Keren, Siswa SD Bikin Buku Bergambar

oleh -
dok

RADARBANDUNG.ID, MEMBUAT sebuah buku bukan hanya bisa dilakukan orang dewasa, anak kecil yang masih duduk dibangku sekolah pun berkesempatan meluncurkan karya. Itulah yang dilakukan teman-teman dari Rumah Belajar Semi Palar.

Siswa-siswi kelas 1 sekolah dasar tersebut meluncurkan buku bergambar dengan judul ‘Kurcaci Bersekolah di Hutan’. Menceritakan tentang kehidupan para kurcaci yang tinggal didalam hutan, anak-anak yang tergabung dalam kelompok Giok selama tiga minggu menulis dan menggambar tentang buku tersebut.

Kegiatan ini merupakan inisiatif pihak sekolah yang mana anak berusia 6-7 tahun baru belajar membaca. “Kita mau implementasikan nih teman-teman Giok baru belajar membaca dan menulis, jadinya mereka antusias karena bisa menerapkan yang mereka dapatkan selama ini,” ucap Kaka Pendamping, Ana Agustina dalam peluncuran buku di Rumah Belajar Semi Palar, Jalan Sukamulya, Jum’at (14/6/2019).

Dia bercerita proses pembuatan buku tidak sulit dan semuanya diserahkan ke murid. Mulai dari alur cerita, gambar, tulisan, sampai warna dibuat oleh kelompok Giok yang didampingi dengan fasilitator. “Pertama kita tentuin nih alur ceritanya mau gimana, terus ada murid yang namanya Max, dia membuat keseluruhan alur cerita yang dibantu sama teman-teman lain. Kemudian, pembuatan dan penanaman tokoh juga dibahas bareng-bareng,” terangnya.

Sebanyak 19 siswa diberi kesempatan menuangkan ide dalam bentuk gambar dan tulisan sesuai tema. Jed, salah satu siswa yang menulis, mengaku senang bisa menuangkan imajinasinya. Dia sendiri bercerita gambar dan tulisannya pertama dibuat pada kertas kosong. “Sukanya bagian bikin cerita dan menggambar, soalnya dirumah suka gambar kendaraan dan hewan,” kata pemilik nama lengkap, Jed Jacob Wijaya.

Jed yang masih berusia enam tahun itu mengaku tidak ada kesulitan karena selama proses pembuatan dia dibantu oleh kaka fasilitator. Sama halnya dengan Jed, teman kelompoknya, Alfie juga mengaku antusias ketika guru kelasnya mengumumkan untuk membuat buku. Kesenangannya membaca buku cerita dirumah akhirnya dia tuangkan dalam sebuah gambar.

“Saya berimajinasi yang datang dari mana-mana. Kalau dirumah juga suka menggambar. Paling suka ketika membuat alur cerita dan menggambar,” katanya. Kedepannya Alfie berkeinginan untuk membuat buku lagi dengan teman-teman kelompoknya. Cerita super hero dipilihnya sebagai tema keseluruhan.

Rupanya cerita kurcaci ini sebelumnya pernah mereka buat dalam sebuah tarian yang akhirnya dikembangkan menjadi buku cerita bergambar.

Reporter: Nur Fidhiah Shabrina
Editor: Nida Khairiyyah