Ingin Tidur Nyenyak? Hindari Hal Ini

oleh -

RADARBANDUNG.ID, BAGI sebagian orang mendapatkan tidur yang berkualitas sangat sulit. Padahal tidur nyenyak sangat diperlukan tubuh dan otak untuk bisa bekerja dengan optimal.

Salah satu syarat agar tidur Anda bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan adalah Anda harus tidur sekitar 7-8 jam pada malam harinya. Untuk bisa mewujudkan hal ini Anda perlu membangun pola tidur yang rutin. Tidur di waktu yang tetap, kondisi ruangan yang redup dan suhu yang pas, adalah beberapa hal yang bisa mendukung tidur Anda bisa nyenyak.

Namun selain itu, asupan makanan dan minuman juga memiliki peran penting. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang justru membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas.

Hindari beberapa makanan dan minuman pengganggu tidur

Ada beberapa kondisi yang bisa mendukung kualitas tidur Anda. Meski demikian ternyata ada juga beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki pengaruh terhadap kualitas tidur.

Ada beberapa jenis asupan yang bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Untuk menghindari kondisi tersebut dan demi bisa tidur lebih nyenyak, berikut adalah deretan makanan dan minuman yang perlu Anda hindari:

1. Gorengan
Gorengan adalah jenis makanan berlemak.  Makanan jenis ini akan melewati sistem pencernaan lebih lambat daripada protein dan karbohidrat, sehingga tubuh Anda justru masih akan bekerja pada saat Anda mencoba tertidur,

“Anda tentu tidak ingin sistem pencernaan bekerja ketika tubuh Anda mencoba untuk tidur,” kata Richard Shane, PhD, salah satu ahli tidur seperti dikutip dari Reader’s Digest.

Makan sebelum tidur, terutama makanan yang digoreng, bertentangan dengan ide memperlambat segalanya sebelum tidur. Ironisnya, Anda justru sering menginginkan makanan cepat saji saat merasa lelah.

2. Sambal pedas
Alasan untuk menghindari makanan pedas sebelum tidur ada dua. Pertama, jenis makanan ini rentan mengiritasi lambung dan menyebabkan mulas, membuat Anda jadi sulit tidur. Sementara yang kedua, makanan pedas juga dapat memperburuk gejala asam lambung.

“Jika Anda mengonsumsi makanan pedas menjelang tidur malam hari, maka keluhan nyeri ulu hati juga akan muncul. Oleh sebab itu, hindarilah makanan pedas dan asam, khususnya jika Anda adalah penderita gastritis atau ulkus lambung,” ujar dr. Alvin Nursalim, SpPDdari KlikDokter.

3. Alkohol
Anggapan bahwa alkohol dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak ternyata salah besar. Menurut dr. Alvin, konsumsi alkohol sebenarnya justu menyebabkan seseorang lebih sulit untuk mencapai tidur nyenyak pada fase dalam, juga dikenal sebagai tidur REM.

“Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, Anda bisa saja bangun dengan rasa kantuk dan kepala yang terasa pusing. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak minum alkohol jika Anda ingin memiliki tidur malam yang nyenyak,” jelas dr. Alvin.

4. Cokelat
Anda mungkin tidak minum kopi sebelum tidur, tetapi hanya makan cokelat. Padahal, pada dasarnya sama saja.

Satu ons cokelat mengandung sekitar 23 miligram kafein, yang merupakan seperempat dari jumlah dalam secangkir kopi. Jadi, makan cokelat sebelum tidur mungkin lebih baik dihindari.

5. Air putih
Bukannya air putih bagus? Mengapa harus dihindari? Sebab, terlalu banyak minum air putih akan membuat Anda terbangun tengah malam untuk kencing. Selain itu, rasa kebelet juga akan menganggu tidur Anda.

Minum air putih yang cukup – 2 liter per hari – memang harus dilakukan. Namun, saat waktu menjelang jam tidur minum sebanyak itu bukanlah ide yang baik. Gantinya, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan air minum saat siang hari dan sekitar waktu makan malam. Bukan saat menjelang tidur.