengan label Gede Batik nya meluncurkan 9 koleksi terbaru.

Kali ini, Sugeng memberikan sentuhan paduan klasik dan modern sehingga memberikan kesan elegan serta simple digunakan bagi ibu-ibu muda.

“Saya buat jenisnya loose fit atau busana panjang, yang saat ini menjadi tren dikalangan ibu-ibu muda,” ujarnya saat di Kota Kasablanka Jakarta.

Pada koleksinya, Gee Batik pun memberi sentuhan motif abstrak dengan perpaduan kawung. Kawung adalah motif klasik khas Jogjakarta. Dulunya, motif itu hanya dipakai oleh raja-raja atau keluarga bangsawan.

“Kawung adalah batik ciri khas Jogjakarta. Seiring perkembangan zaman, kini masyarakat sudah bisa memakainya dari kalangan manapun,” jelasnya.

Tema utama koleksi ini adalah Zamrud Katulistiwa dengan dominasi warna hijau dan cokelat alam. Dan bahan yang digunakan seluruhnya sutera sehingga memberi kesan elegan.

Proses pembuatannya membutuhkan waktu 3 bulan. Sedikitnya ada 9 koleksi, terdiri dari 6 koleksi busana perempuan, dan 3 koleksi busana laki-laki.

“Saya butuh waktu 3 bulan pengerjaannya karena 100 persen batik tulis. Sehingga membutuhkan kesabaran,” jelas Sugeng.

 

 

 

Reporter: Marieska Harya Virdhani

Sumber: Jawa Pos